uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Bagian-bagian pada hidung manusia

Sobat cer-dik, semua manusia mempunyai hidung. Hidung adalah salah satu panca indera yang kita miliki. Namun apakah kalian tahu bagian-bagian yang terdapat pada hidung. Yuk simak dan baca artike ini sampai habis.

Hidung adalan tempat keluar dan masuknya udara untuk bernapasan. Pada hidung manusia terdapat beberapan organ-organ yang saling berkaitan fungsi antara satu dengan yang lainnya. Organ-organ tersebut adalah

Lubang hidung berfungsi untuk melindungi hidung dari acaman luar. Lubang hidung juga berfungsi sebagai penentu ukuran sebuah benda masuk kedalam hidung. Pada lobang hidung manusia terdapat dua lobang yang dipisahkan oleh septum (pemisah) hidung.

Bulu hidung terdiri dari rambut-rambut halus yang berfungsi sebagai penyaring udara yang masuk melalui hidung. Bulu hidung akan menahan kotoran yang ada diudara sehingga tidak dapat masuk ke sistem pernapasan.

Septum hidung berbentuk dari tulang dan tulang rawan hidung. selain berfungsi untuk memisahkan lubang kiri dan kanan. Pada dinding septum dilapisi lendir dan mempunyai pembulu darah yang berguna untuk melembabkan dan mengatur suhu udara yang masuk.

Rongga hidung. Untuk menjalakan fungsinya terbentuk dari bantuan tulang tengkorak yang akan membentuk dinding-dinding hidung. Pada bagian ini terdapat lendir dan silia (rambut halus). Fungsi rongga hidung adalah melanjutkan udara yang masuk dari lubang hidung ke tenggorokan. Rongga hidung juga bertugas untuk menjaga kelembapan, suhu, serta tekanan udara. Pada rongga hidung terdapat empat dinding yang saling berkaitan yaitu dinding atas (dinding superior), dinding bawah (dinding inferior), dinding tengah (dinding medial), dan dinding samping (dinding leteral).

Saraf hidung (saraf olfaktori). Saraf Olfaktori adalah salah satu saraf dari 12 saraf kranial yang langsung terhubung ke otak manusia. saraf olfaktori berfungsi sebagai reseptor utama dalam indera pernciuman. Cara kerjanya adalah saraf ini akan menerima rangsangan dari aroma yang terbaca oleh udara yang masuk, lalu mengirimkan informasi berupa implus ke otak. Saraf ini juga berkaitan dengan mendeteksi rasa makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari.

Sinus hidung adalah bagian bentuk rongga di sekitar hidung. Setiap manusia memiliki empat hidung yaitu sinus marksilaris yang berada di tulang pipi. Sinus frontalis yang berada di dahi. Sinus ethmoidilis yang berada diantara mata. sinus sphenoidalis yang berada dibelakang rongga hidung. Semua sinus akan bermuara pada rongga hidung. Fungsi sinus hidung adalah menjaga kelembaban dan menyaring udara.

Tulang rawan adalah bagian kuat pada hidung namun elastis. Tulang rawan menyusun bentuk hidung. Tulang rawan memiliki sifat semi transparan, kuat dan fleksibel. Walaupun kuat dan elastis tulang rawan juga dapat rusak karena bentuan yang kuat.

Silia (bulu hidung) berfungsi untuk menyaring kortoran yang masuk bersamaan dengan udara yang masuk.

Selaput lendir benfungsi untuk menghasilkan ingus dan menyaring kotoran yang ada di udara masuk ke saluran pernapasan.

Saluran hidung berfungsi untuk mengatur tekanan udara saluran penghubung antara telinga dengan tenggorokan dan sebagai pelindung infeksi oleh tonsil adenoid.


Nah itu dia sobat cer-dik.com pembasahan kita tentang bagian-bagian pada hidung. Jangan lupa catat hal yang penting dan jika tidak ingin repot silakan klik tombol ikuti agar kamu tidak tertinggal informasi dari kami.

 

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment