uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Mencari informasi pada teks eksplanasi | Bahasa Indonesia kelas 6

Mencari informasi pada teks eksplanasi | Bahasa Indonesia kelas 6

Menemukan informasi penting dalam teks Eksplanasi

Halo sobar cerdik, pada artikel ini kita akan membahas tentang teks eksplanasi lagi. Bagi kalian yang berlum sempat membaca pembahasan tentang teks ekplanasi sebelumnya, bisa klik disini!

Setiap teks eksplanasi pasti memiliki informasi yang penting untuk dapat dipelajari. Infromasi tersebut dapat ditemukan dengan berbagai cara, salah satunya menjawab pertanyaan. Pertanyaan tesebut bertujuan untuk menggali informasi yang terdapat di dalam teks ekplanasi.

Kata tanya dan fungsinya

Kata tanya memiliki fungsi yang berbeda untuk menggali informasi yang berbeda pula. Berikut ini kata tanya dan fungsinya.

Apa

Kata tanya “Apa” digunakan untuk menanyakan keadaan, prilaku, atau penjelasan isi teks eksplanasi. Misalnya, apa kabar ?, apa penyebab, dan lain sebagainya.

Di mana

Kata tanya “di mana” digunakan untuk mencari informasi  tempat suatu peristiwa suatu kejadian. Lokasi yang dituju, serta tempat yang sedang digunakan dalam teks.

Kapan

Kata tanya “kapan” dapat digunakan untuk mencari informasi waktu terjadinya suatu keadaan atau peristiwa (jam, hari, tanggal, bulan, tahun, ataupun lamanya suatu kejadian) dalam teks.

Siapa

Kata tanya “siapa” dapat digunakan untuk menggali informasi tentang pelaku yang terkait, tokoh, atau orang yang berperan dalam suatu peristiwa yang terjadi atau dalam sebuah teks.

Mengapa

Kata tanya “mengapa” bertujuan untuk mengetahui alasan atau penyebab sebuah kejadian atau peristiawa yang terjadi dalam teks.

Bagaimana

Kata tanya “bagaimana” betujuan untuk menggali cara atau proses sebuah peristiwa dapat terjadi atau yang sedang berlangsung. Kata tanya bagaimana juga dapat bertujuan untuk menggali keadaan atau kejelasan suatu hal dalam teks.

Cara menyampaikan informasi penting dari teks eksplanasi

Setelah kita membaca dan mendapatkan informasi penting yang ada dalam sebuah teks eksplanasi tentu kita untuk menyampaikan informasi tersebut kepada orang lain atau kepada banyak orang. Oleh karena itu keterampilan dalam menyampaikan informasi penting dari teks sangat dibutuhkan.

Berikut ini ada beberapa tips yang berguna untuk kita menyampaikan kembali temuan penting pada teks eksplanasi.

Catatan kecil

Apabila kamu sulit untuk mengingat-ingat point yang ingin kamu sampaikan, maka buatlah catatan kecil. Cacatan kecil berguna untuk menjelaskan temuan-temuan penting agar tidak lupa untuk disampaikan. Catatan kecil juga bertujuan untuk membuat penyampaian kamu lebih sistematis.

Intonasi

Dalam menyampaikan infomasi penting yang kita temukan dalam teks eksplanasi tentu kita harus menggunakan informasi yang jelas. Intonasi yang jelas dapat memberikan penekanan bahwa informasi itu penting dang harus diketahui oleh para pendengar.

Menuliskan informasi penting dari teks yang didengar

Selain membaca teks eksplanasi, kita juga dapat mengetahui informasi penting dengan cara mendengarkan. Dengarkanlah dengan seksama dan tulislah informasi penting yang kamu dapatkan. Selain itu adala beberapa langkah yang perlu diperhatikan saat kita mendengarkan diantanya;

  • Mendengarkan dengan sungguh-sungguh.
  • Mencatatan informasi penting dalam bentuk poin-poin.
  • Mengembangakan poin-poin yang telat dicatat menjadi sebuah kalimat.
  • Merangkai kalimat tersebut menjadi sebuah paragraph baru.
  • Dan coba sampaikanlah informasi tersebut kepada teman mu untuk menguji apakah cara penyampaian mu mudah untuk di pahami.

Menemukan informasi penting dengan menjawab pertanyaan

Seperti kita telah pelajari sebelumnya setiap kata tanya memiliki fungsi yang berbeda. Kita dapat membuat simulasi pertanyaan untuk mencari informasi penting pada sebuah teks eksplanasi yang belum kita ketahui.

Simulasi tersebut misalnya, apa tema dari teks ekspalasi tersebut? , Siapa saja tokoh yang ada pada teks dan peran yang mereka lakukan?, dimana terjadinya? Dan seterusnya. Simulasi ini dapat membantu kita mempercepat menemukan informasi penting pada teks eksplanasi.

Demikian pembahsan kita tentang bagaimana cara mencari informasi penting pada teks eksplanasi. Jika artikel ini bermafaat silakan share kepada teman kamu yang lainnya. Silakan tinggal kesan kamu setelah membaca artikel ini pada kolom komentar. Agar kamu tidak tertinggal update materi dari kami, silakan ikuti kami dengan mendaftarkan email kamu. terimakasih [Adm]

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia kelas 6
Rangkuman Materi PLBJ kelas 6
Rangkuman Materi IPA kelas 6
Rangkuman Materi PKN kelas 6
Rangkuman Materi Matematika kelas 6
Artikel menarik lainnya... .

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment