uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Pubertas pada masa remaja IPA kelas 6 SD

Pubertas pada masa remaja IPA kelas 6 SD

Pengertian pubertas

Masa pubertas terjadi pada fase hidup remaja. Masa remaja adalah fase penyesuaian dari masa anak-anak akhir ke fase dewasa awal. Mada remaja awal berkisar pada usia 10 tahun hingga 12 tahun. Masa remaja berakhir pada usia 18 sampai 22 tahun.

Masa remaja adalah masa memasuki pubertas. Fase ini anak akan mengalami perubahan perubahan fisik, perubahan pola pikir, pematangan fungsi reproduksi. Perubahan tersebut dipengaruhi oleh hormon dalam tubuh. Masa pubertas yang dialami oleh setiap anak, berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

Masa pubertas adalah masa perubahana dari fase anak-anak menuju fase dewasa. Seorang anak akan mengalami perubahan fisik pada masa pubertas. Perubahan tersebut dipengaruhi oleh hormon yang berada di dalam tubuh.

Hormon-hormon mempengarhui pertumbuhan manusia pada fase pubertas. Hormor merupakan zat yang dihasilkan oleh tubuh untuk mengendalikan proses-proses tertentu dalam tubuh. Masa pubertas terjadi pada usia 10 sampai 19 tahun pada hidup manusia.

Ciri-ciri pubertas pada manusia ditandai dengan perkembangan reproduksi baik pada laki-laki maupun  perempuan. Pada laki-laki maupun perempuan terdapat perubahan fisik secara cepat namun tetap bertahap.

Pada masa pubertas manusia juga akan mengalami perubahan pola pikir. Manusia akan lebih tertarik akan segala hal. Berkeinginan mencoba hal-hal yang baru. Hal tersebut mendorong perubahan tingkah laku.



Ciri fisik Pubertas

Ciri-ciri utama yang dialami pada masa pubertas dibagi menjadi dua. Pertama perubahan utama (primer) yaitu terjadi perubahan didalam tubuh. Sehingga ciri-cirinya tidak nampak pada tubuh. Kedua perubahan fisik (sekunder) yaitu perubahan yang terjadi diluar tubuh. Sehingga ciri-ciri perubahan tersebut dapat dilihat dan diamati.

LAKI-LAKI

PRIMER

SEKUNDER

·         Diproduksinya sel sprema yang ditandai dengan terjadinya mimpi basah.

·         Tumbuhnya rambut diarea ketiak dan kemaluan.

·         Tumbuh kumis dan jakun.

·         Dada terlihat bidang.

·         Suara berubah menjadi lebih berat.

·         Kulit wajah berminyak dan berjerawat.


PEREMPUAN

PRIMER

SEKUNDER

·         Mulainya diproduksi sel telur atau ovum dengan ditandai Mestruasi atau Haid.

·      Tumbuhnya rambut diarea ketiak dan kemaluan.

·      Payudah mulai membesar.

·      Piggul melebar.

·      Kulit wajah berminyak dan berjerawat.

Pubertas terjadi pada saat usia remaja. Remaja adalah fase transisi (perpindahan) dari fase anak-anak menuju fase dewasa. Berikut ini merupakan ciri-ciri perubahan fisik yang dialami pada fase remaja.

Ciri fisik pubertas pada anak perempuan diantaranya, Massa otot semakin bertambah, tubuh bertambah berat dan bertambah tinggi, suara berubah menjadi lebih nyaring, keringat semakin banyak, tumbuh jerawat.

Ciri fisik pubertas pada anak laki-laki diantaranya, Massa otot semakin bertambah, tubuh bertambah berat dan tinggi, jakun mulai tumbuh dan tampak, suara menjadi bertambah berat, tumbuh kumis, tumbuh jerawat, keringan semakin banyak.

Masa pubertas ditandai dengan dihasilkan dan dikeluarkannya cairan dari tumbuh. Pada wanita terjadi menstruasi pertama. Sementara pada laki-laki terjadi ejakulasi melalui mimpi basah.

Yang harus dilakukan di masa pubertas

Yang harus dilakukan pada masa pubertas mengisi dengan kegiatan positif. Beberapa cara tersebut diantaranya mendekatkan diri kepada tuhan yang maha Esa. Kedua, Selalu berpikir positif dan melakukan positif. Ketiga, Banyak membaca buku pengetahuan. Keempat, Bergaul dengan teman yang baik. Kelima, Mengembangkan hobi dan bakat yang dimiliki

Bagian tubuh yang tidak boleh disentuh

Pada masa pubertas kita perlu menjaga beberapa bagian tubuh kita. bagian-bagian tubuh tersebut bersifat privasi, sangat rahasia. Hanya kita yang berhak melihat dan menyentuhnya. Perhatikan gambar berikut ini.


Cara merawat diri pada masa pubertas

Pada masa pubertas perbuahan fisik dan psikologi terjadi pada tubuh kita. Maka untuk itu kita perlu merawat tubuh kita agar tetap terlihat indah. Beberapa cara untuk merawat diri pada masa pubertas diantarannya ;

Mencuci muka

Mencuci muka bertujuan untuk menjaga agar muka kita tidak jerawatan. Karena ketika kita masuk pada masa pubertas. Perubahan hormone memacu produksi minyak muka.

Mandi bersih

Selain pada bagian muka, kelenjar keringat juga mengalami perubahan. Maka orang pada masa pubertas mudah sekali bau badan. Untuk mengantisipasinya kita bisa mandi bersih dan menggunakan deodorant.

Makan makanan yang bergizi

Pada masa pubertas tubuh kita mengalami perkembangan dan pertumbuhan nyang lebih cepat dari biasanya. Oleh karena itu untuk menunjang pertumbuhan dan perkembang kita membutuhkan makanan yang bergizi.

Mengganti pakaian dalam

Selain menghindari bau badan. Mengganti pakaian dalam juga berfungsi untuk menjaga area sensitive pada tubuh kita tetap kering dan tidak lembab.

Berolahraga. Pada masa pubertas tenaga kita menjadi berlipat-lipat. Untuk menyalurkan tenaga tersebut kita bisa berolahraga. Olahraga adalah salah satu kegiatan positif yang juga berfungsi untuk menjaga kesehatan.

Istirahat cukup

Selain berolahraga kita pada masa pubertas kita juga membutuhkan istirahat cukup. Tidak kurang dan tidak lebih. Hal ini bertujuan untuk membantu pertubuhan dan proses regenerasi sel apabila ada sel dalam tubuh yang rusak.

Nah itu dia sobat, Masa pubertas. Jika ada kritik, masukan atau saran silakan tulis di kolom komentar. Jika artikel ini bermanfaat silakan share ke teman-teman yang lain. Jangan lupa subscribe website kami sebagai bentuk dukungan kamu pada website kami dan agar update dengan pembahasan-pembahasan terbaru dari kami. Terimakasih telah membaca artikel pubertas pada masa remaja.

Baca Juga :

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia kelas 6
Rangkuman Materi PLBJ kelas 6
Rangkuman Materi IPA kelas 6
Rangkuman Materi PKN kelas 6
Rangkuman Materi Matematika kelas 6
Artikel menarik lainnya... .
 

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment