uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Mengisi kemerdekaan Indonesia dengan perilaku positif - PKN kelas 6

Mengisi kemerdekaan Indonesia dengan perilaku positif - PKN kelas 6
Mengisi kemerdekaan Indonesia 

Mengisi kemerdekaan Indonesia dengan perilaku positif adalah sebuah keharusan. Kemerdekan yang telah diraih Indonesia adalah hasil perjuangan para pahlawan. Sekarang tugas bangsa Indonesia adalah mengisi kemerdekaan untuk meraih kehidupan yang sejahtra.

Mengisi kemerdekaan dalam dilakukan dalam banyak bidang. Salah satunya adalah bidang sosial. Mengisi kemerdekaan dalam bidang sosial bertujuan untuk mengeratkan persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia. Karena dengan persatuan dan kesatuan tersebut bangsa Indonesia dapat meraih kemerdekaan secara mandiri.

Mengisi kemerdekaan dalam bidang sosial juga mengingatkan kita bahwa persatuan dan kesatuan Indonesia terdiri dari beragam suku, agama, bangsa dan status sosial yang berbeda. Semua perbedaan tersebyt tidak menghalangi mereka untuk bekerjasama dalam upaya merebut kemerdekaan. Semua rakyat Indonesia Bersatu demi terwujudnya kemerdekaan Indonesia.

Upaya mengisi kemerdekaan Indonesia dengan perilaku positif

  • cara mengisi kemerdekaan Indonesia diantaranya sebagai berikut ;
  • Menghormati orang yang sedang beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya.
  • Saling menghormati antara sesame.
  • Toleransi dalam keragaman sosial.
  • Tidak membeda-bedakan agama, suku, dan budaya.
  • Menjaga kebersamaan dan persatuaan dimana saja.
  • Mengisi kemerdekaan dengan cinta tanah air

Mengisi kemerdekaan Indonesia dengan perilaku positif - PKN kelas 6

Peran generasi muda dalam mengisi kemerdekaan

Peran generasi muda dalam mengisi kemerdekaan sangatlah penting. Generasi muda bertanggung jawab mempertahankan dan mengisi kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mempertahankan dan mengisi kemerdekaan adalah sebuah bentuk rasa cinta tanah air.

Cinta tanah air salah satu cara mengisi kemerdekaan. Cinta tanah air adalah rasa rela berkorban dami kepentingan bangsa serta bangga terhadap keragaman budaya Indonesia. Rasa cinta tanah air mendorong kita mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi. Hal itu tercermin dalam peristiawa sumpah pemuda.

Mengisi kemerdekaan dengan rasa cinta tanah air membuat kita mampu menjaga kerukunan hingga persatuan dan kesatuan bangsa. Berikut ini beberapa contoh yang mencerminkan sikap cinta tanah air.

  • Melestarikan budaya Indonesia dan mengenalkannya kepada masyarakat dunia.
  • Mempelajari budaya daerah lain dengan penuh semangat.
  • Saling menghormati dan menghargai antara warga negara.
  • Mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi.
  • Menghargai pendapat orang lain saat musyawarah atau diskusi kelompok.

Rasa cinta tanah air juga tercermin dari isi teks sumpah pemuda berikut ini. Dengan pernyataan “bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia”.

 Mengisi kemerdekaan Indonesia dengan perilaku positif - PKN kelas 6

Untuk mengisi kemerdekaan kita juga sangat perlu membina persatuan dan kesatuan. Berikut ini beberapa contoh yang mencerminkan membina persatuan dan kesatuan.

  • Berteman dengan siapa saja.
  • Menolong sesama tanpa membedakan suku.
  • Mempelajari kesenian daerah lain.

Selain itu, sikap rela berkorban juga sangat dibutuhkan dalam mengisi kemerdekaan. Contoh yang mencerimkan sikap rela berkorban. Bersedia menolong dengan tenaga, pikiran, dan harta. Contoh lain untuk mempertahankan kemerdekaan diantaranya

  • Bertindak positif untuk mencegah perpecahan bangsa.
  • Menghargai perbedaan.
  • Berprestasi dalam kompetisi.

Upaya mengembangkan kehidupan menuju masyarakat sejahtera untuk mengisi kemerdekaan.

Mamajukan kesejahtraan merupakan salah satu cara mengisi kemerdekaan. Memajukan kesejahtraan umum merupakan salah satu tujuan bangsa Indonesia yang disebutkan dalam pembukaan udang-undang dasar 1945. Oleh sebab itu negara berkewajiban untuk memenuhi dan berupaya agar seluruh masyarakat Indonesia dapat hidup dengan makmur dan sejahtra. Untuk mewujudkan kesejahtraan dapat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya;

  • Mengembangakan sikap toleransi antara masyarakat. Indonesia sebagai negara multikultural wajib menjaga tolerasi untuk persatuan dan kesatuan NKRI. Sikap tolerasi dapat diwujudkan dengan cara menghargai dan menghormati sesame masyarakat.
  • Pemerataan pembangunan. Indonesia sebagai negara yang terdiri dari banyak pula harus mengusakan pemerataan pembangunan di semua daerah. Hal ini bertujuan untuk menghindari atau meminimalisir urbanisasi masyarakat dikarenakan sentralisasi pembangunan.
  • Taat membayar pajak. Pajak merupakan pemasukan negara yang diambil dari kegiatan masyarakat baik bersifat individu maupun kelompok. Pajak digunakan negara sebagai pembiayaan pembangunan. Apabila masyarakat tidak membayar pajak maka negara tidak memiliki modal untuk melakukan pembangunan.
  • Memperbanyak lapangan kerja. Lapangan kerja sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Semakin banyak lapangan pekerjaan maka akan menekan angka pengangguran dan meminimalisir angka kriminalitas.

Makna proklamasi kemerdekaan

Proklamasi kemerdekaan adalah sebuah peristiwa yang menunjukan bahwa bangsa Indonesia telah menjadi bangsa dan negara yang merdeka. Kemerdekaan ini berarti bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa dang berdaulat dan berhak menentukan nasibnya kedepan.

Dengan merdekanya bangsa Indonesia maka Indonesia memiliki kedudukan bangsa-bangsa lain di dunia. Kemerdekan Indonesia bukan hadiah atau pemberian dari bangsa lain. Akan tetapi kemerdekaan bangsa Indonesia merupakan berjuangan dan kerja keras para pahlawan yang rela berkorban jiwa dan raganya.

Oleh sebab itu kita perlu memaknai proklamasi dengan sebaik-baiknya. Memaknai proklamasi dapat dilakukan dengan berbagai cara yang positif. Berikut ini beberapa cara kita untuk dapat mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif;

Melalukan wawancara langsung tentang makna kemerdekaan

Menanyakan makna dan proses perjuangan kemerdekaan kepada para veteran perjuang kemerdekaan di lingkungan sekitar kita. Namun jika tidak ada veteran yang dapat diwawancara kita juga dapat melakukan wawancara kepada para tokoh masyarakat di sekitar kita.

Kita bisa menanyakan terkait makna kemerdekaan bagi mereka. Hasil wawacara dalam dicatat dalam laporan hasil wawancara. Kamu bisa melihat contoh dan memodifikasi hasil laporan susuai dengan wawancara yang yang kamu lakukan.

 

Mengisi kemerdekaan Indonesia dengan perilaku positif - PKN kelas 6

Mengisi kemerdekaan Indonesia dengan perilaku positif - PKN kelas 6

Mengisi kemerdekaan Indonesia dengan perilaku positif - PKN kelas 6

Upaya mewujudkan masyarakat yang sejahtra sebagai bentuk mengisi kemerdekaan

Mewujudkan masyarakat yang sejahtra adalah amanat dari undang-undang dasar 1945 ini. Kesejahtraan masyarakat adalah salah satu tujuan bangsa negara Indonesia berdiri. Hal tersebut termaktud dalam pembukaan undang-undang dasar 1945. Dengan bunyi “kesejahtraan umum”.

Untuk mencapai kesejahtraan umum dalam upaya mengisi kemerdekaan. Kita dapat tercapai dengan pembangunan nasional. Pembangunan nasional yang dimaksud adalah upaya terus menerus yang dilakukan oleh pemerintah untuk tercapaikan tujuan bangsa yaitu kesejahtraan umum.

Pembanguan nasional merupakan salah satu cara mengisi kemerdekaan. Pembanguan nasional merupakan tanggung jawab pemerintah sebagai penyelanggara negara. Namun dalam pelaksanaan pembangunan nasional pemerintah tidak dapat bekerja sendiri. Pemerintah membutuhkan bantuan dan dukungan semua komponen masyarakat.

Dukungan dari masyarakat dapat dalam bentuk keamanan. Keamanan dapat tercipta bila persatuan dan kesatuan tercipta. Kesatuan dan persatuan hadir karena adanya rasa saling menghormati dan menghargai. Selain itu beberapa hal yang dapat dilakukan dalam upaya menciptakan kesejahtraan umum anatar lain ;

  • Menyediakan saran kesehatan dan pendidikan yang memadai.
  • Memberikan beasiswa kepada pemuda atau siswa yang berprestasi.
  • Membuka lapangan pekerjaan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.
  • Pembangunan infrastruktur pendukung.
  • Peningkatan sumber daya pelatihan dalam bentuk lembaga belajar.
  • Pelestarian budaya-budaya nasional.

 Bentuk dukungan masyarakat dalam upaya mewujudkan kesejahtraan umum diantaranya membayar pajak. Pajak merupakan modal pemerintah untuk dapat melakukan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat umum. Maka dukungan dalam bentuk membayar pajak dalam membantu melanjarkan kinerja pemerintah. 

Itu dia sobat, mengisi kemerdekaan Indonesia. Kami akan mengupdate materi ini secara berkala. Oleh karenanya jangan sampai ketinggalan informasi. Subscribe web ini agar kamu tidak ketinggalan. Sampai jumpa.

Baca Juga :

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia kelas 6
Rangkuman Materi PLBJ kelas 6
Rangkuman Materi IPA kelas 6
Rangkuman Materi PKN kelas 6
Rangkuman Materi Matematika kelas 6
Artikel menarik lainnya... .
 

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment