uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Materi kelas 6 - Memahami Teks Eksplanasi | Bahasa Indonesia - Tema 3

Materi kelas 6 tema 3 Bahasa Indonesia -  Memahami Teks Eksplanasi
Teks Eksplanasi

Mengidentifikasi informasi penting pada teks eksplanasi

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi informasi tentang fenomena yang terjadi di masyarakat atau informasi tentang suatu hal. Beberapa contoh yang bisa dijadikan teks eksplanasi misalnya tentang budaya masyarakat, gejala alam dan proses terjadinya sesuatu.

Kita dapat menentukan topik permasalahan dan simpulan dari teks eksplanasi. Topik permasalahan dapat kita temukan dari kalimat utama dalam setiap paragraf. Sementara itu kita dapat menentukan simpulan dari teks eksplanasi dengan membaca keseluruhan isi teks. Jika kalian kesulitan untuk mencari simpulan pada sebuah teks, bisa klik di sini!

Menjelaskan informasi berdasarkan struktur teks ekplanasi

Teks eksplanasi mengandung suatu pokok pembicaraan. Kita bisa menemukan informasi dari teks ekplanasi dengan menggunakan 6 kata tanya yaitu apa, siapa, di mana, kapan, mengapa  dan bagaimana  yang dirangkai menjadi kalimat yang sesuai dengan teks tersebut .

Tujuan teks eksplanasi adalah memberikan penjelasan kepada pembaca tentang proses terjadinya sesuatu. Struktur teks eksplanasi yaitu pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelas (isi) dan penutup (simpulan).

Bagian pernyataan umum berisi informasi singkat tentang hal yang akan dibicarakan. Bagian penjelas berisi urutan uraian atau penjelasan tentang proses dari suatu peristiwa yang terjadi. Bagian penutup berisi simpulan dari teks atau pendapat penulis mengenai fenomena yang dijelaskan dalam teks

Materi kelas 6 tema 3 Bahasa Indonesia -  Memahami Teks Eksplanasi

Mengidentifikasi kalimat efektif dalam teks eksplanasi

Karena teks eksplanasi bertujuan untuk menyampaikan informasi maka teks eksplanasi harus menggunakan kalimat efektif agar pembaca tidak menjadi bingung atau salah memahami informasi yang disampaikan. Kalimat efektif adalah kalimat yang disusun dengan memperhatikan pedoman umum ejaan bahasa Indonesia.

Dalam penulisan kalimat efektif kita juga harus memperhatikan penggunaan kata baku.

Menyajikan informasi penting dalam teks eksplanasi

Untuk menyajikan informasi penting dalam teks eksplanasi kita juga dapat menggunakan diagram seperti contoh satu atau tabel pada contoh dua.

Contoh Satu

 

Materi kelas 6 tema 3 Bahasa Indonesia -  Memahami Teks Eksplanasi

Contoh dua.

Materi kelas 6 tema 3 Bahasa Indonesia -  Memahami Teks Eksplanasi

Kalimat efektif dalam teks Eksplanasi

Teks eksplanasi terdiri atas beberapa paragraf yang berisi informasi penting. Paragraf tersebut disusun menggunakan kalimat efektif yang sesuai dengan kaidah tata bahasa, baik ejaan atau tanda baca. Ciri-ciri kalimat efektif yaitu penggunaan kata-kata baku, Penggunaan kata baku terdiri atas struktur kalimat yang berurutan dan bermakna logis (masuk akal).

Contoh kalimat, Adik memberikan banyak uang-uang kepada pengemis itu. Kalimat ini termasuk kalimat tidak efektif karena banyak menggunakan kata yang berulang. Kata uang seharusnya cukup ditulis sekali agar menjadi kalimat yang efektif.

Menggunakan kata baku untuk menulis kalimat efektif

Kalimat efektif adalah kalimat yang sesuai dengan tata bahasa baik dari segi tata bahasa maupun tanda baca. Kalimat efektif disusun secara sistematis untuk mudah dipahami. Kalimat efektif ditulis menggunakan kata-kata baku. Kita dapat menemukan kata baku dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI). Misalnya kita sering menyebutnya apotik namun dalam KBBI di tulis apotek. Maka apotek adalah kata baku dari apotik.

Kata baku merupakan kata-kata yang penulisannya telah sesuai dengan Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Dan kata tidak baku adalah kata yang tidak sesuai dengan PUEBI. Kata baku biasanya digunakan dalam acara-acara resmi dan penulisan karya tulis ilmiah. Sementara kata tidak baku merupakan kata yang digunakan sehari-hari.

Ciri-ciri kata baku adalah tidak terpengaruh bahasa asing atau bahasa daerah.

Contoh

Materi kelas 6 tema 3 Bahasa Indonesia -  Memahami Teks Eksplanasi


Itulah pembahasan kita tentang teks eksplanasi. Jika ada pertanyaan dan pernyataan silakan tulis di kolom komentar atau tanyakan pada guru mu. Semoga bermanfaat. Jangan lupa subscribe web ini agar mendapatkan update pelajaran terbaru. 

Lanjut baca :

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

4 comments

silakan beri komentar positif, saran yang membangun dan supportnya