uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Mengenal Sifat dan Bagian-bagian Lingkaran

Sobat Cerdik pada materi ini kita akan membahas tentang lingkaran. Lingkaran merupakan bangun datar yang istimewa. Bentuk lingkaran sangat sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Lingkaran adalah sebuah bangun datar dengan lengkung tertutup, antara titik pusat ke lengkung tersebut miliki jarak yang sama.

Sifat-sifat Lingkaran

Berikut ini merupakan sifat-sifat lingkaran :

  • Hanya terdiri dari satu sisi.
  • Tidak mempunyai titik sudut.
  • Besar seluruh sudutnya adalah 360o.
  • Mempunyai titik pusat.
  • Mempunyai jari-jari yang berukuran sama.
  • Memiliki diameter yang berukuran sama.
  • Memiliki simetri lipat yang tidak terhingga
  • Mempunyai simetri putar yang tidak terhingga.

Bagian-bagian lingkaran

Jika kita amati lebih dalam lingkaran memiliki delapan bagian, yaitu

Titik pusat

Titik pusat berada tepat di tengah-tengah lingkaran. Perhatikanlah gambar tersebut! posisi titik “o”  tepat berada di tengah lingkaran.

Diameter

Perhatikan gambar tersebut! Diameter adalah garis lurus yang tepat ada dibagian tengah lingkaran. Diameter menghubungkan dua titik dan melalui titik pusat. Panjang diameter disimbokan dengan “d”.

Jari-jari.

Jari-jari merupakan garis yang menghubungkan antara tititk pusat dan titik yang ada di garis lengkung lingkaran. Panjang jari-jari pada lingkaran ditulis dengan simbol “r”. Panjang jari-jari adalah setengah dari panjang diameter. Dan jika panjang dua jari-jari pada sebuah lingkaran yang sama dijumlah maka akan sama dengan panjang diameter.

Busur

Perhatikan gambar! Busur pada gambar tersebut adalah lengkungan berwarna merah AB. Busur menghubungkan dua titik sembarang pada lingkaran tersebut. Pada sebuah lingkaran busur dibagi menjadi dua jenis, busur besar dan busur kecil.

Busur kecil adalah titik A ke titik B dengan putaran searah jarum jam. Dan busur besar adalah titik B ke titik A dengan putaran searah jarum jam. Namun jika hanya disebut busur lingkaran cukup lengkungan AB berwarna merah.

Tali Busur

Selain busur terdapat tali busur. Tali busur adalah garis lurus yang menghubungkan sisi lengkung lingkaran. Perhatikan gambar tesebut! Perhatikan garis lurus ac pada gambar tersebut.

Juring

Juring adalah daerah yang berada di dalam lingkaran yang dibatasi oleh dua jari-jari dan sebuah busur. Perhatikan gambar tersebut. Juring pada lingkaran tersebut ditunjukan oleh daerah AOB (daerah tersebut dibatasi oleh AO dan OB sebagai jari-jari dan AB sebagai busur)

Tembereng

Tembereng adalah daerah lingkaran yang dibatasi oleh busur dan tali busur. Perhatikan gambar tersebut tembereng pada gambar tersebut adalah AB dan diberi asir merah.

Apotema

Apotema adalah garis yang menghubungkan titik pusat dengan tali busur lingkaran dan garis tegak lurus dengan tali busur. Perhatikan gambar disamping, OD adalah apotema.

Nah itu dia sobat, pembahasan kita sifat dan bagian-bagian pada lingkaran. Jika ada kritik, masukan atau saran silakan tulis di kolom komentar. Jika artikel ini bermanfaat silakan share ke teman-teman yang lain. Jangan lupa subscribe website kami agar update dengan pembahasan-pembahasan terbaru dari kami. Terimakasih.

Baca Juga :

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia kelas 6
Rangkuman Materi PLBJ kelas 6
Rangkuman Materi IPA kelas 6
Rangkuman Materi PKN kelas 6
Rangkuman Materi Matematika kelas 6
Artikel menarik lainnya... .


Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment