uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

PLBJ Kelas 6 SD Asal usul nama jalan dan kampung di Jakarta Barat

Asal usul nama jalan dan kampung di Jakarta Barat

Sobat cerdik pada kesempatan hari ini kita akan membahas tentang asal usul nama-nama kampung dan jalan yang ada di daerah Jakarta Barat. Diantara nama kampung tersebut adalah Glodok, Angke, Jalan Daan Mogot.

Glodok

Glodok adalah nama salah satu kelurahan yang ada di derah kecamatan Taman Sari Kota Administrasi Jakarta Barat. Nama Glodok berasal dari kata grojok yang keluar dari air pancuran. Karena dulu di daerah tersebut tedapat pancuran yang terkenal. Bunyi air yang jatuh dari pancuran mengeluarkan bunyi grojok-grojok.

Masyarakat daerah sekitar yang mayoritas dihuni oleh keturunan Tionghoa, bunyi air tersebut diucapkan dengan kata glodok. Hingga pada akhirnya daerah tersebut terkenal dengan nama Glodok.

Angke

Angke merupakan salah satu nama tempat yang berada di Kecamatan Tambora. Nama Angke tersebut berasal dari bahasa Hokkian, yaitu ‘ang’ yang berati darah dan ‘ke’ yang berati bangkai. Julukan Angke sendiri didapatkan daerah tersebut berkat peristiwa pemberontakan rakyat Tionghoa pada pemeritahan Belanda di tahun 1740.

Jenazah dari korban peristiwa tersebut dihayutkan ke kali, dan menyebabkan air pada kali berwarna merah karena bercampur dengan darah. Semenjak peristiwa itu masyarakat sekitar memberikan nama pada kali tersebut kali Angke. Dan kemudia nama Angke dijadikan nama daerah tersebut.

Jalan Daan Mogot

Bagi masyarakat Jakarta terlebih yang tinggal di wilayah Jakarta Barat nama jalan Daan Mogot sudah tidak asing di telinga. Jalan Daan Mogot merupakan jalan yang membentak di wilayah Jakarta Barat dengan panjang 27,5 km.

Nama Daan Mogot diambil dari nama seorang pahlawan nasional yang memiliki nama lengkap Elias Daniel Mogot yang lebih dikenal dengan Daan Mogot. Daan Mogot adalah salah satu pejuang kemerdekaan tanah air. Ia bergabung dengan PETA di Jakarta pada tahun 1942-1945.

Daan Mogot merupakan pejuang yang gagah berani. Ia gugur di usia yang cukup muda yaitu 17 tahun. Saat perang melawan tantara jepang di daerah Lengkong, Tangerang. Untuk mengenang dan menghormati jasa-jasanya. Namanya dijadikan salah satu nama jalan di Jakarta.

Nah itu dia sobat, pembahasan kita tentang asal usul penamaan kampung atau tempat yang ada di daerah Jakarta Barat. Jika ada kritik, masukan atau saran silakan tulis di kolom komentar. Jika artikel ini bermanfaat silakan share ke teman-teman yang lain. Jangan lupa subscribe website kami agar update dengan pembahasan-pembahasan terbaru dari kami. Terimakasih.

Baca Juga :

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia kelas 6
Rangkuman Materi PLBJ kelas 6
Rangkuman Materi IPA kelas 6
Rangkuman Materi PKN kelas 6
Rangkuman Materi Matematika kelas 6
Artikel menarik lainnya... .

 

 

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel. Kini tercatat sebagai salah satu calon guru penggerak angkatan 7

Related Posts

2 comments

silakan beri komentar positif, saran yang membangun dan supportnya