uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Materi IPA kelas 6 Magnet

Materi IPA kelas 6 Magnet

Sobat cerdik pada artikel ini kita akan membahas tentang magnet. Dengan sub bahasan pengertian magnet, sifat-sifat magnet, mengenal benda magnetis, medan magnet dan cara membuat magnet. Untuk selanjutnya yuk kita baca artikel ini sampai selesai.

Pengertian magnet

Magnet adalah benda yang terbuat dari besi atau baja yang dapat menarik benda-benda dari bahan tertentu. Gaya tarik yang dihasilkan oleh magnet disebut gaya magnet. Magnet memiliki kekuatan daya tarik yang berbeda-beda pada tiap sisinya.

Gaya tarik magnet terkuat terdapat pada kedua kutubnya yaitu kutub utara dan kutub selatan. Sementara itu bagian terlemah dari magnet berada pada bagian tengah magnet.

Berdasarkan cara terbentunya, magnet dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu magnet alami dan magnet buatan. Magnet alami terbentuk secara alami, contohnya adalah magnet bumi. Sementara magnet buatan adalah magnet yang sengaja dibuat manusia.

Bentuk magnet juga sangat beragam. Berikut ini macam-macam bentuk magnet

  • Magnet silinder
  • Magnet jarum
  • Magnet lingkaran
  • Magnet U
  • Magnet batang
  • Magnet cincin

Sifat-sifat magnet

Magnet memiliki sifat-sifat yang dapat dimanfaatkan untuk membantu aktivitas sehari-hari. Magnet memiliki dua jenis kutub yaitu kutub utara dan kutub selatan dengan beberapa sifat sebagai berikut;

  • Apabila kutub sejenis didekatkan maka yang terjadi adalah tolak menolak.
  • Apabila kutub yang berbeda jenis didekatkan maka akan saling tarik menarik.
  • Gaya tarik atau gaya tolak terbesar terdapat pada ujung kutub-kutub magnet.
  • Magnet dapat menarik benda yang terbuat dari jenis logam tertentu misalnya besi, baja, dan nikel.

Mengenal benda magnetis dan benda non magnetis

Tidak semua jenis logam dapat ditarik oleh gaya magnet. Benda-benda yang dapat ditarik dengan magnet disebut dengan benda magnetis. Contoh benda magnetis adalah benda yang terbuat dari besi, baja dan nikel.

Sementara benda-benda yang tidak dapat ditarik magnet disebut benda non magnet. Beberapa jenis benda non magnetis diantaranya kayu, kaca, karet, plastik, alumunium dan tembaga.

Penggunaan magnet dalam kehidupan sehari-hari

Kita sering menggunakan magnet untuk membantu aktivitas kita sehari-hari. Berikut ini beberapa contoh menggunaan magnet pada barang-barang yang sering kita jumpai;

  • Pin berisi magnet yang biasanya ditempel di pintu kulkas.
  • Pintu kulkas. Didalam karet pintu kulkas terdapat magnet hingga pintu kulkas dapat menempel dengan erat pada bingaki pintu yang tebuat dari besi.
  • Penjepit tas yang berisi magnet agar tas tertutup dengan rapat.
  • Tangkai obeng mengandung magnet sehingga memudahkan pemasangan mur.
  • Tutup tempat pensil yang diisi magnet agar tutup tempat pensil tertutup dengan rapat.

Medan magnet

Medan magnet merupakan daerah di sekitar magnet yang masing dipengaruhi oleh gaya magnet. Di dalam daerah medan magnet inilah magnet memiliki kekuatan untuk dapat menarik benda. Medan magnet ini tidak dapat terlihat begitu saja. Kita dapat melihatnya dengan cara menaburkan serbuk besi pada sekitar magnet. Serbuk besi yang ada di sekitar magnet akan membentuk garis gaya magnet.

Cara membuat magnet

Magnet dapat dibuat dengan menggunakan beberapa cara. Logam yang digunakan dalam proses pembuatan magnet adalah besi dan baja. Kedua jenis logam tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan.

Besi adalah logam yang mudah dibuat menjadi magnet, namun cepat pula hilang sifat kemagnetannya. Sementara baja adalah logam yang sulit dijadikan magnet. Namun ketika baja telah menjadi magnet maka sifat kemagnetanya akan lebih tahan lama.

Beberapa metode untuk membuat magnet diantanya dengan cara induksi, menggosokkan, dan mengaliri listrik.

Membuat magnet dengan cara induksi

Cara membuat magnet dengan induksi adalah mendekatkan benda magnetis ke magnet. Sebagai contohnya, sebuah paku yang akan dibuat magnet. Paku tersebut didekatkan pada magnet. Dan secara otomatis paku ini menjadi magnet dengan prinsip induksi.

Paku tersebut dapat menarik magnet dan juga benda-benda magnetis lainnya. Magnet yang dibuat dengan cara induksi bersifat sementara. Jika magnet yang menempel pada paku dilepaskan maka sifat kemagnetan pada paku juga menghilang.

Membuat magnet dengan cara menggosokan ke magnet

Cara memembuat magnet dengan menggosakan ke magnet adalah cara paling sederhana. Magnet dapat digosokan langsung ke benda magnetis seperti besi. Dalam menggosok kita harus menggosok dengan satu arah saja dan menggunakan kutub magnet yang sama. Semakin lama kita menggosokkan magnet, maka semakin lama sifat kemagnetannya melekat pada benda magnetis tersebut.

Membuat magnet dengan cara dialiri listrik


Membuat magnet dengan cara dialiri listri ini sebut juga electromagnet. Cara membuat electromagnet cukup sederhana. Benda magnet harus dililitkan kabel. Kedua ujung kabel dihubungkan dengan baterai atau sumber listrik lainnya. Electromagnet dapat menarik benda magnetis ketika benda magnetis yang dililit kabel dialiri listrik. Jika sumber listrik dilepas maka sifat kemagnetannya akan hilang.

Nah itu dia sobat materi kita tentang magnet. Jika artikel ini bermanfaat silakan share kepada teman-teman yang lain. Jangan lupa tinggalkan kesan mu setelah membaca materi ini. Untuk gratis berlangganan silakan follow dengan menggunakan email kamu. Terimakasih [Adm]

Materi menarik lainnya untuk dibaca

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia kelas 6
Rangkuman Materi PLBJ kelas 6
Rangkuman Materi IPA kelas 6
Rangkuman Materi PKN kelas 6
Rangkuman Materi Matematika kelas 6
Artikel menarik lainnya... .




 





Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment