uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

CERITA DAN CITA-CITA GURU KU





Pak Oes oes adalah panggilan akrabnya. Dia sudah menjadi guru sejak dibangku kuliah. Saat mengajar pak Oes juga aktif dalam organisasi mahasiswa yang sering demo dan turun ke Jalan. 

Pak Oes juga senang sekali belajar filsafat dan sejarah-sejarah. Pernah sekali aku bertanya pada Pak Oes tentang mengapa kegemaranya berfisalat dan membaca buku-buku social terumta sejarah, pak Oes menjawab, “melalui filsafat saya mencoba memahami kuasa tuhan, melalui ilmu social saya mencoba memahami masalah manusia.” Jawaban yang membuat ku berpikir kelas saat itu. 

Saat itu Saya adalah murid Pak Oes di kelas tiga di salah satu SD pinggiran Jakarta.

Dalam mengajar sekali kali Pak Oes melontarkan pertanyaan yang cukup lucu bagi ku dan teman-teman ku. Suatu ketika Pak Oes menanyakan pada kami “anak-anak, disini siapa yang pernahh berpikir kenapa kalian hidup”, tanya pak Oes. 

Beberapa kawan ku terdiam sejak sebelum Alifah mengangkat tangannya dan berkata, “Saya pernah pak”. “Lalu, apa yang kamu lakukan”, kata Pak Oes. “Karena pusing dan enggak ketemu-ketemu, akhirnya saya lupain aja pertanyaan itu. Emangnya kenapa pak, bapak lagi galau?”. “Enggak hanya memastika kalian punya tujuan hidup” tandasnya.

Dia lain waktu pak Oes juga menceritakannya tentang kecerdasan yang mirip kebodohan, dan cita-citanya dimasa kecil. Suatu pagi pak Oes bertanya kepad kami, “Anak-anak, siapa di sini yang punya cita-cita dan apa cita-citanya?”. Sontak kelas menjadi ramai dan bising. 

Ada yang menyeletuk ingin menjadi pilot, dokter, polisi, tantara dan lain-lain, bahkan ada punya empat cita-cita seperti Ucup. “Pak, saya mau jadi polisi, tapi kalau gak bisa saya mau jadi tantara, kalau gak bisa juga saya jadi guru, dan kalau masih gak bisa juga saya akan menjadi diri sendiri”. Terdiam sejenak Pak Oes, “yang baiknya juga jadi diri sendiri”. “kalian tahu dulu waktu usia saya seumur kalian, apa cita-cita saya?” tanya pak Oes. 

Sebagian meletuk dengan kecepatan suara, pilot, polisi, tantara, presiden, guru dan lainnya hingga ku lupa, hamper semua teman ku menebak cita-cita Pak Oes. Sambil mendengarkan tebakan teman-teman ku Pak Oes menggelengkan kepala dengan nada khasnya, “eeeemmm, bukan”. 

Sampai kami sebut profesi yang kami ketahui. “Ini adalah rahasia besar dalam hidup bapak, tapi jangan ada yang beri tahun yang lain, takutnya yang lain nanti ikut-ikutan” raut wajahnya menjadi tegang dan seketika kelas menjadi seyam ingin mendengar perkataan Pak Oes yang mulai memelan.

Sambil menuju ketengah Pak Oes mengulangi kata-katanya, “jangan ada yang tahu selain kita bisa?”. Secara reflek teman-teman ku menganggukan kepalanya tanpa disadari menadakan mereka setuju. 

“Cita-cita saya adalah menjadi power renger merah” kata Pak Oes. Sontak semua kelas tertawa terbahak-bahak, hingga Ferdi kepalannya terbentuk ke mejanya saat itu. 

“Ya, memang benar saya sampai mengumpulkan jam tangan dan tempat minum yang mirip remot perubah diri power ranger, dan berharap jika saya tekan maka saya akan menajadi renger merah dan punya mobil yang bisa jadi robot” tandas Pak Oes denganwajah seriusnya.

Pak Oes juga bercerita, bahwa gurunya pernah terheran-heran pada dirinya. Di suatu pagi kelas yang seperti biasaya, setelah Nadia memimpin barisan dan wulan memeriksa kuku, kami berdoa. 

Kurang lebih kami menunggu Pak Oes lima menit. Pak Oes mungkin guru yang agak rajin disbanding gur-guru kelas sebelah yang 20 menit setelah kami berlajar mereka baru berdoa.

Pak Oes sering bilang pada kami, ketika mendengar keributan di kelas sebelah, “anak-anak jangan kita punya mental anjing herder. Sifat anjing itu penutur, tapi jika ada tuannya. 

Jika gak ada tuanya mereka menggong-gong semua orang lewat. Kalian disiplin dan rajin jangan karena takut sama saya, jika tak mau selevel dengan anjing herder tadi”. 

Lanjut kecerita di pagi itu. Banyak teman-teman ku termasuk aku, sangat takut mengungkapkan pendapatnya kepada guru, karena takut dari kesalahan hingga Pak Oes mencerita kisah yang baru di alami.

“saya punya teman Namanya Wandi. Temannya saya ini tak lebih pintar dari saya soal pelajaran. Kadang dia suka nanya ke saya. Pada suatu hari di saat pelajaran PKn di kelas dan dosen (guru) saat ini terkenal galak dan super ribet. Dosen itu memberikan 10 soal pada hari ini dan harus selesai dalam waktu 30 menit. 

Setelah 30 menit dosen ini memeriksa hasil jawaban para mahasiswa termasuk saya. Setelah di periksa nama saya di panggil kedepan. ‘Oes, apa-apan ini kamu cuma bener satu soal, kamu mikir gak si?’, kata ibu dosen. ‘Mikir bu’, saya menjawab (muka saya takut dan panik). 

Tak lama bu dosen itu kembali berterika ‘Wandi Maju ke depan, apa-apan kamu masa jawaban kamu salah semua’. ‘saya hanya mengamalkan apa yang ibu ajarkan’, balas wandi (dengan muka santai).

‘Memang saya ajarkan apa’, bertanya ibu dosen pada Wandi. ‘ibu bilang belajarlah dari kesalahan, maka hari ini saya jawab semua soal dengan salah, agar saya mendapat banyak pelajaran dari ini, ibu juga bilang kalau gak salah gak belajar’, jawab Wandi dengan tenang. Sontak saya dan satu kelas tertawa”, begitu cerita pak Oes untuk memotivasi kami.




Kini aku sudah masuk ke salah satu Universitas di Jakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Aku coba ingat-ingat setiap kata dari Pak Oes tentang cita-cita. 

Pak Oes juga pernah cerita tentang John Lock yang menjadi landasan Pendidikan. Aku mulai menyadari, sesungguhnya cita-cita kita adalah refleksi dari lingkungan tempat kita berada. 

Setelah mau jadi Power ranger, Pak Oes ingin jadi Tsubatsa, lalu ingin jadi Bajak laut dan lain-lain. Cita-cita itu harus menyenangkan, cita-cita bukan profesi tapi sesuatu yang jauh hingga tak dapat terwujud namun terus kita terwujud. Hakikat cita-cita pak Oes adalah hidup Bahagia, memberantas kejahatan dan menikmati hidup dengan yang kita senangi.

Ku dengar Pak Oes sudah diangkat jadi PNS karena lolos tes, semoga kelak aku bertemu dengannya.

Kampung rambutan 15 Januari 2020


Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment