uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Cara menghitung volume dan luas permukaan tabung | MTK kelas 6

 

Cara menghitung volume dan luas permukaan tabung | MTK kelas 6

Menghitung volume dan luas permukaan tabung.

Sobat cerdik pada kesempatan hari ini kita akan belajar menghitung volume dan luas permukaan tabung. Tabung adalah salah satu jenis bangun ruang yang sering kita jumpai. Bentuk tabung sering dijadikan media penyimpanan air, seperti drum, ember, toren dan lain-lain.

Menghitung Volume tabung

Tabung memiliki tiga sisi, alas, sisi tegak, dan atap. Alas dan atap berbentuk lingkaran dan sisi tegak berbentuk persegi panjang. Untuk menghitung volume tabung kita perlu mengetahui luas alas. Setelah mengetahui luas alas barulah kita kalikan dengan tinggi (sisi tegak tabung).



Perhatikan gambar berikut!

Cara menghitung volume dan luas permukaan tabung | MTK kelas 6 

Rumus Volume Tabung : Ꙥ x r2 x t   atau  luas alas x tinggi

Langkah-langkah penyelesaian

Perhatikan alas tabung tersebut, pastikan apakah yang diketahui adalah diameter lingkaran atau jari-jari lingkarang. Apabila yang diketahui adalah diameter maka kita harus mengubahnya menjadi jari-jari untuk menghitung luas permukan alasnya.

Perhatikan gambar tersebut! yang diketahui adalah jari-jari. Maka pertama kita harus mencari luas lingkran tersebut dengan menggunakan rumus luas lingkaran yaitu Ꙥr2.

Luas lingkaran = Ꙥr2

Setelah kita mengetahui luas alas, maka kita langsung kerjakan dengan rumus volume tabung. Yaitu luas alas x tinggi. Perhatikan gambar lagi, lihatlah panjang sisi tegak.

Volume tabung = luas alas x tinggi

= 154 x 28

= 4.312 cm3


Menghtung luas permukaan tabung dengan tutup


Cara menghitung volume dan luas permukaan tabung | MTK kelas 6


Tabung merupakan gabungan dari dua jenis bangun datar. Namun jika perhatika jaring-jaring tabung berikut ini, ia terdiri dari tiga buah bangun datar yaitu dua lingkaran sebagai alas dan atap, serta persegi pajang sebagai sisi tegak.

Untuk menghitung luas permukaan, kita harus menghitung luas ketiga bagun datar tersebut. Baiklah, kumpulkan fokus mu dan mari kita berlatih, perhatikan contoh dibawah ini.

 

Langkah-langkah penyelesaian menghitung luas permukaan

Hitunglang luas alas yang berbentuk lingkaran terlebih dahulu.

Luas lingkaran = Ꙥr2

Karena alas dan atap memiliki bentuk yang sama, maka atas tentu memiliki ukuran yang sama. Jadi cukup kita menghitung alas lalu kita kali dua.

= 154 x 2

= 308 cm2 (ini adalah luas alas + luas atas)

Setelah itu kita cari luas sisi tegak. Untuk mencari luas sisi tegak, kita perlu mengetahui keliling lingkaran. Karena alas sisi tegak tersebut merupakan keliling lingkaran pada bagian alas. Maka kita harus mencari keliling alas (lingkaran).

Keliling lingkaran = Ꙥd ( Ꙥ x diameter)

Lihatlah gambar, pada gambar yang diketahui adalah jari-jari, maka kita harus mengubahnya menjadi diameter. Caranya jari-jari ditambah jari-jari atau 2 x jari-jari.

= 2 x 7

= 14 cm (ini adalah diameter)

Lalu kita langsung hitung keliling lingkatan tersebut

Keliling lingkaran = Ꙥ x d

Setelah kita temukan keliling lingkaran, yang akan menjadi sisi panjang pada persegi panjang, maka kita langsung hitung dengan menggunakan rumus luas persegi panjang.

Luas persegi panjang = panjang x lebar

= 44 x 28

= 1.232 cm2 (luas persegi panjang)

Maka jika sudah kita temukan luas persegi panjang, kita langsung jumlah luas alas dan atap di tambah luas sisi tegak (persegi panjang)

= 308 + 1.232

= 1.540 cm2

Maka luas permukaan tabung adalah 1.540 cm2

Nah itu dia sobat, pembahasan kita tentang volume dan luas permukaan tabung. Jika ada kritik, masukan atau saran silakan tulis di kolom komentar. Jika artikel ini bermanfaat silakan share ke teman-teman yang lain. Jangan lupa subscribe website kami agar update dengan pembahasan-pembahasan terbaru dari kami. Terimakasih.

Baca Juga :

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia kelas 6
Rangkuman Materi PLBJ kelas 6
Rangkuman Materi IPA kelas 6
Rangkuman Materi PKN kelas 6
Rangkuman Materi Matematika kelas 6
Artikel menarik lainnya... .

 

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

2 comments

  1. Terima kasih atas artikel nya pak guru :D jadi nginget mat pel lagi :D jangan lupa untuk kunjungi blog saya www.dewaagungwisnu.com. Teirma kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama :) semoga dapat sering berkunjung di website kami...

      Delete
silakan beri komentar positif, saran yang membangun dan supportnya