uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Menerapkan Drill Santuy pake Quizizz

Menerapkan motode Drill Santuy pake Quizizz

Sobat cerdik kali ini kita akan membahas cara latihan (drill) dengan santai melalui aplikasi Quizizz. Drill adalah sebuah metode belajar dengan cara berlatih mengerjakan soal secara berulang (terus-menerus) hingga mencapai kemampuan yang diinginkan.

Drill biasanya dilakukan diakhir tahun pelajaran menjelang UAS atau UN. Drill bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dengan mengadalkan daya ingat atau pengalaman menjawab soal. Metode ini terbilang cukup ampun, namun memiliki berbagai kelemahan. Dimulai tingkat pemahaman semu, dan siswa mengalami kejenuhan.

Tingkat pemahaman semu di sini diartikan sebagai hafal. Yup, metode ini memang mengadalkan kemampuan menghafal, belum sampai pada level memahami. Jadi ketika seorang guru orang tua melakukan metode drill, alangkah baiknya jika mengimbagi dengan penjelasan materi pada titik-titik lemah pemahaman siswa.

Selain pemahaman siswa, tingkat kejenuhan yang tinggi saat menggunakan metode drill ini adalah momok yang besar. Sering kali guru gagal menganalisis kemampuan siswa dikarenakan ketertarikan siswa saat melalukan evaluasi melalui drill sangat lemah.

Hal itu terjadi karena siswa harus mengulang untuk menjawab pertanyaan yang sama secara berulang-ulang. Cara melakukan drill yang terbilang konvesional juga menjadi faktor selanjutnya. Nah, dengan rentetan masalah saat melakukan drill, Quizizz hadir sebagai alternatif pelebur kejenuhan.

Apa itu Quizizz?

Quizizz adalah salah satu media belajar virtual. Aplikasi ini melengkapi dirinya dengan berbagai hal yang menarik. Walaupun sebagai media belajar, Quizizz cerdung terkesan sebagai permainan online. Dengan fitur sebagai guru dan siswa, kita bebas mencari soal apa yang ingin di jadikan bahan drill.

Selain itu, Quizizz juga memberikan pilihan apakan soal itu dijadikan pekerjaan rumah atau permainan langsung seperti quiz online. Bila dijadikan pekerjaan rumah maka waktu yang diberikan cukup panjang. Namun yang sering digandrungi siswa dalah fitur live game.

Dengan fitur live game siswa seolah mabar (main bareng) dengan siswa yang lain. Di dasbor semua nama siswa terpampang, sesuai dengan point yang diraih. Selama permain berlangsung, semua siswa berkesempatan mendapatkan peringkat satu.

Selain keseruan ini, secara tidak langsung guru membangkitkan rasa kompetitif dalam diri siswa. Rasa kompetitif akan membangkitkan minat dan semangat siswa untuk mengikuti drill yang selanjutnya. Dalam beberapa kasus, kami sering ditangih untuk mabar Quizizz dengan materi-materi baru atau materi yang telah dipelajari.

Tak berhenti di situ. Guru juga bisa mengkreasikan meme. Setelah siswa menjawab soal baik itu benar atau salah. Akan muncul meme yang bertujuan sebagai pengingat, penghibur, dan penyemangat siswa untuk dapat menjawab soal dengan benar. Hal ini dapat menurunkan stress akibat kompetisi kecil yang terjadi.

Bagaimana cara mengakses Quizizz

Quizizz dapat diakses dengan menggunakan PC dan Hp. Hal inilah yang menjadi point portable. Selama daerah tersebut masih dapat dijangkau oleh signal. Maka Quizizz dapat dimainkan kapan saja dan di mana saja.

Jika kamu menggunakan HP, kami sarankan untuk menginstal aplikasi Quizizz. Quizizz sudah tersedia di play store. Jika kamu mengakses menggunakan PC maka kamu cukup mencari Quizizz di mesin pencarian.

  • Masuklah menggunakan email pribadi >> Sign Up

Setelah itu kamu akan ditanya, akun ini digunakan untuk sekolah, pribadi atau perusahaan. Karena kamu ingin menggunakannya sebagai sarana drill, maka pilihlah sekolah.

  •         Sekolah >> Guru

Menerapkan motode Drill Santuy pake Quizizz

Ada dua pilihan setelah memilih sekolah yang pertama guru yang kedua adalah mahasiswa. Pilihlah sebagai guru. Keunggulan memilih fitur guru tentu dapat mengkases dan memilihkan firur driil untuk siswa. Setelah masuk sebagai guru, maka kamu resmi sebagai admin dan memiliki akun di Quizizz.

Gambar tersebut adalah tampilan saat kita menggunakan PC. Namun jika kita ingin menjadi admin dengan menggunakan HP. Kalian cukup mengaktifkan fitur desktop pada HP kalian. Caranya adalaa masuk ke Google > titik tiga pojok kanan atas > centang desktop. Maka tampilan akan berubah seperti ini.

Membuat Soal

Perhatikan tombol no 1. Klik +buat >> Quiz >> beri nama Quiz kamu >> pilih subjek >> selanjutnya >> akan ada pilihan ganda >>  buat pertanyaan >> tulis beberapa jawaban >> klik lambang contreng (ceklis) untuk jawaban yang benar.

Kamu juga bisa menyisipkan gambar pada pertanyaan ataupun jawaban. Kamu bisa menentukan batas waktu untuk menjawab pada bagian pojok kiri bawah. >> simpan. Untuk menambah pertanyaan kamu bisa klik tambah pertanyaan baru.

Setelah kamu membuat soal, kamu dapat melihat hasil pengerjaan orang yang mengerjakan dengan cara mengklik hasil (lihat panah no 2). Pada bagian ini, kamu bisa memantau proses pengerjaan, berapa orang yang mengerjakan dan pada bagian mana banyak siswa menjawab dengan jawaban yang salah.

Selain membuat soal mandiri, kita juga diperbolehkan mengakses dan mencari soal-soal yang kita inginkan. Kita cukup ketik nama soal pada kolom cari yang di tujuk pada panah no 4.

Oiya, Sobat setelah kita membuat soal atau mencari soal kita akan diberikan dua pilihan. “Mulai kuis langsung” atau “beri pekerjaan rumah”. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan ya sobat, jika ingin menciptakan keseruan bersama kamu bisa pilih mulai kuis langsung. Namun jika banyak yang tidak dapat mengikuti dalam waktu bersamaan cukup beri pekerjaan rumah.

Quizizz juga bisa langsung terhubung dengan Google classroom. Namun jika tidak memiliki aplikasi classroom, cukup share link para siswa. Siswa sudah dapat menikmati permainan Quizizz ini. Pada tombol 3 kalian juga bisa membuat meme dari foto siswa-siswa kalian. Bisa buat seru-seruan mengingat drill itu metode belajar yang konstan jadi butuh sedikit suplemen cada di sana.

Nah itu dia sobat, ulasan dan tutorial singkat tentang Quizizz. Jika ada kritik, masukan atau saran silakan tulis di kolom komentar. Jika artikel ini bermanfaat silakan share ke teman-teman yang lain. Jangan lupa subscribe website kami agar update dengan pembahasan-pembahasan terbaru dari kami. Terimakasih.

 

***back to menu***

 



Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment