uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

KESENIAN TRADISIONAL DAERAH BETAWI GAMBANG KROMONG

KESENIAN TRADISIONAL DAERAH BETAWI GAMBANG KROMONG

DISUSUN OLEH Az Zahra Ailia Rahma (X-3/07) Citra Indi Lestari (X-3/08) Muhammad Nur Havis (X-3/20) Nabila Yustia Nursalma (X-3/21) Sarah Amelia (X-3/30) Yuda Zulkarnain (X-3/35). SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 9 JAKARTA

Latar Belakang 

Kesenian adalah salah satu bagian dari kebudayaan yang dikagumi karena keunikan dan keindahannya. Kesenian merupakan hasil karya seni manusia yang mengungkapkan keindahan serta merupakan ekpresi jiwa dan budaya penciptanya.Kesenian merupakan bagian dari budaya dan sarana yang digunakan untukmengekpresikan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia1 . Seni pertunjukan tersebar di berbagai wilayah tidak hanya di Indonesia, tetapi di berbagai negara di dunia. 

Di Indonesia tepatnya Pulau Jawa memiliki banyak kesenian daerah dari setiap provinsinya. Di provinsi DKI Jakarta di kenal kesenian tradisional daerah yang bernama gambang kromong. Kesenian gambang kromong ini sendiri telah lama hidup dan berkembang di tanah Indonesia dan bersifat turun-menurun dari generasi ke generasi yang hingga saat ini masih dijaga dan dilestarikan keberadaannya oleh masyarakat. 

Metode Penelitian

Bogdan dan Taylor (1975, h.5) mendefinisikan metodologi kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Menurut mereka, pendekatan ini diarahkan latar dan individu tersebut secara holistik (utuh), dalam hal ini tidak boleh mengisolasikan individu atau organisasi ke dalam variabel atau hipotesis, tetapi perlu memandangnya sebagai bagian dari sesuatu keutuhan. Jadi, penelitian kualitatif adalah penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Hasil dari metode ini adalah data yang sifatnya narasi dan bukan angka. 

Kajian tentang definisi-definisi tersebut dapatlah disintesiskan bahwa penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dll., secara holistik, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu 8 konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. (dalam Moleong, 2002, h.4-6).

Diantara alasan pengambilan metode ini adalah karena makalah ini bersifat diskusi penelitian kualitatif dapat dengan mudah membantu peneliti untuk menggali informasi yang lebih dalam terkait suatu topik penelitian yang nantinya informasi yang didapatkan dapat digunakan untuk menentukan tujuan penelitian. 



kontributor : Az Zahra Ailia Rahma


Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment