uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia.


Badan usah penyelidikan usaha-usaha persiapan kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pertama kami didirikan pada tanggal 1 maret 1945. Tujuan didirikan BPUPKI adalah mempelajari dan menyelidiki hal-hal yang dibutuhkan dalam membentuk negara Indonesia meredeka. Diketua oleh W.R. Rajiman dan wakil ketua R.P Suroso.

Sidang BPUPKI pertama kali dilaksanakan pada tanggal 29 Mei – 1 Juni 1945. Kemudia diadakan sidang kedua pada tanggal 10 – 16 Juli 1945. Ada tiga tokoh yang mengusulkan rancangan dasara negara yaitu Moh. Yamin, Soepomo dan Soekarno. Selain sidang BPUPKI terdapat panitia sembilan yang terdiri dari sembilan orang. Panitia sembila berhasil merumuskan piagam Jakarta.

Setelah BPUPKI dibentuklah PPKI pada tanggal 7 agustus 1945. PPKI diketuai oleh Soekarno dan wakil ketua Moh. Hatta. Dengan tugas menetapkan dan mengesahkan rancangan dasar negara yang telah dibuat oleh BPUPKI.

Peristiwa rengasdengklok

Soekarno dan Moh. Hatta “diculik” oleh golongan muda yang mendengar berita kekalahan jepang yang sedang perang melawan sekutu. Mereak dibawa ke rengasdengklok. Tujuan “penculikan” tersebut adalah mengjauhkan ketua tokoh tersebut dari pengaruh jepang. Sehingga mau memproklamasikan kemerdekaan Indonesia secepat mungkin.

Penyusunan naskah proklamasi

Penyusunan naskah proklamasi dilakukan oleh Soekarno, Moh. Hatta dan Ahmad Soebardjo. Naskah tersebut disusun di rumah Laksamana Tadashi Maeda di Jakarta. Kalimat pertama naskah proklamasi diusulkan oleh Ahmad Soebardjo, sementara kalimat kedua diusulkan oleh Moh. Hatta.

Naskah proklamasi ditulis Soekarno di secarik kertas kemudia diketik ulang oleh Sayuti Melik. Naskah proklamsi ditanda tangani oleh soekarno dan Moh. Hatta.

Detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia

Proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan di jalan pegangsaan Timur No 56 Jakarta pada hari jumat 17 Agustus 1945 pukul 10.30. Pembacaan teks proklamsi dilakukan oleh Soekarno dan didampingi oleh Moh. Hatta serta pada tokoh nasional.

Setelah teks proklamasi dibacakan diadakan pengibaran bendera merah putih. Berita tentang kemerdekaan Indonesia tersebar keseluruh Indonesia dalam waktu singkat.

Upaya mempertahankan kemerdekaan

Perjuangan fisik dalam mempertahankan kemerdekaan terdiri dari serangkaian peristiwa yaitu, pertempuran lima hari di Semarang, pertempuran medan Area, pertempuran Bandung lautan api, pertempuran Ambarawa, pertempuran 10 November di Surabaya.

Perjuangan diplomasi dalam mempertahankan kemerdekaan antara lain perjanjian linggarjati, perjanjian renville, perjanjian roem-royen, konferensi meja bundar.

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment