uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Materi kelas 6 - Macam-macam penyerbukan pada tumbuhan

Materi kelas 6 Macam-macam penyerbukan pada tumbuhan
Halo sobat cerdik hari ini kita akan mempelajari tentang jenis-jenis penyerbukan. Sebelum jauh kita membahas, kakak ingin mengingatkan bahwa penyerbukan adalah proses perkembangbiakan generatif pada tumbuhan.

Jenis-jenis penyerbukan pada tumbuhan

Terdapat empat jenis penyerbukan yang terjadi pada tumbuhan, yaitu penyerbukan sendiri (mandiri), penyerbukan tetangga, penyerbukan silang, penyerbukan bastar.

Penyerbukan Sendiri

Penyerbukan sendiri terjadi ketika serbuk sari jatuh di kepala putik pada bunga yang sama. Penyerbukan ini terjadi pada satu bunga saja. Penyerbukan ini bisa terjadi dengan bantuan serangga atau angin yang bertiup hingga menjatuhkan serbuk sari ke kepala putih.

Penyerbukan tetangga

Penyerbukan tetangga terjadi ketika serbuk sari jatuh di kepala putik pada bunga yang masih satu tumbuhan. Penyerbukan ini melibatkan dua bunga dalam satu tumbuhan yang sama. Proses ini juga terjadi karena bantuan serangga atau angin. Serbuk sari yang ringan tertiup atau menempel di kaki serangga dan melekat di kepala putik bunga yang lain namun masih dalam satu tumbuhan.

Materi kelas 6 Macam-macam penyerbukan pada tumbuhan


Penyerbukan silang

Penyerbukan silang terjadi ketika serbuk sari jatuh di kepala putik pada bunga lain yang sejenis namun berbeda tumbuhan. Proses penyerbukan ini melibatkan dua tumbuhan sejenis yang memiliki jenis bunga yang sama.

Penyerbukan bastar

Penyerbukan bastar terjadi ketika serbuk sari jatuh di kepala putik pada bunga yang berasal dari tumbuhan yang berbeda varietas. Proses penyerbukan ini melibatkan dua jenis tumbuhan yang berbeda. Proses ini juga dimanfaatkan menjadi proses kawin silang alami pada tumbuhan.

Nah, itu dia kawan-kawan empat jenis penyerbukan pada tumbuhan. Jika ada yang kurang dipahami silakan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar ya, Salam lesatari ...

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment