uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

RANGKUMAN MATERI BAHASA INDONESIA TEMA 3 KELAS 5 SD

pembahasan : iklan, kalimat iklan, unsur-unsur iklan, contoh iklan, target iklan.

Mengenal unsur-unsur iklan

Banyak iklan yang dapat kita temui di tempat-tempat umum yang mengetengahkan tentang makanan sehat. Iklan memang dimaksudkan untuk mempromosikan sesuatu kepada para pembaca. Coba kamu amati iklan-iklan berikut dengan saksama. 

Kalimat-kalimat yang umumnya dipergunakan oleh bahasa iklan adalah kalimat yang menarik atau kalimat yang mengajak pembacanya untuk mengikuti apa yang ditulis atau disarankan oleh pembuat iklan. Amatilah iklan di atas dengan saksama.

Iklan memiliki fungsi untuk mempromosikan sesuatu. Di dalam iklan terdapat kata kunci serta gambar yang mendukung kata kunci tersebut. 

Kalimat yang menarik dan mudah dipahami serta gambar yang menarik menjadi hal penting dalam sebuah iklan. Kalimat yang bersifat persuasif atau mengajak sangat penting untuk ditampilkan. Kalimat tersebut bertujuan untuk menarik minat pembaca akan maksud yang ingin disampaikan dalam suatu iklan.

Berdasarkan penelitian pada tahun 2010, konsumsi beras masyarakat Indonesia mencapai 100 kilogram per kapita per tahun. Ketersediaan beras di Tanah Air pada masa mendatang tidak sejalan dengan laju pertumbuhan penduduk. Untuk mengurangi ketergantungan itu, perlu ada perubahan konsep dan kebiasaan makan masyarakat. Misalnya, mengganti nasi sebagai makanan pokok dengan makanan jenis lain. Salah satu cara yang belakangan dikampanyekan pemerintah adalah tidak memakan nasi selama satu hari. Kebiasaan ini, misalnya, dilakukan satu hari dalam sepekan. Sebagai pengganti, selama sehari itu, warga bisa mengonsumsi sumber karbohidrat lain seperti jagung, ubi, singkong, talas, kentang, dan sagu.

dari data tersebut kita dapat membuat iklan sebagaimana berikut


contoh selanjutnya Amatilah iklan berikut!


Iklan di atas menjelaskan tentang gaya hidup sehat. Organ pencernaan yang sehat juga didukung oleh gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat membuat kita menyadari pentingnya kesehatan dan menghindarkan kita dari kebiasaan buruk yang dapat menganggu kesehatan. 

Dalam iklan terdapat tiga unsur yang harus diperhatikan

Kata Kunci

Kata kunci pada iklan sering berupa slogan, nama produk, atau manfaat produk. Kata kunci ini diulang-ulang agar para pembaca atau pendengar menjadi akrab dengan kata tersebut. Kata kunci pada iklan dibuat seunik mungkin dan sesingkat mungkin.

Gambar Iklan

Gambar pada iklan merupakan penyampaian visual yang bertujuan sebagai alat demonstrasi, menujukan langkah-langkah atau manfaat. Secara umum tujuan gambar adalah memperindah iklan. Namun yang harus diperhatikan adalah antara gambar dan tujuan iklan harus sesuai.

Target Iklan

setiap iklan memiliki target atau sasaran yang akan dituju oleh iklan tersebut. Misalnya target dari iklan adalah anak-anak maka iklan akan dibuat semenarik mungkin dan semudah mungkin dengan ukuran anak-anak. Iklan akan ditambah animasi dan gambar-gambar yang menarik perhatian anak.

Sebuah iklan dapat dikatakan efektif apabila iklan tersebut memiliki tujuan yang jelas, memiliki kata kunci yang menarik sehingga mudah tersampaikan dengan baik. Selain itu iklan juga harus dapat terlihat dengan jelas dan ditambah gambar yang menarik sesuai dengan target iklan tersebut.

Kalimat iklan

Kalimat pada iklan memiliki ciri khusus yaitu menggunakan kata yang bersifat persuasif atau mengajak dengan tujuan memperkenalkan produk, mengajak untuk mengikuti kegiatan atau himbauan. Beberapa kata persuasif yang bisa kalian ingat adalah : Ayo, Mari, Segera ikut, Cobalah dan sebagainya.

Lanjut baca :

Iklan
Kata Kunci
Laporan Hasil Pengamatan

Demikanlah pembahasan kita tentang RANGKUMAN MATERI BAHASA INDONESIA TEMA 3 KELAS 5. Jika ada yang ingin kalian tanyakan atau berikan tanggapan silakan tinggalkan di kolom komentar. Jangan lupa subscribe atau follow cer-dik.com agar kalian dapat informasi terupdate dari cer-dik.com 






Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment