uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

IPA Kelas 5 SD Tema 1 Sistem Gerak Manusia Hewan



Halo sobat cer-dik.com, pada kesempatan hari ini kita akan membahas sistem gerak pada manusia dan hewan. Apa yang dimaksud dengan sistem gerak, apa saja yang dimaksud dengan organ gerak ? dan apa saja fungsi organ gerak tersebut? Yuk, untuk lebih lengkapnya simak artikel berikut ini.

Organ gerak

Bergerak merupakan salah satu ciri dari makhluk hidup. Bergerak adalah berubah posisi atau berpindah tempat bagi seluruh tubuh atau Sebagian. Sebuah makluk hidup bergerak berdasarkan rangsangan (pancingan) dari lingkungannya.

Pada manusia dan hewan, organ gerak tersusun dalam sistem gerak. Organ-organ gerak ini berfungsi untuk bergerak, berjalan, berlari, melompat dan lainnya. Pada manusia dan hewan ada beberapa organ yang memiliki kesamaan.

Organ gerak pada manusia dan hewan terdiri dari organ gerak aktif dan organ gerak pasif. Organ aktif yaitu otot dan organ gerak pasif yaitu tulang. Kerjasama antara kedua organ gerak tersebut (organ gerak aktif dan pasif) disebut sistem gerak.

Baca Juga :


Tulang disebut organ gerak pasif karena tulang tidak dapat bergerak dengan sendiri. Jika tidak ada organ gerak aktif yang mempengaruhi tulang maka tulang akan tetap diam. Fungsi tulang adalah untuk menopang tubuh.

Otot disebut organ gerak aktif disebabkan otot mempunyai campuran senyawa kimia yang memuat otot dapat bergerak. Ketika otot menempel di tulang, maka tulang akan dapat bergerak.

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment