uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Cara cepat berhenti merokok

Rokok

Bagi para perokok, berhenti dari merokok itu sangat sulit. Karena sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Kegiatan merokok biasanya dilakukan setelah makan, saat ngopi, saat diskusi ringan, dan sampai-sampai merokok ketika BAB.
Banyak orang yang merasa terganggu dengan bau tembakau bakar tersebut. Namun bagi para perokok, dunia hampa tanpa sebatang rokok. Rokok adalah kawan setia. Namun bagaimana jika tiba-tiba anda harus berhenti merokok.

Banyak alasan orang ingin berhenti rokok, mulai dari faktor kesehatan, agar mendapatkan pasangan sampai urusan penghematan ekomoni. Namun tak banyak orang yang dapat dengan konsisten berhenti untuk merokok.

Apa yang menyebabkan orang tersebut tidak dapat berhenti merokok, berikut adalah faktor-faktornya.

1.       Niat yang tidak kuat
Semua orang yang ingin merokok tentu berjanji tidak akan merokok lagi. Namun dalam hitungan hari atau bahkan hitungan tahun orang tersebut merokok kembali. Hal tersebut dikarena niat dari orang tersebut tidak kuat. Mungkin niat yang dibagun bukan untuk kebaikan diri sendiri tapi lebih dominan dorongan dari luar. Seperti lingkungan, keluarga dan pasangan.

2.       Lingkungan perokok
Selain lemahnya keteguhan diri. Ligkungan menjadi biak kerong orang akan kembali tergoda pada rokok. Banyak kasus seorang perokok akan tergoda untuk merokok kembali jika ia tetap ada pada lingkungan perokok.

Contoh kasus seorang kawan yang sudah berhasil berhenti merokok selama lima tahun. Ketika saya tawari rokok, yang pertama ia akan menolak. Namun satu bulan kemudian, ketika saya dan teman-teman merokok di depannya. Ia mulai minta sebatang dan dari situ ia mulai kembali merokok.


3.       Sebatang dulu tidak apa-apa
Banyak seorang perokok biasanya memberikan tolerasi pada diri sendiri misalnya, “sebatang dulu gak papa kali ya.” Namun yang menjadi kenyataannya adalah satu batang itu masih ada pengecualian satu batang lainnya di belang satu batang tersebut.

Satu batang itu menunda komitmen serta kesungguhan untuk berhenti merokok. Dan akhirnya ia tidak pernah benar-benar berhenti merokok. Serta niat tinggallah niat.

Lalu bagaimana cara berhenti merokok, apa yang harus dilakukan. Semua terasa percuma, rokok bergitu candu. Berikut adalah Langkah-langkah yang dilakukan untuk orang-orang yang ingin berhenti merokok.

1.       Berhenti merokok
Orang yang ingin berhenti merokok yang pertama dilakukan bukan niat basa basi semata. Namun ia harus berhenti merokok. Berhenti merokok secepetan mungkin. Setelah artikel ini dibaca sampai tuntas atau ketika poin pertama ini dibaca.

Jangan pernah percaya berhenti merokok itu bertahap. Berhenti merokok itu langsung. Jika bertahap itu hanya merubah pola merokok saja. Dan kamu tetap menjadi seoarang perokok.

2.       Lingkungan yang sehat
Berada di tengah orang-orang yang tidak merokok tentu akan membuat kita merasa canggung untuk merokok. Bahkan merokok menjadi sangat aneh. Dan kita akan memiliki untuk menahan diri untuk merokok.

Dengan menaham merokok sebenarnya kita sudah mencoba untuk berhenti. Namun sayangnya ketika kita kembali pada lingkungan yang menganggap merokok itu adalah sebuah yang wajar. Kita akan mulai “lembek” pada diri kita dan mulai merokok kembali.


Maka jika kamu ingin berhenti merokok. Kabarkan pada semua orang terdekat kamu, agar mereka mengingatkan ketika kamu mulai ingin merokok. Dengan mereka mengingatkan, kamu mulai canggung untuk merokok dihadapan mereka. Sementara lingkungan hidup mu adalah hanya mereka.

3.       Isi waktu luang mu
Penulis ingat kata-kata Mahatma Gandih seorang tokoh perjuangan kemerdekaan India. Beliau pernah mengatakan “merokok itu membuang-buang waktu, dan ia berlaku hanya untuk orang yang sering melamun.” Jika dipikirkan merokok sering kali dilakukan untuk mengisi aktifitas kosong, diwaktu-waktu kosong.

Nah, yang perlu dilakukan adalah mengisi waktu luang tersebut. Jangan biarkan diri kita terlena pada waktu-waktu yang kita anggap kosong. Hingga memanggil kebiasaan kita untuk merokok. Jikapun ada waktu kosong manfaaatkan dengan baik, istirahatkan badan dengan tidur mungkin bisa menjadi solusi.


Akhirnya merokok adalah pilihan hidup. Banyak orang yang memilih tetap merokok. Namun banyak pula orang yang membenci bau tembakau bakar itu sendiri. Dari artikel ini penulis hanya ingin menyampaikan. Silakan anda merokok tapi lihat sekeliling mu ketika ada orang yang mengipas-ngipaskan tangan atau mulai menutup hidung. Itu artinya kalian sudah mengambil hak orang lain untuk mendapatkan udara segar.

Terimakasih teleh membaca, silakan berikan komentar berupa masukan dan saran di kolom komentar.
Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment