uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Faktor-Faktor penamaan jalan dan kampung di Jakarta | PLBJ kelas 6 SD

Faktor-Faktor penamaan jalan dan kampung di Jakarta | PLBJ kelas 6 SD

Sobat cerdik pada kali ini kita akan mempelajari asal muasal penamaan jalan yang ada di kota Jakarta. Semoga dengan membaca materi ini kalian dapat mengetahui asal muasal nama jalan ataupun kampung yang ada di kota Jakarta.

Beberapa faktor penamaan jalan maupun kampung yang ada di Jakarta ada yang diambil dari nama tokoh daerah atau nasional yang memiliki pengaruh ataupun nama etnis yang mendiami suatu tempat dalam waktu yang sudah cukup lama.

Yuk untuk lebih lengkapnya kita baca artikel ini hingga selesai. Berikut ini beberapa faktor penamaan sebuah tempat baik jalan maupun kampung yang ada di daerah Jakarta.

Faktor-faktor penamaan jalan dan kampung di Jakarta

Jakarta merupakan sebuah provinsi yang memiliki luas wilayah 661,5 Km2. Provinsi Jakarta memiliki 5 kota administrasi dengan 1 kabupaten, 44 kecamatan dan 267 kelurahan. Pemerintah provinsi sebagai otoritas yang berwenang dalam pemberian nama tempat tentu mempertimbangkan latar belakang tempat tersebut.

Faktor-faktor tersebut diantaranya;

Tanaman endemik

Ada beberapa wilayah yang ada di Jakarta memiliki nama-nama tanaman atau buah-buah. Hal tersebut dilatar belakangi oleh tamanan atau tubuhan endemik (banyak jumlahnya) yang tumbuh di tempat tersebut. Nama-nama tempat tersebut misalnya Gambir, Menteng, Karet, Kebayoran Lama, Kebayoran Baru, Kebon Jeruk dan banyak lagi lainnya.

Nama pahlawan atau tokoh berjasa

Beberapa tempat atau jalan di Jakarta diberikan nama pahlawan atau tokoh yang memiliki jasa besar terhadap masyarakat setempat. Nama tempat atau jalan tersebut misalnya Senayan, Cawang, Daan Mogot, R.P. Suroso, T.B. Simatupang. Beberapa nama jalan kampung juga sering diberikan nama tokoh-tokoh berpengaruh tempo dulu seperti Gang H. Mahmud, Gang Samali dan sebagainya.

Etnis mayoritas

Selain nama tumbuh-tumbuhan dan tokoh atau pahlawan untuk pemberian nama jalan. Nama etnis yang mendiami suatu tempat dalam waktu yang sudah cukup lama juga merupakan salah satu faktor penamaan tempat atau jalan. Misalnya Kampung Melayu, Kampung Bali, Kampung Makasar, dan masih banyak lainnya.

Benda khas

Faktor pemberian nama tempat atau nama jalan selanjutnya adalah benda yang menjadi ciri khas dari daerah tersebut. Misalnya Jembatan Besi, Tiang Bendera, Pluit dan Joglo, Priuk dan lain-lain. Kesemua tempat itu diambil dari nama benda khas atau benda bersejarah untuk tempat tersebut.

Peristiwa bersejarah

Peristiwa bersejarah yang terjadi ditempat tersebut juga menjadi faktor pemberian nama tempat atau jalan. Misalnya Jatinegara, Proklamasi, Matraman, dan lain-lain.

Keadaan alam

Faktor terakhir untuk pemberian nama dan tempat di Jakarta adalah faktor keadaan alam. Daerah-daerah yang diberikan nama sesuai dengan kondisi alamnya antara lain Tanah Aban dan Ceger.

Nah, Itu dia sobat Cerdik faktor-faktor penamaan jalan dan kampung yang ada di Jakarta. Jika ada kekurangan dalam artikel ini silakan berikan komentar pada kolom komentar. Jika artikel ini bermanfaat silakan share ke teman-teman yang lain. Jangan lupa untuk berlangganan gartis materi pelajaran kami dengan cara mendaftarkan email kalian dalam kolom follow agar kamu terus update dengan materi-materi baru dari kami. Terimakakasih. [Adm]

 

Baca juga artikel menarik lainnya:

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia kelas 6
Rangkuman Materi PLBJ kelas 6
Rangkuman Materi IPA kelas 6
Rangkuman Materi PKN kelas 6
Rangkuman Materi Matematika kelas 6
Artikel menarik lainnya... .
 

  

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment