uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Perjalanan adalah


Perjalanan

Perjalanan adalah pelajaran dan renungan. Ia memberikan kesempatan lebih luas untuk mata memandang. Memberikan kesempatan telinga lebih tajam mendengar. Mulut bicara seperlunya, dan hati lebih peka pada keadaan. Perjalanan memberikan angin ketenangan sekaligus kewaspadaan. Dalam perjalanan waktu bisa menjadi lebih lama, atau bahkan begitu cepat dalam lelap. Banyak orang yang mengatur strategi dalam perjalanan. Banyak orang yang merenungi nasibnya selama ini dalam perjalanan. Atau bahkan beristirahan penuh mimpi dalam perjalanan.
 
Hiruk pikuk perjalan memberi kita banyak pelajaran. Tentu bagi yang ingin belajar pada kenyataan atau sebatas bolak balik lembaran pada buku dan scroll layar HP. Semua penuh Pelajaran. Perjalanan membawa rindu. Mengikuti hati yang memandu. Melihat langit yang kelabu, mengusap wajah yang kadang berselimut debu.
 
Perjalanan wajib dilakukan. Karena dalam perjalan terselip pesan tuhan. Yang dititip pada setiap makhluk ciptaannya yang kita temui. Perjalanan akan menguji kebenaran yang kita pegang. Membenturkannya pada kenyataan. Jika menang tentu kita senang. Jika kalah maka kita harus berubah.
 
Pejalanan mencairkan kebekuan. Hati, pikiran, dan raga yang lama terdiam hanya akan menjadi penyakit dan menyebabkan kedangkalan. Sempit dan sulit. Perjalanan juga hiburan. Bagi mereka yang berduka dan merana. Perjalanan memberikan warna dan suasana yang berbeda. Hingga lupa pada luka yang didera. Ada orang yang berjalan dengan berpindah. Namun ada orang yang diam tapi ia melakukan perjalanan.

Bersyukurlah orang-orang yang melakukan perjalanan.


Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment