uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Tutorial cara membuat bibit cabe untuk ditanam di rumah | langkah-langkah membuat bibit cabe

Tutorial cara membuat bibit cabe untuk ditanam di rumah | langkah-langkah membuat bibit cabe

Pada artikel ini kita akan membahas tutorial atau cara membuat bibit cabe di lingkungan rumah dengan menggunakan alat-alat sederhana.

Cabe adalah salah satu bumbu pokok masyarakat Indonesia. Hampir 80 persen makanan mengandung cabe. Cita rasa yang khas membuat orang rela membeli dengan harga mahal. Ketika harga cabe menojak maka akan selalu diliput oleh media begitunya penting cabe untuk masyarakat Indonesia Agar kita tidak mengalami ketergantungan pada harga cabe di pasar. Lebih baik mulai sekarang kita membudi dayakan cabe, minimal untuk konsumsi pribadi.

Adapun cara-cara membuat bibit cabe agar hingga tumbuh sebagai berikut.

1.Siapkan jenis cabe yang mau di tanam

Banyak sekali jenis cabe yang ada di pasar. Jika kamu ingin menanam cabe rawit kamu tinggal membeli cabe rawit. Ingat apa yang kamu pilih itu yang akan kamu tanam dan varian itu pula yang akan tumbuh. Jadi jangan bermimpi jika kamu tanam cabe rawit tapi ingin panen cabe kriting. 

2.Busukan cabe yang kamu pilih

Cabe yang telah kita pilih harus dibusukan terlebih dahulu. Proses pembusukan bisa dengan cara di diamkan beberapa hari saja. Tapi jangan diletakan di kulkas, nanti malah tidak busuk-busuk. Letakkan saja di sebuah wadah yang terbuka. Tanda-tanda cabe busuk adalah warnanya mulai berubah dari asalnya. Jika warna asal merah maka sudah mulai coklat.

Baca Juga : https://cerdikceritapendidikan.blogspot.com/2020/05/8-manfaat-tidur-siang.html

Proses pembusukan ini akan mempengaruhi kualitas biji cabe. Karena kulit cabe yang membusuk akan menjadi tambahan asupan nutrisi bagi biji cabe yang akan kita tanam.

3.Jemur cabe busuk tersebut

Jika cabe sudah membusuk, namun jangan sampai busuk-busuk sekali ya. Cukup warnanya saja yang berubah. Setelah warnanya mulai berubah langkah selanjutnya jemur cabe-cabe tersebut dibawah sinar matahari langsung. Jika cuaca cukup bagus proses penjemuran cukup dilakukan setengah hari.

4.Pisahkan biji cabe dengan kulit cabe

Karena yang akan ditanam adalah biji cabe maka kita harus pisahkan kulit cabe dari biji cabe. Dalam pemisah ini harus hati-hati jangan sampai biji cabe banyak yang terbuang. Letakan biji cabe yang sudah dipisahkan kedalam sebebuah wadah.

5.Jemur biji cabe

Biji cabe yang kita pisahkan kemungkinan masih mengandung air atau bercampur air dari kulit cabe. Maka langkah selanjutnya biji cabe harus dikeringkan kembali. Agar biji cabe menjadi lebih siap di tanam. Pada proses ini bisa dilakukan selama satu hari dalam kondisi cuaca cerah.

6.Rendam dengan air hangat

Tahapan ini adalah tahapan akhir sebelum ditanam. Biji cabe yang sudah kering, nantinya akan di rendam dengan air hangat. Cukup 6 jam sebelum proses penanaman. Pada tahapan ini kita juga bisa melakukan selekasi mana bibit cabe yang baik dan mana bibit cabe yang kemungkinan tidak akan tumbuh.

Caranya dengan melihat bibit cabe yang kita rendam di air hangat. Jika bibit (biji) cabe yang kita rendam tenggelam ada di dasar wadah maka kemungkinan tumbuh sangat besar. Namun jika itu ada di permukaan maka besar kemungkinan ia tidak akan tumbuh, karena di dalam bibit cabe itu kosong, alias tidak memiliki bibit cabah.

Untuk cara menanam cabe yang baik, akan dijelaskan di artikel selanjutnya. Terimakasih.

Demikian tutorial cara membuat bibit cabe untuk konsumsi pribadi. Jika ada yang telewat silahkan beri masukan di kolom komentar.

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment