uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Kerja sama itu penting?

 

Jurnal Kehidupan - Kerja sama itu penting?

Pagi hari ketika sebuah keriuhan terjadi, sontak pimpinan pada instansi tersebut berkata,”Kalau kita kerja sama dengan baik tentu tidak akan terjadi hal seperti ini”. Salah satu dari anggota kelompok tersebut menimpali pimpinannya dengan berkata, “Ya, ini akibat kerja sama Pak! Andai semua sama-sama kerja bukan saling mengandalkan tentu tidak begini”.

Pembaca cer-dik.com paragraf diatas adalah cuplikan dari sebuah kejadian dengan kondisi keos. Dimana diaglog dua arah yang terjadi bukan mencari solusi namun lebih bersifat saling menyalahkan antara satu dengan yang lainnya.

Akan tetapi dari cuplikan peristiwa dan diaglog tersebut ada hal yang menarik yaitu membedakan “kerja sama dan sama-sama kerja”. Pokok pembahasan tersebut yang akan coba diangkat dan dikaji dengan cara sederhana. Sediakan kopi dan cemilannya, selamat membaca.

Kerja sama

Kerja sama adalah adalah sebuah kata yang sering kali kita salah pahami. Pertama yang perlu diluruskan adalah penulisan kerja sama itu dipisah antara kedua katanya. Selanjutnya secara istilah kerja sama merupakan dua kata yang dipadukan menjadi satu. Kerja yang berarti berkerja melakukan sesuatu dan sama yang artinya senilai atau satu tujuan dan lain sebagainya.

Jika dua kata ini digunakan dalam waktu yang bersamaan. Maka kata kerja sama akan melahirkan sebuah arti baru. Kerja sama adalah sebuah usaha atau sebuah kegiatan yang dikerjakan oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan tertentu.

Kerja sama biasanya sering dilakukan dalam kegiatan berkelompok. Selain itu kerja sama juga sangat populer dalam kegiatan organisasi. Namun poin diskusi kita adalah apakah orang yang terlibat dalam kerja sama memiliki poit atau tanggung jawab dan beban kerja yang sama.

Sama-sama Kerja

Istilah sama-sama kerja ini saya dengar ketika teman saya menimpali teman saya yang lainnya. Menurutnya selama ini banyak orang malas yang berlindung dibalik kata kerja sama. Kerja sama memiliki kelemahan dalam hal porsi kerja yang tidak merata. Bisa jadi satu orang berpikir satu orang mengetik itu kerja sama.

Namun dalam kaca mata sama-sama kerja, orang yang berpikir tidak dianggap kerja ketika tidak membuahkan karya. Sementara orang yang mengetik disebut bekerja selain ia melahirkan karya yang bisa dinilai, ia juga mengelurakan tenaga.

Pada bagian ini kerja sama dan sama-sama kerja mengambil dimensi pemisah yang saling menegasikan antara satu dengan lainnya. Menurut penganut sistem “sama-sama kerja” sebuah orang memiliki potensi yang sama dan harusnya kompetensi tersebut juga harus mendapatkan tekanan yang sama.

Namun yang menjadi kelemahannya adalah bagaimana jika dilapangan, tenaga kita habis untuk mengajarkan orang agar sama-sama bekerja, karena setiap orang memiliki kompetensi dan peminatan yang berbeda.

Walaupun banyak orang malas sering berlindung dibalik kata “kerja sama”, namun kata kerja sama masih lebih proper untuk kondis dilapangan. Kata kerja sama masih relevan digunakan dalam setiap keadaan. Saya terbayang film kartun One Piece yang betemakan bajak laut.

Pada film tersebut setiap tokoh pasti akan menghadapi musuh yang berbeda di waktu yang bersamaan. Film ini menunjukan konsep sama-sama kerja. Namun setiap tokoh akan menghadapi musuh sesuai dengan level mereka masing-masing, ini disebut kerja sama. Maka penenkanan makna pada kata kerja sama adalah mengetahui batasan dan potensi diri.

Kolaborasi

Jika kita terlalu alergi dengan kata kerja sama maka mungkin kata yang lebih populis dari itu sekarang adalah kolaborasi. Kolaborasi dapat diartikan menyatukan diri dalam perbedaan identitas, namun dengan tidak menghilangkan identitas kita dengan tujuan yang sama dalam prinsip saling melengkapi.

Kolaborasi lebih mengakomodir kelemahan dan kekuatan setiap individu dalam kelompok yang berbeda-beda. Memberikan ruang untuk tim saling melengkapi dan dilengkapi. Dengan pemetaan potensi yang tepat, sebuat tim yang mengedepankan prinsip kolaborasi akan lebih kaya akan perbedaan, namun cepat dalam mencapai sebuah tujuan yang diinginkan.

Dalam konsep kolaborasi selain pemetaan potensi, setiap anggota juga didorong untuk memiliki kemampuan dan kemauan komunikasi antara satu dengan yang lainnya. Tujuannya adalah ketika seorang anggota tidak dapat menyelesaikan tugas karena sudah mentok, seseorang harus sadar untuk mau membantu. Atau orang yang mengalami deadlock ini membuka komunikasi untuk menjaring masukan dan saran dari orang-orang yang lebih kaya akan pengalaman.

Nah itu dia pembahasan kita tentang, kerja sama., sama-sama kerja, dan kolaborasi. Bagi sobat cer-dik.com yang ingin bertanya atau memberikan tanggapan silakan tulis di kolom komentar. Terima kasih

Waallahualam bishawab

 

 

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment