uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

PERJALANAN AWAL DALAM PELATIHAN GURU PENGGERAK

"CATATAN HARIAN GURU PENGGERAK #2"

Sebelum mebahas langkah pertama menuju GP (guru penggerak) akhirnya terjawab mengapa tidak ada PPGP di provinsi DKI Jakarta. Jadi sebenarnya PPGP yang berasal dari DKI Jakarta digabung dengan provinsi D.I.Y. Hal tersebut karena perbedaan kebijakan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Agar terpenuhi kuota GP di DKI Jakarta maka program tersebut digabung. Nah, itu pertanyaan yang akhirnya saya temukan sendiri jawabanya hehehe. Oke, back to topic

Langkah pertama menuju GP

Setelah melalui serangkaian test, hal yang selanjutnya bisa kita lakukan adalah menunggu. Menunggu hasil dari tes microteaching dan wawancara. Pengumuman ini cukup memakan waktu yang panjang jadi kita tidak perlu setiap hari cek web. Cukup tunggu keramaian muncul di group WhatsApp.

Setelah pengumuman tiba maka hal yang perlu kita siapkan adalah kesiagaan. Siap siaga mendapat berita dadakan, last minute yang harus segera diselesaikan. Ingat ketika kita mendaftar program GP maka berarti secara tidak langsung kita telah bersedia akan hal itu.

Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui setelah pengumuan hasil seleksi. Harus mulai mencari teman seperjuangan hingga informasi terkini. Maka untuk menjaring hal itu agar tidak terlewat kita harus membuat wadah komunikasi. Untungnya teknologi menghendaki hal ini. Kita bisa dengan mudah membuat group WhatsApp.

Membuat group WhatsApp

Membuat group menjadi salah satu opsi yang paling realistis dan efektif. Mengingat kita sering tergempur rasa malas dan sibuk, maka kadang kita miss informasi terbaru. Group WhatsApp dibutuhkan untuk saling mengabarkan dan mengingatkan antara satu dengan yang lainnya.

Oiya group WhatsApp sering dibuat dua ya. Ada yang formal ada yang informal, jangan sampai kita Cuma masuk di groups formal dan kaku ya gaes. Bisanya group formal diisi oleh orang dinas atau fasilitator atau instruktur.

Sementara informasi, banyak beredar di group non resmis atau informal. Group ini bisa dibuat lintas kelompok hingga lintas kota atau provisinsi. Semakin luas dan semakin banyak penghuni group maka akan memperkaya informasi. Hal yang perlu diperhatikan jika kamu sudah bergabung di group besar adalah budaya membaca. Jangan sampai melakukan pembahasan dua kali atau lebih. Itu sangat membosankan. Dari group WhatsApp kita akan mendapatkan informasi tentang pembukaan.

Persiapan pembukaan

Pada angkatan 7 pembukaan dilaksanakan secara dari oleh menteri pendidikan Nadiem Makarim. Hal yang perlu kalian siapkan adalah quota pulsa. Biasakan modal ya, jangan numpang wifi sekolah atau kelurahan agar signal stabil dan yang disampaikan dapat ditangkap dengan tepat sesuai dengan arahan.

Ketika pembukaan dilaksanakan hal yang perlu kita lakukan adalah membuat catatan kecil. Mengapa tidak catatan semua materi?. Jika kita sibuk mencatat, kita tidak akan fokus pada hal yang disampaikan. Dan mungkin akan menghasilkan miss informasi.

Seletah pembukaan maka kita akan memasuki fasi lokakarya orientasi ke nol.

Lokakarya orientasi

Hal yang perlu dilakukan untuk kegiatan lokakarya orientasi adalah fisik. Jaga kesehantan dengan baik jangan sampai tumbang di awal. Selain itu dalam kegitan ini kita diharuskan didampingi oleh pengawas dan kepala sekolah.

Untuk pakaian sepatu serta alat-alat yang dibawa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama mengenai pakaian dan sepatu kenakan pakaian formal yang kami miliki. Bisa baju kemeja atau batik. Untuk celana kenakan celana yang nyaman dan formal ya.

Selain tentang pakain kamu juga bisa membawa alat tulis seperti buku, pulpen, dan tipe-x. Pada lokakarya orientasi angkatan 7, alat tulis disediakan para peserta. Wajarlah ya, masa pelatihan gak bawa alat tulis, sama aja mau perang gak pake senjata. Peserta hanya dipinjamkan spidol warna-warni.

Jika ada teman angkatan 5 yang berkata lokakarya orientasi dilakukan di hotel, hal itu memang benar. Namun peraturan sekarang, terkait pelaksanaan kegiatan dilarang dilaksanakan di hotel dan sejenisnya.

Satu hal yang harus diingat adalah jangan lupa bawa air tambahan dan datang tepat waktu. Setelah kita bahas persiapan pelaksanaan lokakarya orientasi maka selanjutnya adalah kegiatan lokakarya orientasi itu sendiri.

Kegiatan lokakarya orientasi

Kegiatan ini akan dilaksanakan secara massal melibatkan banyak orang. Kegiatan ini dimulai dengan pembukaan dari para pemangku kebijakan terkait. Dari mulai laporan kepesertaan yang mengikuti hingga motivasi agar tetap mengikuti program GP hingga akhir. Setelah kegiatan massal terlaksana maka kita akan dipecah menjadi kelas-kelas yang lebih kecil.

Dalam satu kelas terdiri dari dua kelompok yang tiap anggotanya sangat beragaman. Keragaman ini terdiri dari asal sekolah yang berbeda, jenjang sekolah yang berbeda, hingga budaya dan karakter peserta yang jelas berbeda.

Kegiatan kelas  didamping oleh pengajar praktik (PP), kepala sekolah (KS), dan pengawas sekolah (PS). Pada kegiatan ini kita dibuat dan diminta untuk berkolaborasi dan mengelaborasikan diri bersama KS dan PS serta seluruh teman-teman peserta.

Banyak games menarik yang menumbuhkan kesadaran dan kepekaan diri. Kita juga diminta untuk merancang sebuah harapan. Dari harapan yang terdekat hingga harapan yang terjauh. Kita juga diminta miliki jiwa solutif, tidak mudah menyerah, dan mimiliki jiwa kepemimpinan. Baik kepemimpinan kepada  para siswa maupun kepemimpinan kepada rekan sejawat.

Pada kesempatan ini juga kita diminta melakukan pemetaan potensi. Mulai dari potensi diri, potensi teman sejawat, hingga potensi lingkungan. Kesemuanya harus kita lihat dengan cermat. Setelah kita mengetahui potensi maka kita diminta meramu potensi-potensi itu menjadi sebuah potensi bersama. Pada point ini jiwa kepemimpinan yang memiliki visi dan misi diasah dengan baik. Dan semua itu harus dituangkan pada sebuah lembar kerja yang akan dibagikan oleh pengajar praktik.

Belajar mandiri

Setelah lokakarya orientasi kita diminta untuk istiqomah dalam melaksanakan belajar mandiri. Pada tahapan belajar mandiri kita diminta mengerjakan tugas dan membaca materi serta merenungkan capaian diri pada LMS. Kita akan dipandu oleh admin LMS dan PP.

Nah, posisi saya sekarang adalah belajar mandiri. Mohon do’anya agar saya dapat istiqomah dalam menjalani belajar mandiri.

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment