uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Menentukan isi dalam teks bacaan - Bahasa Indonesia

 

Menentukan isi dalam teks bacaan

Sobat cer-dik.com pada kesempatan hari ini kita membahas bagaimana cara menentukan isi teks bacaan, kalimat utama dan kalimat penjelas. Selain itu kita juga akan mempelajari bagaimana cara menemukan ide pokok dalam sebuah paragraf. Penasaran, yuk simak artikel ini dengan seksama.

Teks bacaan adalah sebuah teks yang terdiri dari beberapa paragraf. Dalam paragraf tersebut terdapat satu kalimat utama dan selebihnya adalah kalimat penjelas. Apa yang dimaksud dengan kalimat utama dan kalimat penjelas? Yuk, simak selanjutnya.

Kalimat utama dalam sebuah paragraf adalah sebuah kalimat yang memuat ide pokok (gagasan utama) pada suatu paragraf. Dalam sebuah paragraf pada umumnya hanya terdapat satu kalimat utama. Kalimat utama dalam sebuah paragraf dapat berada di awal, di tengah, atau diakhir. Namun pada umumnya kita menemukan kalimat utama pada awal paragraf. Kalimat utama yang terletak di awal paragraf disebut paragraf deduktif. Sementara kalimat utama yang terletak di akhir paragraf disebut kalimat induktif.

Ciri sebuah kalimat adalah kalimat tersebut dijelaskan oleh kalimat-kalimat penjelas. Artinya kalimat kalimat utama memiliki keterkaitan dengan kalimat penjelas. Kalimat penjelas adalah kalimat yang menjelaskan maksud kalimat utama secara lebih rinci. Kalimat penjelas berisi informasi-informasi penunjang untuk memperkuat atau menjabarkan kalimat utama.

Cara menentukan kalimat utama

Untuk menentukan sebuah kalimat adalah kalimat utama ada beberapa langkah praktis yang dapat kita lakukan. Berikut ini langkah-langkah tersebut:

  1. Membaca kalimat-kalimat yang terdapat pada paragraf tersebut secara seksama.
  2. Mengulang dan mengamati kalimat pertama dan kalimat terakhir pada paragraf tersebut. cermati keterbuhungan anatar kalimat paling awal dan akhir dengan kalimat-kalimat yang lain.
  3. Kamu bisa menentukan ide pokok (gagasan utama) pada kalimat-kalimat tersebut. Kalimat mengandung ide pokok yang akan menjadi pembahasan dalam sebuah paragraf.

Nah, itu dia beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menentukan kalimat utama. Lalu bagaimana cara menentukan kalimat penjelas? Yuk, simak sampai tuntas.

Cara menentukan kalimat penjelas

Kalimat penjelas adalah beberapa kalimat yang menjelaskan kalimat utama, fungsinya adalah menyampaikan informasi dengan lebih detail (rinci). Kalimat penjelas dalam sebuah paragraf akan mengandung (berisikan) gagasan penjelas (gagasan pendukung). Maka nama lain dari kalimat penjelas adalah kalimat pendukung.

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menentukan sebuah kalimat adalah kalimat pendukung, diantaranya;

  1. Membaca kalimat-kalimat yang terdapat pada teks paragraf secara cermat.
  2. Perhatikan kalimat utama yang terdapat pada paragraf tersebut.
  3. Kalimat penjelas berupakan sebuah kalimat yang berisikan informasi yang berkaitan dengan kalimat utama.
  4. Kalimat yang tidak memiliki keterkaitan (tidak berhubungan atau tidak nyanmbung) dengan kalimat utama, maka kalimat tersebut bukan termasuk kalimat penjelas.

Yang perlu diperhatikan dalam menentukan kalimat penjelas adalah kalimat penjelas harus membuat paragraf atau tek bacaan menjadi masuk akal (logis), padu dan berhunbungan (kohere).

Cara mencari ide pokok dalam sebuah paragraf

Ide pokok dapat disebut juga gagasan utama atau gagasan pokok. Ide pokok adalah masalah utama yang dibahas atau diungkapkan dalam sebuah bacaan. Ide pokok menjadi topik bahasan dalam sebuah bacaan. Ide pokok dapat terletak diawal paragraf (deduktif), di akhir paragraf (induktif).

Cara menjawab pertanyaan dengan kata tanya bagaimana dan mengapa

1.       Kata tanya bagaimana

Fungsi kata tanya bagaima adalah menanyakan proses, cara, atau penjelasan suatu permasalahan. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka kita harus penjelaskan atau menguraikan pokok permasalahan yang ditanyakan.

2.       Kata tanya mengapa

Kata tanya mengapa  adalah kata tanya yang bertujuan menanyakan alasan atau sebab akibar timbulnya sebuah permasalahan, kejadian atau peristiwa dalam sebuah bacaan. Untuk mengemukakan sebuah alasan atau untuk menjawab pernyaataan mengapa, maka kita harus memulai jawaban dengan menggunakan kata “karena”.

Menentukan simpulan paragraf

Kesimpulan adalh sebuah inti sari atau pokok dari sebuah paragraf. Untuk dapat menyimpulkan sebuah teks bacaan kamu harus membaca teks tersebut secara menyeluruh secara seksama. Atau ketika kamu menyimak sebuah pembicaraan atau mendengarkan sebuah topik permasalahan kamu harus mendengarkan dari awalh hingga akhir.

Untuk mencari kesimpulan yang tepat maka sebuah harus diperhatikan dengan seksama dari awal hingga akhir. Jika ada bagian yang terlewat dan bagian itu adalah bagian tersebut adalah bagian yang penting maka akan mempengaruhi kita dalam menarik simpulan teks atau pembicaraan tersebut.

Berikut ini beberapa langkah yang dapat kita lakukan dalam menyimpulkan teks bacaan;

  1. Membaca teks bacaan secara keseluruhan dan dengan seksama.
  2. Tentukan ide pokok paragraf dalam teks bacaan tersebut.
  3. Buatlah simpulan paragraf berdasakan ide pokok paragraph.

Cara menentukan pernyataan sesuai isi paragaraf

Pernyataan adalah sebuah pemberitahuan atau maklumat. Dalam sebuah paragraf pernyataan dapat berupa informasi yang disampaikan oleh penulis. Ada cara mudah untuk menentukan pernyataan sesuai isi paragraf yaitu memahami semua informasi yang terdapat pada paragraf tersebut.

Pernyataan yang sesuai denga nisi paragraf dapat dilakukan dengan melakukan parafrase atau membahasakan ulang kalimat-kalimat pada paragraf. Dan dalam membahasakan ulang tersebut kalimat yang kita buat tidak boleh melenceng dari ide pokok yang dibahas.

Nah sobat cer-dik.com ini pembahasan kita pada atikel ini yaitu menentukan isi teks dengan sub bahasan menentukan kalimat utama, menentukan kalimat penjelas, mencari ide pokok, menjawab pertanyaan, menentukan simpulan dan membuat pertanyaan yang sesuai teks bacaan.

Baca Juga :

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia kelas 6
Rangkuman Materi PLBJ kelas 6
Rangkuman Materi IPA kelas 6
Rangkuman Materi PKN kelas 6
Rangkuman Materi Matematika kelas 6
Artikel menarik lainnya... .

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment