uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

RAGAM TEKS (RESUM PPG KB 1 MODUL B.INDONESIA)

 


RAGAM TEKS

Ragam teks adalah sebuah pengelompokan teks berdasarkan jenis isinya. Ada berbagai jenis teks. Jenis teks dibagi menjadi empat yaitu faktual, cerita, tanggapan, dan normatif. Nah untuk itu mari kita pahami secara perlahan pengertian keempat jenis teks tersebut.

Teks faktual

Teks faktual adalah sebuah teks (cerita) yang berisikan fakta dan data. Biasanya berupa berita sebuat peristiwa yang terjadi di suatu tempat. Selain itu teks faktual adalah teks yang berisikan kejadian nyata dan benar-benar terjadi, namun tidak terikat waktu. Itu artinya teks tersebut bisa memberikan informasi di masa lalu ataupun sekarang.

Genre teks faktual ada dua jenis menurut Mahsun (2018). Pertama teks faktual deksripsi dan kedua adalah teks faktual prosedur (arahan). Teks faktual deskripsi adalah sebuat teks yang memiliki tujuan sosial untuk menggambarkan sebuah objek atau benda secara individual berdasarkan ciri fisiknya. Teks faktual deskripsi memiliki struktur pernyataan umum dan uraian setiap bagian.

Genre teks faktual kedua adalah teks prosudur. Teks faktual prosedur bertujuan untuk mengarahkan atau mengajarkan tentang langkah-langkah yang telah ditentukan. Teks ini memiliki struktur; judul, tujuan, daftar bacaan (hal yang diperlukan untuk mencapai tujuan), urutan tahapan pelaksanaan, pengamatan dan kesimpulan.

Teks tanggapan

Teks tanggapan adalah teks yang berisikan sambutan (respon) terhadap ucapan (komentar, kritik dan lainnya). Selain itu, tanggap juga merupakan respon dari apa-apa yang ditangkap oleh panca indera atau bayangan dalam angan-angan. teks tanggapan dibagi menjadi dua genre yaitu ekposisi dan dan eksplanasi.

Teks tanggapan dengan genre eksposisi adalah sebuah teks yang berisi paparan gagasan atau usulan sesuatu yang bersifat pribadi. Struktur genre eksposisi ini adalah pernyataan pendapat, alasan (argument) pernyataan ulang pendapat.

Teks tanggapan dengan genre ekspalasi adalah teks yang menjelaskan tentang urutan (proses) terjadinya fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan dan budaya. Teks ini berfungsi untuk menjelaskan atau menganalisi proses muncul atau terjadinya suatu peristiwa. Dengan tujuan memaparkan semuanya agar menambah pengetahuan. Struktur genre teks eksplanasi adalah judul, pernyataan umum, deret penjelas, interpretasi.

Teks cerita

Teks cerita adalah teks yang menuturkan sebuah kejadian, mengisahkan kejadian yang pernah ada, perbuatan, pengalaman yang dinamis dalam suatu rangkaian waktu. Dalam kategori genre sastra, teks cerita termasuk jenis teks tunggal.

Teks cerita dibagi menjadi empat genre yaitu cerita ulang, naratif, anekdot, eksemplum. Untuk memahami hal tersebut kita akan mengulasan secara perlahan.

Teks cerita ulang adalah sebuah teks yang memiliki tujuan untuk menceritakan kembali sebuah peristiwa atau kisah dimasa lalu, dengan tujuan sebagai hiburan atau pelajaran bagi para pembaca atau pendengar. Struktur teks ini adalah judul, orientasi/pengenalan, dan rekam kejadian.

Anekdot merupakan salah satu genre teks cerita. Anekdot merupakan sebuah cerita rekaan yang tidak musti didasari oleh peristiwa nyata atau fakta yang terjadi. Peristiwa yang disajikan dari teks ini adalah peristiwa yang membuat para pembaca atau pendengar merasa konyol atau jengkel. Struktur teks ini adalah judul, orientasi/pengenalan, masalah/krisis, reaksi. Yang membedakan dari cerita ulang adalah pada bagian akhir anekdot memberikan penebalan cerita berupa reaksi. Reaksi dalam hal ini digambarkan secara eksplisit dalam teks.

Genre teks cerita yang ketiga adalah Eksemplum. Eksemplum merupakan sebuah teks cerita yang bertujuan untuk menilai atau menginterpretasikan karakter pelaku (tokoh). Eksemplum memiliki stuktur orientasi/pengenalan, kejadian/insiden, dan interpretasi. Teks eksemplum merupakan pengembangan dari teks cerita ulang dan anekdot. Yang membedakan, jika certia ulang berakhir pada rekam kejadian, anekdot pada rekasi, namun pada eksemplum berakhir pada interpretasi. Interpretasi dalam hal ini merupakan pesar moral (hikmah) dari cerita tersebut. Dengan demikian hal diharapkan dari teks eksemplum adalah adanya perenungan atau evaluasi diri dari para pembaca atau pendengar.

Genre terakhir dari teks cerita adalah genre naratif. Genre naratif memiliki kesamaan dengan tiga sebelumnya. Namun genre ini memiliki struktur judul, orientasi, masalah, dan diakhir dengan pemecahan masalah.  Yang menjadi pembeda dari tiga teks sebelumnya adalah sang tokoh utama mampu mengambil solusi yang tepat dari permasalahan yang dihadapi.

Teks normatif

Teks normatif adalah sebuah teks yang terikat dengan kaidah (norma/aturan/ketentuan) yang berlaku. Teks normatif pada umumnya mengandung tentang unsur agama atau nilai kebaikan.

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment