uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Resume BAB III Psikologi Perkembangan Diane E Papalia


Menyemai Kehidupan Baru

Awal terbentuknya manusia masih merupakan pertemuan sperma dari ayah biologis dan ovum ibu biologis.

Bagaimana pembuahan terjadi

Pembuahan (fertilization) atau kehamilan adalah proses bergabungnya sperma dan ovum – gamet pria dan Wanita, atau sel kelamin untuk menciptakan sel tunggal yang disebut zigot, yang kemudia menggandakan diri berkali-kali melalui pembelahan sel untuk menjadi bayi.

Apa yang menyebabkan kelahiran kembar

Kelahiran kembar terjadi dengan dua cara. Cara pertama Biasanya, tubuh si ibu mengeluarkan dua ovum dalam waktu yang hampir bersamaan atau kemungkinan sebuah ovum yang belum dibuahi membelah dan keduanya dibuahi. Bayi yang dihasilkan disebut kembar dizigotik (dizygotic (two-egg) twin). Dizygotic-twin merupakan kembar yang dihasilan oleh penyatuan dua ova yang berbeda (atau satu ova yang kemudian memecah) dengan dua sel sperma disebut juga fraternal twins.

Cara kedua ovum yang telah dibuahi memecah menjadi dua menghasilkan bayi monozigotik (monozygotic (one egg) twins), biasanya disebut kembar identik. Monozygotic one egg twins merupakan kembar yang dihasilkan pembelahan zigot tunggal setelah pembuahan.

Kembar identik memiliki karakter dan jenis turunan yang sama, tetapi karena perbedaan pengalaman masa prenatal maupun postnatal hingga tingkat tertentu, mereka berbeda dalam segala segi. Maka kembar identik menjadi bisa tidak identik dalam temperamen (disposisi karakter, atau gaya pendekatan dan reaksi terhadap situasi).

Mekanisme Hereditas (Heredity)

Sebuah ilmu genetic yang mempelajari studi tentang ciri bawaan/hereditas, faktor-faktor bacaan yang diwarisi dari orang tua bilogis, yang akan mempengaruhi perkembangan.

Kode genetik

Kode Genetik adalah Rangkaian pasangan base dalam DNA, yang menentukan karakter turunan.

Deoxyribo nucle acid (DNA) senyawa kimia yang memuat semua materi turunan yang diwariskan dari orang tua biologis kepada anak. Sturktur DNA terdiri dari tangga panjang spiral terdiri dari empat senyawa kimia yang disebut bases (basa) terdiri dari adenine (A), thymine (T), cytosine (C), guanine (G).

Dalam inti sel terdapat kromosom (gurunungan DNA yang membewa gen). Gen merupakan segmen kecil DNA yang berada di posisi tertentu dalam kromosom tertentu. Tiap gen biasanya mengandung ribuan pasang basa. Rangkaian gen komplet dalam tubuh manusia membentuk human genome.

Penentu jenis kelamin

Pada saat kehamilan, 23 kromosom sperma dan 23 kromosom dari ovum ibu memebentuk 23 pasang kromosom. Autosome adalah 22 pasang kromosom yang tidak berhubungan dengan ekspresi seks. Pasangan ke dua puluh tiga adalah kromosol seks. Sebuah kromosom yang menentukan jenis kelami bayi. 1 kromosom dari ayah, 1 kromosom dari ibu. XX untuk Perempuan dan XY untuk laki-laki.

Pola transmisi genetik

Pewarisan dominan dan resesif. Contoh penelitan yang diuji coba Gregor Mendel seorang pendeta pada tahun 1860, tentang tanaman pea putih kuning dan putik hijau menghasilkan tanaman hybrid 75% putik kuning, dan 25 putik hijau.

Pewaris dominan dan resesif (contoh menekuk lidah). Gen dapat menghasilkan ekspresi karakter alternatif yang disebuat alleses (alel). Alel merupakan pasangan gen (sama atau beda) yang mempengaruhi sifat.

Setiap orang mewarisi sepasang alel dari orang tuanya (satu dari ayah satu dari ibu). Jika alel yang diterima sama maka orang tersebut homozygous secara karakteristik. Homozygous artinya memilili dua alel yang identic satu dengan yang lain untuk sebuah sifat. Jika alel yang diterima berbeda maka orang tersebut adalah heterozygous. Heterozygous artinya memiliki dua alel yang saling berbeda untuk sebuah sifat.

Pewaris dominan adalah pola pewarisan yang terjadi ketika suatu alel menjadi dominan saat seorang akan menerima alel yang saling berlawanan. Sementara pola pewarisan resesif adalah pola pewarisan dimana anak akan menerima alel yang saling bertentangan dan menghasilkan ekspresi sifat nondominan.

Sebagai besar sifat didapat dari pewarisan poligenetik. Poligenetik adalah pola pewarisan di mana beberapa gen mengakibatkan sifat yang kompleks.

Transmisi multifactorial merupakan kombinasi genetic dan faktor lingkungan untuk menghasilkan sifat kompeks tertentu.

Fenotipe adalah karakteristik individu yang dapat diamati.

Genotipe adalah komposisi genetik seseorang, mengandung karakteristik yang diekspresikan maupun tidak.

Abnormalitas Gen dan Kromosom

Mutase adalah modifikasi permanen gen atau kromosom yang mungkin menghasilkan karakteristik yang merusak. Mutasi dapat terjadi secara spontan atau dapat terpapar oleh lingkungan misalnya radiasi. Kebanyakan ketidak normalan muncul ketika predisposisi turunan (variasi abnormal dari gen) berinteraksi dengan faktor lingkungan baik sebelum atau setelah persalinan. Contoh prilaku menyimpang yang ditransmisikan secara multifactorial adalah ADHD.

Contoh keti dak normalan yang ditransmisikan melalui pewarisan dominan adalah achondroplasia dan wabah hutington. Sebagian sifat hanya bersifat setengah dominan dan setengah resesif. Dalam dominan tidak sempurna, sifat tersebut tidak dapat terekspresikan secara penuh.

Cacat yang ditransmisikan oleh pewarisan terkait jenis kelamin (sex-linked inheritance)

Genom (genetic) imprinting kondisi dimana beberapa gen tampaknya imprinting secara temporer, atau berubah secara kimia, baik dalam diri ayah maupun dari ayah. Contoh diabetes, asama, huntington.

Beberapa abnormalitas kromosom bersifat turunan namun ada juga yang bersumber dari kecelakaan pada saat prenatal dan cendrung untuk tidak berulang terjadi dalam keluarga yang sama. Contoh penyimpangan kromosom sindrom Klinefelter, sindrom turner, sindrom down.

Konseling dan pengujian genetik.

Bimbingan genetik dapat membantu calon orang tua menilai risiko mereka mendapatkan anak dengan cacar genetic atau kromosom. Konselor genetic akan mengambil Sejarah keluarga dan memebrikan calon orang tua serta anak bilogis mereka pengujian fisik. Konseling genetik merupakan jasa klinis yang memberi masukin kepada pasangan terdapat kemungkinan resiko mendapatkan anak dengan cacat urutan.

Pengaruh keturuan dan lingkungan

Kelainan fisik yang tertentu (langka) pada dasarnya adalah 100% warisan.

Mempelajari hereditas dan lingkungan

Perilaku genetik adalah setudi kuantitaf terhadap relativitas pengaruh turunan dan lingkungan.

Mengukur heritability adalah perkiraan statistic kontribusi turunan terhadap perbedaan individu dalam sifat tertentu di dalam populasi tertentu.

Kembar monozygotic memiliki kemiripan genetic dua kali lipat dibandikan dengan kembar dizygotic. Kembar monozygotic lebih concordant (kembar yang memiliki sifat bawaan atau kelainan) karena memiliki kecendrungan yang lebih besar secara statistik untuk menunjukan sifat yang sama.

Efek lingkungan prenatal : salah satu lingkungan yang mempengaruhi adalah lingkungan dalam Rahim. Studi kontrol korino berfokus pda pada pengaruh prenatal dengan membandikan dua tipe kembar monozigotik. 1) kembar monochorionic yang berkembang dakan kantong berisi cairan dan karena itu memiliki lingkungan prenatal yang mirip. 2) kembar dichorionic yang berkembang dalam kantong yang berbeda.

Bagaimana keturunan dan lingkungan bekerja bersama

Rentang reaksi adalah potensi ketidakonsistenan tergantung kepada kondisi lingkungan, sebagai ekspresi sifat bawaan.

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment