uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Pertumbuhan dan perkembangan manusia IPA Kelas 6 SD

Pertumbuhan dan perkembangan manusia IPA Kelas 6 SD

Apa perbedaan pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup? Pertanyaan ini sering muncul dalam pelajaran ilmu pengetahuan alam. Sobat cerdik pada artikel ini kita akan membahas tentang pertumbuhan dan perkembangan pada manusia. Maka tetap fokus membacanya dan mari kita belajar!

Perbedaan pertumbuhan dan perkembangan dapat kita ketahui dari arti bahasanya. Pertumbuhan adalah proses bertambahnya ukuran dan jumlah sel dalam tumbuh manusia. Kita dapat melihat pertumbuhan dari bentuk tubuh yang bertambah besar atau bertambah tinggi. Sementara perkembangan adalah proses pendewasaan atau pematangan organ-organ tubuh manusia.

Pengertian pertumbuhan dan perkembangan secara sederhana sebagai berikut. Pertumbuhan dapat diliat dari berat dan tinggi. Sementara perkembangan dapat dilihat dari kedewasaan (psikologi /kejiwaan). Perkembangan dapat diamati dari pertambahan dan berubahan fungsi organ tubuh manusia. Pertumbuhan dan perkembangan yang baik harus berjalan sesuai tahapan dan beriringan.

Pertumbuhan dan perkembangan manusia memiliki beberapa tahapan. Tahapan-tahapan tersebut diantaranya bayi, balita, anak-anak, remaja, dewasa dan lansia. Pada tahapan-tahapn tersebut terdapat pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda-beda.

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada manusia sebagai berikut. Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tentu asupan makanan yang berkualitas. Sementara faktor yang mempengarui perkembangan selain asupan makanan dan minuman, faktor lain yang mempengaruhi adalah pendidikan.

Pertumbuhan dan perkembangan anak terjadi dengan tingkat kecepatan yang berbeda. Walaupun pada usia yang sama bisa saja terjadi perbedaan tingkatan dalam pertumbuhan dan perkembangan. Kedua dipengaruhi oleh faktor-faktor yang telah disampaikan sebelumnya.

Pertumbuhan dan perkembangan manusia IPA Kelas 6 SD

Nah, itu dia sobat cerdik pembahasan kita tentang pertumbuhan dan perkembangan pada manusia. Pembahasan selanjutnya adalah pembahasan tentang pubertas pada manusia manusia. Jika ada masukan kirim pada kolom komentar kritik dan saran tentang artikel pertumbuhan dan perkembangan ini.

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment