uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

PKN kelas 6 | Menghargai keberagaman ekonomi

PKN kelas 6 | Menghargai keberagaman ekonomi

Sikap menghargai keberagaman ekonomi

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Namun pada sisi lain manusia juga merupakan makhluk individual yang memiliki perbedaan (ciri khas) antara satu dengan yang lainnnya. Salah satu perbedaan yang menciptakan keragaman adalah perbedaan pada hal ekonomi.

Pada dasarnya kegiatan ekonomi didorong oleh kebutuhan manusia itu sendiri. Dalam hal ini kebutuhan manusia dibagi menjadi tiga jenis. yaitu kebutuhan primer, kebutuhan sekunder dan kebutuhan tersier.

Kebutuhan primer

Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang harus dipenuhi karena sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Misalnya kebutuhan untuk makan, kebutuhan untuk minum, pakaian, tempat tinggal dan kebutuhan lainnya. Jika kebutuhan itu tidak terpenuhi maka manusia akan terancam kehidupannya.

Kebutuhan sekunder

Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang timbul setelah manusia dapat memenuhi kebutuhan primer. Kebutuhan ini tidak mendesak seperti kebutuhan primer. Kebutuhan ini berkaitan dengan hiburan yang menghasilkan rasa bahagia. Selain hiburan, kebutuhan akan informasi juga termasuk kebutuhan sekunder.

Kebutuhan tersier

Kebutuhan tersier adalah kebutuhan akan barang-barang mewah. Kebutuhan ini sering dilakukan untuk memenuhi sifat narsis atau kebutuhan untuk dipuji semata.

Menghargai keberagaman ekonomi

Dari tiga kebutuhan inilah muncul keberagaman ekonomi yang ada ditengah masyarakat. Apasih yang dimaksud dengan keberagaman ekonomi? Keberagaman ekonomi adalah perbedaan tingkat ekonomi yang terjadi pada suatu masyarakat.

Keberagaman ekonomi ini dapat dilihat dari keberagaman pekerjaan atau profesi yang ada disekitar kita. Setiap pekerjaan atau profesi memiliki perannya masing-masing. Dan saling melengkapi antara satu dengan yang lainnya. Oleh sebab itu, maka kita harus menghormati keberagaman ekonomi yang ada disekitar kita, kita harus menghargai setiap pekerjaan.

Berikut ini beberapa contoh sikap menghargai profesi yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

  • Mengucapkan permisi atau mohon maaf ketika kita berjalan kaki melewati petugas kebersihan yang sedang membersihkan jalan yang kita lewati.
  • Mendengarkan penjelasan guru dengan seksama dan bertegur sapa bila bertemu guru diperjalanan.
  • Mengucapkan terimakasih kepada petugas medis atau dokter yang telah memeriksa kesehatan kita.
  • Serta masih banyak lainnya cara kita menghargai dan menghormati beragam profesi yang ada disekitar kita.

Selain itu, apabila kita termasuk dalam keluarga yang berkecukupan maka sebagainya kita lebih sering berbagi kepada teman yang membutuhan dan tidak memamerkan barang-barang yang kita miliki.

Kerja keras dalam keberagaman ekonomi

Keberagaman yang terjadi ditengah masyarakat dapat terjadi karena beberapa faktor (penyebab) diantanya potensi dan samangat kerja keras. Pontensi adalah kemampuan dalam diri yang dapat dikembangkan.

Pontensi dapat berkembang dengan baik apabila kita raji melatihnya dengan baik. Sebagai contoh seorang siswa yang memiliki kemampuan melukis dengan indah. Cara siswa tersebut mengembangkan potensinya dengan cara mengikuti les atau kursus lukis serta menghadiri pameran-pameran lukisan.

Pengambangan diri yang baik adalah pengembangan diri yang bersifat keberlanjutan (countinue). Untuk mempertahankan kemauan untuk mengembangkan diri kita membutuhkan semangat kerja keras. Seorang pekerja keras tidak akan mudah menyerah dan akan terus berjuang untuk mengembangakan potensi yang dimiliki guna mencapai sebuah kesuksesan.

Sebuah kesuksesan akan mempengaruhi kondisi ekonomi keluarga dan lingkungan dimana dia berada. Misalnya seorang pedang roti bakar keliling yang memiliki potensi membuat roti bakar enak dan memiliki sifat kerja keras untuk mendagangkan usahanya telah berhasil mencapai kesuksesan.

Kesuksesannya akan membawa kemajuan ekomoni pada lingkungan sekitar, karena ia bukan lagi pedangang bisa. Ia mampu mengembangkan potensi hingga dapat mengembangakan usaha. Ketika usahanya berkembang, ia akan membutuhkan banyak tenaga kerja. Dengan demikian kesuksesannya akan membuka lapangan pekerjaan dan menyerap tenaga kerja disekitar tempat ia tinggal.

Dengan ia memperkuat ekonomi keluarga dan masyarakat sekitarnya makai a juga mewujudkan sikap cinta tanah air. Hal itu karena ketika ia meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar sama dengan ia sedang memperkuat perekonomian bangsa. Mencintai tanah air adalah kewajiban seluruh masyarakat Indonesia.

Manfaat mencintai produk buatan dalam negeri

  • Mengurangi pengangguran.
  • Memajukan indusri dalam negeri.
  • Menciptakan lapangan pekerjaan.
  • Memperkuat ekonomi bangsa.

Cara mencintai produk dalam negeri

  • Mengurangi penggunaan produk asing
  • Mengenalkan produk Indonesia ke negara lain melalui pameran-pameran.
  • Bangga saat menggunakan produk dalam negeri.
  • Menjunjung tinggi produk dalam negeri

Demikian materi tentang menghargai keberagaman ekonomi pada artikel ini. Jika artikel ini bermanfaat silakan share ke teman-teman yang lain. Silakan tinggalkan kesan mu setelah membaca artikel ini. Jangan lupa follow kami dengan email kamu, jangan sampai terlewat update materi pada artikel-artikel kami. Terimakasih [Adm]

Baca juga artikel menarik lainnya :

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia kelas 6
Rangkuman Materi PLBJ kelas 6
Rangkuman Materi IPA kelas 6
Rangkuman Materi PKN kelas 6
Rangkuman Materi Matematika kelas 6
Artikel menarik lainnya... .

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment