uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

IPA kelas 6 Energi matahari dan panel surya

Energi matahari dan  panel surya
Halo sobat cerdik, pada artikel ini kita akan membahas tentang pemanfaatan energi matahari dan panel surya sebagai salah satu bentuk pengelolaan energi alternatif. Bagi kalian yang belum sempat membaca apa itu energi alternatif dan energi fosil, silakan baca artikel pada link berikut;

Mengenal energi fosil
Mengenal energi alternatif

Pemanfaatkan energi surya

Matahari atau surya merupakan sumber energi terbesar yang ada di alam semesta. Energi matahari atau energi surya ini berperan penting dalam keberlangsungan hidup makhluk hidup yang ada di muka bumi. Energi surya juga merupakan salah satu energi alternatif.

Secara singkat energi alternatif adalah energi yang berada di alam semesta yang jarang dimanfaatkan. Tujuan dari penggunaan energi alternatif adalah mengurangi ketergantungan pada energi fosil. Selain tujuan tersebut penggunaan energi alternatif juga memiliki keuntungan diantaranya;

Keuntungan penggunaan energi alternatif;

Lebih ramah lingkungan dan bebas polusi

Energi alternatif memiliki tingkat pencemaran lingkungan yang kecil bahkan tidak ada, sangat jauh berbeda dengan efek dari penggunaan energi fosil.

Tidak terbatas jumlahnya dan jangka waktu habis yang lama

Energi alternatif yang dapat diperbaharui tentu memiliki jumlah yang tidak terbatas. Jumlah yang tidak terbatas ini merupakan sebab semua manusia bisa mengakses dan memanfaatkannya energi alternatif ini.

Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS)

Pembangkit listrik tenaga surya menggunakan sinar matahari sebagai sumber utama untuk dapat membangkitkan energi listrik. Dalam proses membangkitkan energi listrik, PLTS menggunakan panel surya (solar cell) yang berbentuk lempengan logam.

Lempengan logam ini mampu mengubah energi surya menjadi energi listrik. Tujuan penggunaan panel surya ini adalah memanfaatkan energi alternatif yang bersumber dari matahari dengan jumlah yang sangat besar dan tak terbatas.

Cara kerja panel surya

Energi yang berasal dari matahari berupa cahaya juga mengantarkan panas. Energi matahari yang disebut juga energi surya ini dapat diubah menjadi energi listrik melalui panel surya (solar cell). Untuk menangkap atau menampung energi matahari, panel surya dipasang menghadap matahari.

Pada panel surya terdapa dua lapisan semikonduktor. Pada bagian atas bermuatan positif, sementara pada bagian bawah bermuatan negatif. Bagian negatif inilah yang berfungsi untuk menangkap sinar matahari. Setelah ditangkap oleh bagian negatif.

Energi matahari dan  panel surya

Energi matahari tersebut kemudian dilepaskan kebagain positif. Hal inilah yang menyebabkan perbedaan tegangan. Perbedaan tegangan menciptakan arus listrik, mengalir dari tegangan yang lebih tinggi ke tegangan yang lebih rendah.

Arus listrik yang tercipta karena perbedaan tegangan ini akan distabilkan oleh alat konversi. Setelah tegangan distabilkan oleh alat konversi maka, listrik siap digunakan.

Pemanfaatan energi matahari dalam kehidupan sehari-hari

Selain sebagai sumber pembangkit listrik, energi matahari juga dimanfaatkan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini pemanfaatan energi matahari dalam kehidupan sehari-hari;

  • Sebagai sumber energi tak terbatas.
  • Sebagai pengisi daya pada power bank jenis solar cell.
  • Sebagai penerang alami di permukaan bumi.
  • Membantu proses pengeringan pakaian (menjemur)
  • Membantu pengeringan tanah.
  • Membantu dalam proses pengeringan air laut dalam pembuatan garam.
  • Membantu kesehatan tulang.
  • Membantu proses pengeringan dalam pengawetan ikan asin.

Penggunaan panel surya dalam kehidupan sehari-hari

Seiring perkembangan teknologi, pemanfaatan panel surya dalam kehidupan sehari-hari sering sekali kita jumpai. Berikut ini beberapa contoh penggunaan panel surya dalam kehidupan sehari-hari;

Penggunaan panel surya di rumah

Banyak rumah-rumah moderen yang telah memasang panel surya di atap rumahnya. Hal ini bertujuan untuk melakukan penghematan energi listrik yang berasal dari PLTA. Penggunaan panel surya pada atap rumah juga dapat mencukupi sebagian kebutuhan energi listrik pada rumah tersebut.

Penggunaan panel surya pada lampu jalan

Penggunaan panel surya pada lampu jalan sangat efektif dan efisien. Selain tidak menggunakan kabel dan mengalami ketergantungan pada energi fosil. Panel surya pada lampu jalan biasanya juga diimbangi dengan sensor cahaya. Sensor cahaya berfungsi menghidupakan lampu jalan ketika cahaya sudah mulai redup. Energi surya yang tertampung pada panel surya juga sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik lampu tersebut.

Panel surya pada lampu lalu lintas.

Sama dengan prinsip penggunaan panel surya pada lampu jalan. Penggunaan panel surya pada lampu lalu lintas juga bertujuan untuk menghemat penggunaan energi listrik. Selain itu penggunaan panel surya pada lampu lalu lintas juga sangat efektif. Lampu lalu lintas biasa akan mengalami hambatan bila aliran listrik terputus. Namun dengan penggunaan panel surya pada lampu lalu lintas, maka lampu lalu lintas itu memiliki sumber energi sendiri.

Panel surya pada power bank

Manusia moderen tidak dapat lepas dengan gadget (HP) yang juga membutuhkan sumber energi listrik. Hal ini juga yang mendorong manusia untuk berinvoasi dengan membuat power bank dengan panel surya. Power bank panel surya tidak perlu di cash dengan energi listrik, namun cukup menjemur di bawah sinar matahari.

Demikianlah sobat cerdik pembahasan kita tentang energi matahari dan panel surya. Jika artikel ini bermanfaat silakan share keteman-teman kalian. Silakan tinggalkan kesan mu di kolom komentar. Agar kamu tak tertinggal update materi terbaru silakan follow kami melalui email kamu. Terimakasih. [Adm]

bacaan menarik lainnya ;

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia kelas 6
Rangkuman Materi PLBJ kelas 6
Rangkuman Materi IPA kelas 6
Rangkuman Materi PKN kelas 6
Rangkuman Materi Matematika kelas 6
Artikel menarik lainnya... .


Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment