uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

SBDP Kelas 6 SD Logo pada reklame

SBDP Kelas 6 SD Logo pada reklame
Halo Sobat cerdik apa kabar kalian hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan sehat selalu. Sobat cedik pada artikel ini kita akan membahas tentang pengertian logo, fungsi logo dan ciri-ciri logo tak lupa beberapa contoh logo-logo yang ada di sekitar kita. Lanjut baca sampai habis ya.

Pengertian Logo

Logo merupakan salah satu bagian penting yang terdapat pada reklame. Logo adalah simbol, lambang, atau tanda yang mengandung sebuah arti. Pada umumnya logo dijadikan sebuah identitas sebuah perusahaan, lembaga, organisasi atau individu. Pemberian logo bertujuan untuk memudahkan pembaca atau yang melihatnya untuk mengingat atau mengenalnya.

Fungsi logo

Selain tujuan penyematan logo pada suatu produk adalah untuk mempermudah masyarakat mengingat dan mengenalnya. Terdapat fungsi-fungsi logo diantanya sebagai berikut;

Sarana indentifikasi

Sebagai sarana identifikasi, artinya logo merupakan sebuah identitas produk dari sebuah perusahaan atau perorangan dengan tujuan mudah dikenali, mudah diingat masyarakat dan sebagai sebuah ciri khas produk sebuah perusahan atau perorangan.

Saran Informasi, pengendali, pengawas, dan pengontrol

Logo dasarnya merupakan alat informasi sebuah produk perusahaan atau perorangan di tengah masyarakat. Infromasi ini juga merupakan alat pengendali yang pertujuan untuk mempengaruhi pandangan atau pendapat masyarakat tentang sebuah produk.

Misalnya sebuah produk baru jika dijual di tengah masyarakat tanpa adala logo perusahaan yang sudah terjamin mutu dan kualitasnya. Tentu akan kalah saing dengam produk yang memiliki logo perusahaan yang terjamin tersebut.

Disinilah peran logo mengendalikan padangan masyarakat akan sebuah produk tertentu. Selain pengendali, logo juga berperan sebagai pengawas dan pengotrol brand image.

Sarana motivasi presuatif

Logo merupakan salah satu pola komunikasi visual. Pada pola komunikasi visual logo berfungsi sebagai motivator pada konsumen. Misalnya kita sering melihat logo produk pada sampo yang memiliki rambut yang indah.

Secara tidak langsung logo tersebut mengajak para komsumen atau masyarakat untuk memiliki rambut yang indah. Salah satu cara mendapatkan rambut yang indah adalah menggunakan produk sampo tersebut.

Pengutaraan emosi

Selain bertujuan untuk mudah diingat. Fungsi logo juga untuk mengutarakan emosil. Sebagi contoh adalah logo ibu yang menyusui anaknya memiliki arti kasih sayang seorang ibu kepada anaknya.

Promosi dan presentasi

Logo merupakan salah satu media promosi yang bertujuan untuk menyampaikan sebuah informasi. Presentasi atau kehadiran (penampilan) yang menarik perhatian masyarakan secara visual mudah untuk diingat.

Ciri-ciri logo

Sebagi salah satu bagian penting yang ada pada reklame. Logo memiliki beberapa ciri-ciri yang bertujuan untuk mudah dikenali, berikut ini ciri-ciri logo;

  • Sederhana.
  • Mudah diingat.
  • Dapat diaplikasikan diberbagai media.
  • Tahan lama.
  • Sesuai dengan tujuan pembuatan.
  • Memiliki gaya penulisan dan warna yang tepat.

Contoh logo


Nah itu dia sobat, pengertian logo, fungsi logo dan ciri-ciri logo. Jika ada kritik, masukan atau saran silakan tulis di kolom komentar. Jika artikel ini bermanfaat silakan share ke teman-teman yang lain. Jangan lupa subscribe website kami agar update dengan pembahasan-pembahasan terbaru dari kami. Terimakasih.


Baca Juga :

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia kelas 6
Rangkuman Materi PLBJ kelas 6
Rangkuman Materi IPA kelas 6
Rangkuman Materi PKN kelas 6
Rangkuman Materi Matematika kelas 6
Artikel menarik lainnya... .

 

***back to menu***

 

Tentang kami

 

 

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment