uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

BILANGAN BULAT DAN CONTOHNYA

BILANGAN BULAT DAN CONTOHNYA

MENGENAL BILANGAN BULAT DAN CONTOHNYA

Hai sobat cerdik, tentu kalian pernah dengar tentang bilangan bulat. Apa sih yang dimaksud dengan bilangan bulat. Banyak sekali istilah di matematika salah satunya yaitu bilangan bulat. Bilangan bulat adalah himpunan atau gabungan dari beberapa bilangan-bilangan. Diantara bilangan tersebut adalah bilangan cacah, bilangan asli, bilangan prima, bilangan komposit, bilangan nol, bilangan satu, bilangan negatif, bilangan ganjil serta bilangan genap.

Bilangan bulat

bilangan bulat didapat ketika kita menggabungkan bilangan cacah dengan bilangan bulat negatif. Lambang bilangan adalah “Z” berasal dari bahasa Jerman denga nasal kata Zahlen yang berarti bilangan.

Z = { -5, -4, -3, -2, 0, 1, 2, 3, 4, 5, ...}

Bilangan asli adalah bilangan positif saja. Sementara bilangan cacah adalah bilangan asli ditambah dengan nol (0). Nah, bilangan bulat adalah bilangan cacah ditambah bilangan negatif.

Bilangan bulat positif adalah bilangan yang bernilai positif dimulai dari satu ke atas dan seterusnya.

Bilangan bulat negatif adalah bilangan yang bernilai negatif dimulai dari negatif satu ke bawah dan seterusnya.

[ Jika sampai sini ada yang belum dipahami silahkan baca ulang, atau kirim komentar dan pertanyaan di kolom komentar]

Kita dapat memahami besar sebuah bilangan bulat satu dengan yang lainnya dengan menggunakan garis bilangan. Garis bilangan adalah garis yang digunakan untuk mempermudah penghitungan penjumlahan, pengurangan atau perbandingan dalam bilangan bulat. Contoh garis bilangan.

MENGENAL BILANGAN BULAT DAN CONTOHNYA

Nah, jika kalian amati lebih dalam pada garis bilangan tersebut bilangan negatif berada di sebelah kiri nol dan bilangan asli ada di sebelah kanan. Semakin ke kanan maka semakin besar nilainya, demikian juga sebaliknya semakin ke kiri maka semakin kecil.

Walaupun pada angka paling kiri tertulis negatif dua (-2) namun nilai negatif dua lebih kecil dibandingkan dengan negatif satu (-1). Mengapa ???

Jadi jika kita pelajari lebih dalam tentang garis bilangan, jika angka tersebut menjauh ke kiri dari nol maka nilainya akan menjadi lebih kecil.

Misal negatif sepuluh (-10) dan negatif dua (-2) mana yang lebih kecil? Maka kita lihat pada garis bilangan mana yang lebih menjauhi nol (0). Silakan amati!

Tentu negatif sepuluh ya (-10) Jelas ya!

Namun sebaliknya pada bilangan asli (bilangan positif, bilangan yang berada di sebelah kanan nol (0)) semakin menjauh dari nol maka bilangan tersebut memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan bilangan yang lebih dekat dari nol.

Misal 2 dan 7 mana yang lebih besar ? tentu kita sudah tahu, namun coba kalian rangkai alasannya mengapa hal itu terjadi perhatikan gambar berikut!

MENGENAL BILANGAN BULAT DAN CONTOHNYA
Nah kawan-kawan demikian perkenalan kita dengan bilangan bulat.... Jika ada yang kurang lengkap silahkan tambahkan di kolom komentar, terimakasih...

baca juga : 
Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment