uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Mulai dari awal

tips untuk kesempatan ke 2

Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Begitu kata pepatah lama. Namun adakah orang yang bersia gagaln dan mau menjalani proses yang kedua.

Memulai dari awal memang adalah sesuatu yang menjengkelkan. Terlebih kita harus melewati step demi step yang sebenarnya telah kita tempuh. Kita akan bertemu dengan hal yang sama, seperti hal-hal yang pernah kita lakukan sebelumnya.

Namun ada hal yang menguntungkan ketika kita diberikan kesempatan untuk memulai ulang atau memulai untuk yang kedua kalinya. Beberapa keuntungannya adalah sebagai berikut

Lebih tahu

Kita akan memiliki pengetahuan lebih, pengetahuan itu didapat dari percobaan pertama kita. Tak jarang kita cukup kecewa dengan percobaan yang pertama. Kadang percobaan pertama juga mengalami kegagalan pada titik-titik yang kita anggap sulit.

Mengasah analisis

Ketika kita mengalami kegagalan pada percobaan pertama. Maka jika kita diberikan kesempatan untuk melakukan percobaan yang kedua. Lakukanlah analisis dengan baik, pada titik mana sebenarnya letak kesahalan kita. Dengan demikian kita akan memiliki point yang perlu diperbaiki pada kesempatan kedua.

Daya juang

Orang yang sukses bukanlah orang yang berhasil dengan satu kali percobaan. Orang yang sukses adalah orang yang tidak akan menyerah walaupun mengalami kegagalan. Jika kegagalan adalah buku tentang catatan diri sendiri, maka rajin-rajinlah dibaca agar kita memahami kelemahan kita.

Dengan kegagalan kita akan diuji, apakah kita memiliki daya juang yang besar. Atau kita hanya menjadi penggembira yang meraikan dibalik pertarungan-pertarungan besar. Atau kita adalah petarung besar yang sedang melawan diri kita yang bosan dan Lelah untuk berjuang.

Sabar

Orang-orang yang mengalami kegagalan dan bersedia untuk mengambil kembali perannya pada kesempatan kedua adalah orang-orang yang sabar. Kesabaran adalah kunci kesuksesan. Semua orang memiliki peluang kesuksesan. Hanya kita sendiri mau atau tidak bersabar menjalani dan melewati proses yang panjang tersebut.

Orang yang berjalan santai untuk mendaki gunung akan lebih memiliki tenaga, dibandingkan orang-orang yang mendaki gunung dengan berlari. Orang yang berlari sering kali memiliki kekurangan yaitu tidak dapat mengatur napas dengan baik. Namun berbeda dengan orang yang sabar, ia selain dapat mengatur napas dengan baik, ia juga akan mendapatkan bonus pemandangan yang indah.

Nah itu adalah beberapa manfaat kesempatan kedua. Namun yang perlu diingat oleh sabahat pena, tidak semua memberikan kesempatan kedua. Kita harus memaksimalkan segala peluang yang kita miliki agar kita tidak mengalami kekecewaan. Sangat jarang orang yang bersedia untuk gagal dan memulai dari nol. Apakah kamu siap untuk gagal ?

Silakan beri komentar mu....
Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment