uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

PLBJ Kelas 6 SD Asal usul nama jalan dan kampung di Jakarta Utara

Asal usul nama jalan dan kampung di Jakarta Utara

Sobat cerdik pada kesempatan hari ini kita akan membahas tentang asal usul nama-nama kampung dan jalan yang ada di daerah Jakarta Utara. Diantara nama kampung tersebut adalah Ancol dan Tanjung Priuk.

Ancol

Ancol merupakan nama salah satu daerah di wilayah Pademangan. Nama Ancol diambil dari kondisi alam yang ada di daerah tesebut. Nam Ancol memiliki arti tanah mendidih berpayau-payau. Hal tersebut terjadi karena ketika Laut Jawa mengalami pasang, air asin akan bercampung dengan air tawar yang berasal dari sungai sehingga menjadi payau.

Air payau tersebut kemudian menggenangi daratan yang ada di sekitarnya, yang menyebabkan air di daratan menjadi asin juga. Orang-orang Belanda kala itu menyebut daerah tersebut dengan istilah Zoutelande (tanah asin)

Tanjung Priok

Tanjuung Priok merupakan nama salah satu Kecamatan yang ada di Jakarta Utara. Nama Tanjung Priok juga diambil dari kondisi alam yang ada di daerah dan peristiwa yang terjadi di daerah tersebut. Tanjung diambil dari keadaan alam yaitu tanah yang menjorok ke lautan.

Sementara Priok atau priuk adalah salah satu alat untuk penanak nasi yang terbuat dari tanah liat atau logam. Pada zaman Belanda di daerah tersebut banyak memproduksi dan menjual priuk. Oleh karena itu daerah tersebut dikenal dengan nama Tanjung Priok.

Nah itu dia sobat, pembahasan kita tentang asal usul penamaan kampung atau tempat yang ada di daerah Jakarta Utara. Jika ada kritik, masukan atau saran silakan tulis di kolom komentar. Jika artikel ini bermanfaat silakan share ke teman-teman yang lain. Jangan lupa subscribe website kami agar update dengan pembahasan-pembahasan terbaru dari kami. Terimakasih.

Baca Juga :

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia kelas 6
Rangkuman Materi PLBJ kelas 6
Rangkuman Materi IPA kelas 6
Rangkuman Materi PKN kelas 6
Rangkuman Materi Matematika kelas 6
Artikel menarik lainnya... .

 

 

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment