uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Posisi dan peran Indonesia di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN

Posisi dan peran Indonesia di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN

Halo sobat Cerdik semua, apa kabar hari ini? Semoga semua sehat selalu ya... Pada artikel ini kita akan membahas tema “posisi dan peran Indonesia di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN” dengan sub bahasan bentuk kerjasama ASEAN dalam bidang ekonomi, pengertian dan tujuan AFTA, Jenis-jenis pertukaran yang dilakukan Indonesia di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN.

Salah satu tujuan di bentuknya ASEAN adalah untuk memajukan dan mempercepat pertumbuhan kegiatan ekonomi wilayah ASEAN.  (baca). Untuk mewujudkan hal itu, negara-negara ASEAN melakukan kerjasama dalam bidang ekonomi.

Bentuk kerjasama dalam bidang ekonomi

Salah satu bentuk kerjasama dalam bidang ekonomi yang dilakukan oleh negara-negara ASEAN antara lain yaitu ;

  • Melakukan promosi-promosi dalam bidang pariwisata dan perdagangan.
  • Menyediakan cadangan pangan.
  • Menyelenggarakan proyek industri.
  • Membuat kawasan pedagangan bebas (ASEAN Free Trade Area atau AFTA)

Pengertian dan Tujuan AFTA

Apa itu ASEAN Free Trade Area atau AFTA?

AFTA merupakan salah satu bentuk kerjasama negara-negara ASEAN dalam bidang ekonomi. Kerjasama ini berupa pengelolaan produk-produk lokal yang ada di negara-negara ASEAN. Tujuan diadakan AFTA adalah menjadikan kawasan ASEAN sebagai tempat produksi yang kompetitif (memiliki daya saing).

Secara sederhana AFTA dibentuk untuk mempermudah dan meningkatkan perdangangan yang ada di antara negara-negara anggota ASEAN. Selain mempermudah perdangan ada tiga point penting dari tujuan terbentuknya AFTA yaitu;

  • Menjadikan ASEAN sebagai pusat produksi dunia.
  • Menarik investasi asing.
  • Menciptakan pasar regional bagi masyarakat Asia Tenggara.

Posisi dan peran Indonesia di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN

Nah, Peran Indoensia dalam kerjasama memberikan manfaat bagi Indonesia maupun negara-negara lain di ASEAN. Selain itu kerjasama tersebut dapat meningkatkan pendapatan Indonesia dan mengurangi pengangguran di Indonesia.

Indonesia sebagai salah satu negara pendiri ASEAN memiliki peran penting dalam kerjasama di bidang ekonomi. Yaitu pertukaran barang dengan negara-negara anggota ASEAN yang lainnya. Tujuan pertukaran barang ini adalah untuk meningkatkan hubungan kerjasama dan juga memperoleh keuntungan.

Beberapa bentuk pertukaran barang yang dilakukan Indonesia dengan negara-negara di ASEAN diantaranya;

Pertukaran sandang

Beberapa barang sandang hasil produksi Indonesia  yang diekspor ke negara-negara ASEAN adalah kain batik, wol, kapas. Batik merupakan karya Indonesia yang sudah diakui oleh dunia. Sementara wol dan kapas merupakan bahan baku dari industri sandang.

Selain itu Indonesia juga melakukan impor barang dari luar negeri yaitu mesin-mesin pembuat pakaian yang di impor dari singapura dalam skala besar dan mengimpor benang sintetis (buatan) dari Malaysia.

Pertukaran pangan

Beberapa hasil pangan Indonesia juga ada yang diekspor ke negara-negara ASEAN lainnya. Hasil pangan tersebut diantarnya tapioka, lada dan kina diekspor ke Singapura. Sementara itu kopi, dan sayur-sayuran diekspor ke Malaysia.

Tidak hanya mengekspor saja, sebagai bentuk nilai tukar Indonesia juga mengimpor beberapa hasil pangan dari Thailand dan Filipina berupa beras, gula, buah-buahan, dan madu.

Pertukaran papan

Indonesia sebagai salah satu pemilik hutan terbesar di dunia, tentu memiliki hasil hutan yang cukup banyak. Beberapa hasil hutan diekspor ke negara-negara ASEAN diantaranya kayu jati ke Malaysia, kayu lapis ke Thailand, kayu mahoni dan getah karet ke Singapura, serta semen putih sebagai bahan baku pembuatan rumah ke Filipina.

Pertukaran Tambang

Selain tiga jenis pertukaran diatas, Indonesia juga melakukan kerjasama dalam bidang pertukaran barang tambang. Indonesia melakukan ekspor beberaoa jenis tambang diantaranya minyak bumi mentah, batu bara, besi, baja, alumunium, timah putih, dan gas alam ke Malaysia, Filipina dan Singapura.

Itu dia sobat Cerdik, pembahasan kita tentang posisi dan peran Indonesia di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN. Jika ada pertanyaan atau kekurangan lengkapan data pada artikel ini, silakan komentar di bawa ya... ditunggu looh. Jika artikel ini bermanfaat silakan share ke teman-teman yang lainnya.

Terimkasih. [adm]

Bacaan menarik lainnya :

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia kelas 6
Rangkuman Materi PLBJ kelas 6
Rangkuman Materi IPA kelas 6
Rangkuman Materi PKN kelas 6
Rangkuman Materi Matematika kelas 6
Artikel menarik lainnya... .

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment