uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

AKSI NYATA 2.2 PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL

 

Halo ibu bapak hebat, salam dan bahagia. Pada artikel ini saya akan mengakat diskusi tentang aksinya modul 2.2 guru penggerak. Selamat membaca dan menikmati, semoga mendapatkan inspirasi.

Berikut adalah pertanyaan panduan yang dapat Bapak/Ibu gunakan:

Apa yang  Bapak/Ibu lihat dalam proses tersebut?  (Peristiwa)

Dalam penerapan PSE (Pembelajaran Sosial Emosional) ini ada beberapa hal yang saya alami. Pertama adalah ketika saya terapkan konsep STOP pada anak-anak. Kebetulan saat saya mempelajarin hal ini, kelas yang saya ampu sedang mengalami mis komunikasi antara murid.

Ada beberapa murid yang bersitegang. Sehingga membuat iklim belajar di kelas menjadi tidak menyenangkang. Beberapa anak menjadi takut untuk mengungkapkan pendapat karena takut dengan yang lainnya.

Pada peristiwa ini saya melakukan sosialisasi dan praktik sederhana tentang STOP. Menjelaskan setiap fase demi fase pada teknik ini kemudian mempraktikanya. Setelah menjelaskan dan melakukan simulasi sederhana kondisi kelas menjadi lebih kondusif dan anak-anak kembali menemukan titik nyamannya.

Apa yang Bapak/Ibu rasakan sehubungan dengan proses yang Anda alami? (Perasaan)

Dalam proses penerapan PSE saya merasa lebih optimal dalam pengendalian diri. Walaupun perasaan yang muncul adalah respon dari sitimulus keadaan. Namun saya dalam beberapa waktu menggunakan teknik S-T-O-P.

Berkat mengendalian diri yang lebih baik saya merasa terselamatkan dari reaksi spontan yang cendurung akan memperkeruh suasana.

Apa  hal yang bermanfaat dari proses tersebut? (Pembelajaran)

Manfaat yang saya dapatkan dari pembelajaran ini adalah pengetahuan dan pemahaman yang lebih dalam dari PSE. Pelajaran yang saya dapatkan dari proses penerapan PSE adalah menikmati proses untuk menyadari arti yang terselip dari peristiwa yang terjadi. Sering kali banyak orang yang gagal bekerjasama dengan orang lain karena tidak mampu mengendalikan diri dan menjalin relasi yang baik dengan teman dan lingkunganya.

Apa umpan balik yang Anda dapatkan? (Pembelajaran)

Berapa umpan balik yang saya dapatkan cukup beragam. Dari hal yang positif hingga negatif. Beberapa hal positif diantaranya misal anak merasa bisa menjadi pribadi yang sabar dan sadar dalam menghadapi persoalan yang ada. Dari orang tua juga merasa anak menjadi pribadi yang mandiri.

Namun ada juga beberapa murid yang belum memahami pentingnya PSE bagi perkembangan psikologi anak. Hingga memberikan feedback misalnya pembelajaran tidak fokus pada materi karena pembahasan PSE.

Apa yang ingin Anda perbaiki atau tingkatkan agar ini berdampak lebih luas? (Penerapan)

Perbaikan yang saya akan lakukan dalam penyeba PSE adalah menyebar luaskan PSE pada lingkar-lingkar pengaruh yang saya miliki. Baik kepada murid dan teman sejawat.

 Demikianlah menjawab pertanyaan Aksi Nyata Modul 2.2 Guru Penggerak dengan tema Pembelajaran Sosial Emosial. Terima kasih telah membaca...

 Salam dan bahagia.

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment