uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

PENGERTIAN SENI PATUNG DAN JENIS-JENISNYA - SBK KELAS 6

PENGERTIAN SENI PATUNG DAN JENIS-JENISNYA - SBK KELAS 6

Seni patung

Seni patung adalah sebuah karya tiga dimensi yang menyuguhkan sebuah keindahan atau nilai estetika. Seni patung dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Berdasarkan fungsi seni patung dibagi menjadi beberapa jenis yaitu ;

Jenis-jenis patung berdasakan fungsi

  • Patung religi

Patung religi adalah sebuah patung yang dibuat untuk sarana ibadah atau bermakna religius.

  • Patung monumen

Patung monumen adalah  sebuah patung yang dibuat untuk memperingati peristiwa bersejarah yang terjadi disuatu tempat. Atau patung yang dibuat untuk mengingat jasa pahalawan atau orang yang dianggap berjasa. Contohnya patung pahlawan di monumen lobang buaya.

  • Patung arsitektur

Patung arsitektur adalah sebuah patung yang dibuat sebagai pelengkap kontruksi sebuah bangunan. Patung ini bisa berupa ukiran atau karakter-karakter yang menjadi pelengkap bangunan. Pantung ini juga dimanfaatkan untuk memperindah sebuah bangunan.

  • Patung seni

Patung seni adalah patung yang dibuat sebagai sebuah karya seni. Patung ini dibuat hanya untuk dinikmati keindahannya saja.

  • Patung dekorasi

Patung dekorasi adalah patung yang dibuat untuk memperindah bagunan atau menghias lingkungan. Biasanya patung dekorasi berada di taman-taman atau halaman rumah.

  • Patung kerajinan

Patung kerajinan adalah patung yang dibuat sebagai hasil karya kerajinan. Biasanya patung ini dijual sebagai sebuah cenderamata atau souvenir suatu tempat.

Selain pembagian jenis patung berdasarkan fungsi, patung juga dibagi berdasarkan bentuknya. Berikut ini pembagian patung berdasarkan bentuknya.

Jenis patung berdasarkan bentuknya;

  • Figurative

Patung figurative biasa juga disebut dengan patung realis atau patung representative. Patung ini merupakan tiruan dari bentuk alam, seperti manusia, tumbuhan, dan binatang.

  • Non figurative

Patung non figurative biasa juga disebut dengan patung imajenatif atau patung non representative. Patung ini tidak meniru alam atau bentuk-bentuk mahluk hidup. Patung ini memiliki bentuk yang abstrak.

Bahan-bahan untuk membuat patung

Beberapa jenis bahan baku dapat digunakan untuk menjadi bahan dasar kerajinan seni patung. Bahan-bahan tersebut dibagi menjadi tiga jenis. Berikut ini jenis-jenis bahan untuk membuat patung;

  • Bahan lunak

Beberapa bahan dasar yang termasuk bahan lunak diantaranya, tanah liat, lilin plastisin, clay dan sabun.

  • Bahan keras

Beberapa bahan dasar yang termasuk bahan keras adalah kayu dan batu.

  • Bahan cor

Bahan cor adalah bahan yang berupa bahan cair dan serbuk atau tidak padat namun dapat menjadi keras dalam waktu tertentu. Yang termasuk bahan cor antara lain semen, pasir, gips, emas.

Teknik-teknik seni patung

  • Teknik pahat

Teknik pahat adalah teknik yang digunakan untuk mengurangin bahan dasar agar dapat dibentuk dengan menggunakan benturan benda keras. Alat yang digunakan adalah pahat dan palu.

  • Teknik butsir

Teknik butsir adalah teknik yang digunakan untuk membentuk bahan lunak dengan cara mengurangi atau menambahkan bahan menggunakan alat butsir. Teknik ini digunakan pada media bahan lunak seperti tahan liat, caly, dan lilin.

  • Teknik konstruksi

Teknik konstruksi adalah teknik yang digunakan untuk membuat patung dengan cara merekatkan berbagai bahan. Dalam proses perekatan dapat dilakukan dengan bebagai cara mulai dari lem, las, dilepa, atau dipatri. Teknik ini digunakan pada media bahan keras.

  • Teknik cor

Teknik cor adalah teknik yang digunakan unutk membuat patung dengan cara membuat cetakan terlebih dahulu. Setelah cetakan selesai, adonan cor dituang kedalam cetakan. Hingga menghasilkan bentuk yang diinginkan.

  • Teknik cetak

Teknik cetak agak mirip dengan teknik cor. Akan tetapi pada teknik cetak media yang digunakan adalah bahan sedang dan lunak. Bahan sedang dan lunak diletakan pada alat cetak bivalve dengan dua sisi dua sisi simetris.

Nah, itu dia materi Seni Patung. Materi ini akan terus di update loh, agar kamu tidak ketinggalan silakan ikuti website kami. Terimasih Telah berkunjung.

Oiya, kamu dapat mendengar materi ini berulang-ulang dengan Podcast. Cukup Klik Disini!

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment