uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Pengertian dan Petunjuk pengisian formulir | Bahasa Indonesia Kelas 6 - KD 3.6

Pengertian dan Petunjuk pengisian formulir | Bahasa Indonesia Kelas 6 - KD 3.6

Pengertian Formulir

Halo Sobat Cerdik, Apa kabar hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan sehat selalu. Sobat Cerdik pada artikel ini kita akan mempelajari tentang formulir. Dengan tema mengenal formulir (Muatan Bahasa Indonesia KD 3.6)

Tentu kita pernah melihat dan mengisi formulir. Misalnya formulir pendaftaran untuk mengikuti sebuah kegiatan yang diadakan sekolah. Namun apakah kita tahu apa arti dari formulir?Formulir berasa dari bahasa Belanda yaitu formulier yang memiliki arti sebuah kertas yang berisi pertanyaan-pertanyaan formal yang harus diisi. Dalam KKBI (Kamus besar bahasa Indonesia) Formulir berarti sebuah lembar isian atau surat isian yang harus diserahkan kebagian pendafataran.

Jadi, formulir adalah lembar yang berisi data diri (nama lengkap, tempat tanggal lahir, umur, kelas, alamat, hobi) dan data lainnya sesuai dengan tujuan formulir itu dibuat.

Misalnya formulir pendaftaran program ekstrakurikuler yang ada di sekolah. Maka point-point yang ada pada formulir tersebut selain data diri, maka akan memuat data-data yang berkaitan dengan program ekstrakurikuler yang dipilih.

Formulir pendaftaran siswa baru


Formulir pendafatran ekstrakurikuler

Petunjuk pengisian formulir

Formulir bertujuan untuk mengetahui data-data orang yang mengisi formulir tersebut. Dalam proses pengisian formulir tentu memiliki petujuk pengisian. Biasanya saat kita mengisi formulir kita akan dibantu oleh petugas yang memberikan formulir tersebut. Namun bila formulir tersebut harus diisi dengan mandiri maka terdapat petunjuk pengisian formulir tersebut.

Berikut ini contoh-contoh petunjuk pengisian formulir.

  • Isilah dengan pulpen tinta berwana hitam.
  • Lembar formulir tidak boleh rusak, robek, atau kusut.
  • Isilah formulir dengan menggunakan huruf kapital.
  • Isilah identitas diri dengan sebenar-benarnya.
  • Bubuhkan tanda tangan pada bagian kanan bawah.
Materi Bahasa Indonesia 3.6 Fomulir

Fungsi formulir

Formulir berfungsi untuk pengisian data berbagai kepentingan misalnya data untuk pendaftaran anggota, pendaftaran lomba, peminjaman bantuan dana dan lain sebagainya.

Tujuan formulir

Formulir dibuat tentu untuk sebuah tujuan, berikut ini adalah beberapa tujuan pembuatan formulir;

  • Penyeragaman pendataan.
  • Mempermudah penggolongan data.
  • Mempermudah pemberkasan dalam sistem ataupun tempat.
  • Kemudahan prosedur dan tata kerja.
  • Sebagai alat instruksi kerja.
  • Sebagai alat perencanaan.
  • Sebagai alat kontrol dan evaluasi.

Jenis formulir

Terdapat berbagai jenis formulir yang pernah kita lihat atau pernah kita mengisinya. Namun berdasarkan fungsi dan kepentingan formulir dibagi menjadi beberapa jenis yaitu;

  • Formulir tabungan.
  • Formulir permohonan KTP, SIM dan lainnya.
  • Formulir keanggotaan.
  • Formulir pendaftaran.
  • Wesel dan kartu pos.
  • Daftar riwayah hidup.

Pengisian formulir

Selain kita harus memperhatikan petunjuk dalam pengisian formulir. Ada beberapa hal lagi yang harus diperhatikan saat kita mengisi sebuah formulir. Beberapa hal ini bertujuan agar formulir dapat digunakan sesuai dengan tujuannya. Beberapa hal tersebut adalah;

  • Menulis data dengan benar, sesuai dengan fakta.
  • Menulis dengan tulisan yang dapat dibaca. (kadang sebuah formulir diminta untuk menggunakan huruf kapital)
  • Hidari coretan agar data pada formulir tidak diragukan kebenarannya.

Bagian-bagian formulir

Pada saat kita mengisi formulir, pada umumnya terdapat tiga bagian dalam formulir. Bagian-bagian ini terdiri dari bagian kepala, bagian tubuh dan bagian kaki.

Bagian kepala formulir

Bagian kepala atau yang sering disebut dengan kop. Umumnya pada bagian ini terdapat logo instansi, lembaga atau organisasi yang membuat fomulir tersebut. Selain itu juga terdapat nama dan alamat instansi, lembaga atau organisasi yang membuat formulir. Pada bagian ini juga terdapat nama atau jenis formulir dan nomor surat sebagai bukti sah formulir.

Bagian tubuh fomulir

Pada bagian tubuh formulir berisikan data-data yang bertujuan untuk mengetahui atau mendapatkan informasi dari orang yang mengisi formulir. Pada bagian ini juga merupakan inti dari tujuan formulir. Terdapat pertanyaan-pertanyaan yang harus diisi dengan benar dan jelas. Kadang terdapat petunjuk pengisian di sisi kanan, kiri atau setelah pertanyaan untuk mempermudah pengisian.

Bagian kaki formulir

Selain pada bagian tubuh, petunjuk pengisian biasa juga terdapat pada kaki formulir. Oleh sebab itu sebelum melakukan pengisian formulir, kita harus amati dan perhatikan betul apakan terdapat petunjuk pengisian formulir atau tidak. Dibagian ini juga pada umumnya orang yang mengisi formulir harus menyertakan tanda tangannya sebagai bukti formulir tersebut diisi dengan data yang benar oleh pengisi formulir.

Daftar riwayat hidup

Daftar riwayat hidup atau yang sering disebut sebagai curriculum vitae yang sering disingkat CV. CV merupakan salah satu bentuk fomulir yang berisikan tentang identitas diri secara detail. Dimulai data yang umum ditanyakan sampai riwayat pendidikan dan pengalaman kerja.

Dokumen ini memberikan gambaran mengenaik pengalaman seseorang dan kualifikasi lainnya yang ingin diketahui. Daftar riwayat hidup juga digunakan untuk menyaring orang-orang yang melamar pekerjaan. 

Nah itu dia sobat, pembahasan kita tentang formulir. Jika ada kritik, masukan atau saran silakan tulis di kolom komentar. Jika artikel ini bermanfaat silakan share ke teman-teman yang lain. Jangan lupa subscribe website kami agar update dengan pembahasan-pembahasan terbaru dari kami. Terimakasih.

Baca Juga :

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia kelas 6
Rangkuman Materi PLBJ kelas 6
Rangkuman Materi IPA kelas 6
Rangkuman Materi PKN kelas 6
Rangkuman Materi Matematika kelas 6
Artikel menarik lainnya... .

 

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment