uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Magnet dan Fungsinya dalam kehidupan sehari-hari | IPA Kelas 6 SD

Magnet dan Fungsinya dalam kehidupan sehari-hari | IPA Kelas 6 SD

Halo sobat cerdik, berjumpa lagi pada website belajar kami. Pada kesempatan lalu kita sudah belajar mengenal jenis-jenis magnet yang ada di sekitar kita. Pada kesempatan ini kita kembali belajar tentang magnet dengan sub pembahasan, sejarah singkat magnet, kemampuan gaya tarik magnet ke benda logam, sifat kemagnetan, cara menghilangkan sifat kemagnetan dan fungsi magnet dalam kehidupan sehari-hari.

Sejarah singkat tentang penemuan magnet

Magnet merupakan sebuah benda yang memiliki kemampuan untuk benda-benda disekitar yang terbuat dari logam besi dan baja. Magnet pertama kali ditemukan pada tahun 600 SM. Bangsa Yunani kuno adalah bangsa pertama yang menemukan jenis batuan yang mampu menarik besi. Nama magnet diambil dari tempat batu-batu itu berasal yaitu wilayah Magnesia.

Kemampuan gaya tarik magnet ke benda logam

Seperti yang kita ketahui magnet dapat menarik benda-benda logam. Namun tidak semua benda logam dapat ditarik oleh magnet. Nah, berikut ini adalah penggolangan jenis benda yang dapat ditarik dan tidak dapat ditarik oleh magnet yaitu;

Ferromagnetik

Ferromagnetik yaitu benda logam yang dapat ditarik oleh magnet dengan kuat. Contohnya baja dan besi.

Paramagnetik

Paramagnetik yaitu benda logam yang dapat ditarik oleh magnet namun gaya tariknya lemah. Contohnya alumunium, tembaga dan platina.

Diamagnetik 

Diamagnetikyaitu benda logam yang tidak dapat ditarik oleh magnet. Contohnya emas, seng, dan merkuri.

Sifat kemagnetan

Berdasarkan sifat kemagnetan yang ada pada magnet, magnet dibagi menjadi dua jenis;

  • Magnet alami adalah magnet yang berasal dari alam dan masih berbentuk batu. Magnet alami ini selalu menghadap ke utara dan selatan. Hal tersebut dimanfaat manusia untuk membuat penunjuk arah atau yang kita sebut dengan kompas.
  • Magnet buatan adalah magnet yang sengaja dibuat oleh manusia dari logam besi atau baja. Sifat yang berada pada magnet buatan ini tidak selama atau bersifat sementara. Ada tiga cara untuk membuat magnet yaitu digosok, induksi dan electromagnet.

Tiga cara untuk menghilangkan sifat kemagnetan pada suatu magnet yaitu

Magnet dan Fungsinya dalam kehidupan sehari-hari | IPA Kelas 6 SD
  • Dipukul pukul
  • Dibakar
  • Dialiri arus AC (arus listrik bolak balik)

Manfaat magnet di kehidupan sehari-hari

  • Untuk menarik benda yang terbuat dari logam besi dan baja.
  • Sebagai bahan pembuatan kompas (penunjuk arah).
  • Untuk membantu perubahan energi pada generator.
  • Merapatkan benda-benda (tutup tempat pensil, pintu kulkas, dll)
  • Pengganti roda pada kereta cepat.

Nah itu dia sobat, magnet dan fungsi magnet dalam kehidupan sehari-hari. Jika ada kritik, masukan atau saran silakan tulis di kolom komentar. Jika artikel ini bermanfaat silakan share ke teman-teman yang lain. Jangan lupa subscribe website kami agar update dengan pembahasan-pembahasan terbaru dari kami. Terimakasih.

Baca Juga :

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia kelas 6
Rangkuman Materi PLBJ kelas 6
Rangkuman Materi IPA kelas 6
Rangkuman Materi PKN kelas 6
Rangkuman Materi Matematika kelas 6
Artikel menarik lainnya... .

 

***back to menu***




Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment