uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Tema 5 Kelas 6 SD Manfaat keberagaman wirausaha dan sikap wirausahawan

 

Tema 5 kelas 6 SD Manfaat keberagaman wirausaha dan sikap wirausahawan

Halo sobat cerdik pada kabar hari ini?, masih tetap semangat belajarnya ya. Pada hari ini kalian akan belajar manfaat keberagaman wirausaha yang ada di sekitar kita. Namun sebelum membaca artikel ini. Ada beberapa kamus kecil bahasa ekonomi yang perlu kalian catat.

  • produsen = orang yang menghasilkan barang atau jasa.
  • produksi = proses menghasilkan barang atau jasa.
  • distribusi = proses pengiriman barang atau jasa dari produsen ke konsumen.
  • distributor = orang yang menjadi perantara antara produsen ke komsumen.
  • konsumsi = proses penggunaan barang atau jasa.
  • konsumen = orang yang menggunakan barang atau jasa.

Wirausaha

Wirausaha adalah kegiatan ekonomi yang didirikan oleh seseorang dengan modal dan kemampuan yang dimiliki. Kegiatan wirausaha menghasilkan beragam kebutuhan masyarakat. Ada kegiatan yang menghasilkan barang ada juga yang menghasilkan jasa.

Kegiatan yang menghasilkan barang diantaranya pertanian, perternakan, pengrajin, penjual kue, seniman. Sementara kegiatan wirausaha yang menghasilkan jasa adalah tukang cukur, dokter, guru, kasir dan lain-lain.

Keberagaman wirausaha

Wirausaha adalah orang yang pandai atau berbakat untuk mengenalkan produk baru, atau menentukan cara produksi, dan membuat produk baru. Banyak orang yang beranggapan bahawa wirausaha hanya berdagang barang saja. Namun kegiatan wirausaha meliputi perdagangan dan penggunaan jasa.

Seorang yang berwirausaha membutuhkan modal. Modal dalam bentuk material (dana, uang, barang) dan modal moril (sikap, percaya diri, kreatif, inovatif).

Banyak sekali kegiatan wirausaha yang ada di sekitar kita. Berikut ini adalah beberapa contoh kegiatan wirausaha yang ada di sekitar kita.

Pertanian

Indonesia sebagai salah satu negara agraria memiliki jumlah penduduk yang mayoritas berprofesi sebagai petani. Selain kesuburan tanah yang dimiliki oleh Indonesia, faktor cuaca juga sangat mempengaruhi. Indonesia hanya memiliki dua musim yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Dalam kedua musim tersebut banyak masyarakat memanfaatkan lahannya untuk lahan pertanian.

Beberapa daerah yang terkenal sebagai lumbung padi di Indonesia adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Sulawesi Selatan. Hasil panen para petani di daerah tersebut sangat mempengaruhi harga dan ketersediaan stok beras di daerah-daerah lain.

Namun seiring perkembangan zaman, pertanian sebagai salah satu kegiatan wirausaha jarang diminati. Padahal jika kita ingin lebih cermat, semua yang kita nikmati hari ini tidak dapat lepas dari campur tangan pada petani.

Perikanan

Selain menjadi negara agraris, Indonesia juga merupakan salah satu negara maritim terbesar di dunia. Hasil-hasil laut Indonesia banyak di ekspor ke luar negeri. Beberapa yang lain terkenal adalah rajungan, ikan tuna.

Perdagangan

Kegiatan perdagangan memegang peran penting dalam kemajuan ekonomi suatu wilayah, demikian pula dengan Indonesia. Indonesia yang memiliki letak yang sangat strategis dalam jalur perdangan ini. Sudah sangat lama memanfaatkan perdangan sebagai salah satu kegiatan wirausaha.

Perkembangan zaman mendorong dunia perdagangan menjadi lebih moderen. Selain munculnya pasar-pasar moderen dan waralaba yang sangat menjamur seperti alfa mart, indomart, circle k, dan lain-lain. Dunia perdagangan kini sudah berbasis virtual.

Banyak sekali toko-toko online yang siap bersiang menawarkan barang yang beraneka ragam. Namun kemajuan ini membawa dapat negatif yang sangat terasa. Munculnya sikap komsumtif dan senang berbelanja menurunkan daya cipta dan kreasi kita.

Industri

Selain tiga hal yang tersebut, salah satu bentuk wirausaha yang banyak di sekitar kita adalah sektor industri. Industri adalah kegiatan memproses atau mengolah barang dengan menggunakan sarana dan peralatan.

Di sekitar kita terdapat berbagai jenis industri dimulai dari industri rumah tangga, industri kecil, industri menengah dan industri besar yang memiliki pabrik-pabriknya. Contoh industri rumah tangga adalah industri pakaian batik.

Sementara yang termasuk industri sedang adalah industri kuliner. Industri ini menyajikan berbagai jenis makanan khas dari makanan tradisional hingga makanan mancanegara.

Manfaat keberagaman wirausaha

Selain tujuan keuntungan ekonomi wirausaha memiliki beberapa manfaat untuk kita diantaranya;

  • Memenuhi kebutuhan manusia yang sangat beragam jenisnya.
  • Meningkatkan kesejahtraan masyarakat sekitar tempat wirausaha.
  • Menciptakan invoasi baru yang bermanfaat.
  • Membantu pembangunan nasional dalam bidang ekonomi.
  • Mengurangi pengangguran.
  • Meningkatkan pesatuan dan kesatuan serta menumbukan kerjasama antara pemilik dan warga sekitar.

Sikap pemiliki wirausaha

Dalam menjalankan usaha, seorang wirausaha dituntut memiliki beberapa sikap tertentu. Dengan sikap-sikap tersebut, wirausahawan dapat bertahan atau mengembangkan usahanya ditengah persaingan yang terjadi di dunia usaha. Berikut ini beberapa sikap yang harus dimiliki oleh pemilik wirausaha;

  • Menghasilkan barang yang memenuhi persyaratan perdagangan.
  • Terus menjaga dan meningkatkan kualitas barang.
  • Melakukan pengemasan barang yang unik hingga mudah diingat oleh konsumen.
  • Terus melakukan inovasi sesuai dengan kemajuan zaman.
  • Menjaga lingkungan dan kelestarian sumber daya alam sebagai bahan baku.
  • Memberdayakan masyarakat sekitar (membuka lapangan pekerjaan).
  • Tidak membuang limbah sisi produksi sembarangan.

Nah itu dia sobat, pembahasan kita tentang keberagaman wirausaha di sekitar kita, manfaat keberagaman wirausaha dan sikap yang harus dimiliki oleh wirausahawan. Jika ada kritik, masukan atau saran silakan tulis di kolom komentar. Jika artikel ini bermanfaat silakan share ke teman-teman yang lain. Jangan lupa subscribe website kami agar update dengan pembahasan-pembahasan terbaru dari kami dan mendukung web ini terus berkembang. Terimakasih.

Baca Juga :

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia kelas 6
Rangkuman Materi PLBJ kelas 6
Rangkuman Materi IPA kelas 6
Rangkuman Materi PKN kelas 6
Rangkuman Materi Matematika kelas 6
Artikel menarik lainnya... .

 

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment