uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Rangkuman Materi Kelas 6 SD - Perkembangbiakan pada Hewan

Rangkuman Materi Kelas 6 SD - Perkembangbiakan pada Hewan

PERKEMBANGBIAKAN PADA HEWAN

Halo Sobat Cerdik, Pada hari ini kita akan membahas tentang perkembangbiakan pada hewan. Sama seperti tumbuhan hewan juga berkembangbiak. Perkembangbiakan pada hewan dan tumbuhan bertujuan untuk mempertahankan populasi spesies tumbuhan atau hewan tersebut. 

Perkembangbiakan pada hewan dibagi menjadi dua jenis yaitu generatif dan vegetatif. Masih ingat apa itu generatif? Ya, generatif adalah perkembangbiakan dengan cara kawin. Artinya dibutuhkan hewan pejantan dan betina untuk melakukan proses perkembangbiakan.

Perkembangbiakan generatif pada hewan

Rangkuman Materi Kelas 6 SD - Perkembangbiakan pada Hewan

Perkembangbiakan generatif pada hewan dibagi menjadi tiga yaitu perkembangbiakan dengan cara ovipar, vivipar dan ovovivipar. Apa itu ovipar, vivipar dan ovovivipar ??? Yuk kita lanjut membaca.

Ovipar

Ovipar adalah hewan-hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur. Telur pada umumnya harus dierami induknya hingga menetas. Proses pengeraman dilakukan untuk menjaga suhu telur agar tetap stabil. Suhu telur yang tetap terjaga sangat berpengaruh pada perkembangan bakal hewan yang ada di dalam telur. 

Hewan-hewan yang berkembangbiak dengan cara ovipar adalah hewan jenis ungags, reptil dan ikan. 

Ciri khusus hewan ovipar  

  • tidak memiliki daun telinga.
  • bukan merupakan hewan mamalia.
  • induk tidak menyusui anaknya.
  • tidak memiliki kelenjar susu.
  • induk mengerami telur hingga menetas.
  • telur berada di luar tubuh induknya. 

Vivipar

Vivipar adalah hewan-hewan yang berkembangbiak dengan cara melahirkan. Pada umumnya hewan ini termasuk jenis mamalia. 

Ciri khusus hewan vivipar

  • Memiliki kelenjar susu
  • Memiliki daun telinga
  • Penutup tubuh hewan vivipar adalah rambut
  • Merupakan kelompok mamalia
  • Individu baru akan dikeluarkan atau akan dilahirkan dari tubuh induknya

Ovovivipar

Ovovivipar adalah hewan-hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur didalam tubuh dan menetas didalam tubuh kemudian mengeluarkan individu baru dengan cara melahirkan. Hewan-hewan ini memang sangat spesial dan sangat sedikit.

Pembuahan pada jenis ovovivipar terjadi pada betina hingga terbentuk sebuah telur. Di  dalam telur anak tumbuh embrio yang akan berkembang menjadi keturunan. Proses tersebut yang disebut kehamilan. Cadangan makanan didapat langsung dari embrio telur tersebut bukan dari induknya. 

Namun telur hanya bertahan dalam jangka waktu tertentu lalu menetas. Hingga telur menetas didalam perut dan dilahirkan. Hewan yang berkembangbiak dengan cara ovovivipar diantaranya kuda laut, ular kadut, ikan guppy, ikan pari, ikan hiu, bunglon, iguana, kadal, salamander, platypus.

Ciri khusus hewan ovovivipar

  • Memiliki embrio yang dapat berkembang menjadi cangkang telur dalam tubuh induknya
  • Tidak menyusui
  • Pembentukan anak dilakukan dengan cara generatif
  • Anak tidak diasuh oleh induknya
  • Induk tidak memiliki Rahim
  • Termasuk hewan berdarah dingin
  • Setelah menetas individu baru akan keluar langsung dari tubuh induknya.

Nah, demikian perkembangbiakan generatif pada hewan. Namun bagaimana perkembangbiakan vegetatif pada hewan. Apakah ada hewan yang dapat berkembangbiak dengan cara vegetatif.

Perkembangbiakan vegetatif pada hewan

Perkembangbiakan vegetatif pada hewan terjadi pada hewan-hewan tertentu. Ada tig acara yaitu membelah diri, tunas dan fragmentasi. Lalu bagaimana cara dan hewan apa saja yang berkembangbiak dengan cara demikian. Yuk¸ kita lanjutkan..

Membelah diri

Membelah diri adalah cara perkembangbiakan hewan dengan jalan membagi tubuhnya menjadi dua bagian yang sama atau lebih secara langsung yang dilakukan hewan bersel satu. 
Contoh hewan yang berkembangbiak dengan cara membelah diri adalah Amoeba, protozoa, paramecium dan virus.

Bertunas

Bertunas adalah cara berkembangbiak hewan pada saat organisme baru tumbuh. Tunas baru akan melekat sepanjang pertumbuhannya hingga menjadi organisme baru. Contoh hewan yang berkembangbiak dengan cara bertunas adalah Hydra, Porifera, dan coelenterate.

fragmentasi

Fragmentasi adalah cara perkembangbiakan yang berasal dari potongan tubuhnya sendiri atau pemutusan bagian tubuhnya. Contoh hewan fragmentasi adalah planaria dan cacing pita.

Nah, demikianlah pelajaran kita hari ini tentang perkembangbiakan pada hewan. Sekarang coba kalian perhatikan lingkungan sekitar kamu dan golongkan hewan tersebut termasuk dalam perkembangbiakan jenis yang mana.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya, jangan lupa follow, share dan komen artikel ini bila menurut kamu artikel ini bermanfaat.

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment