uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Sistem dan Alat pernapasan pada hewan


Sobat cer-dik.com pada kesempatan hari ini kita akan membahas tentang sistem pernapasan pada hewan. Seperti manusia, hewan juga merupakan makhluk hidup yang melakukan proses bernapas untuk tetap hidup. Namun ada perbedaan organ pernapasan hewan yang digunakan ketika bernapas. Berikut ini alat-alat pernapasan pada hewan.

Insang

Alat pernapasan pada hewan yang pertama adalah insang. Insang berbentuk lembaran-lembaran yang sangat tipis. Insang memiliki warna merah muda dengan kondisi yang selalu lembab. Hewan-hewan yang bernapas menggunakan insang diantaranya kelompok ikan (pisces), cumi-cumi, siput air, kerrang, berudu atau yang sering kita kenal dengan istilah kecebong.

Kulit

Alat pernapasan pada hewan yang kedua adalah kulit. Bagian tubuh terluar ini juga merupakan salah satu organ pernapasan pada beberapa makhluk hidup. Salah satunya adalah katak. Selain menggunakan paru-paru, katak bernapas menggunakan kulinya. Kulit katak sangat tipis, dengan keadaan lembab dan banyak mengandung banyak kapiler darah.

Trakea

Alat pernapasan pada hewan yang ketiga adalah trakea. Selain dua jenis alat pernapasan tersebut aja juga trakea. Hewan yang menggunakan trakea sebagai organ pernapasan adalah kelompok insecta atau serangga. Pada serangga, trakea adalah pembulu-pembulu halus yang bercabang dan memenuhi seluruh bagian tubuhn dan bermuara pada stigma. Stigma adalah corong atau lubang yang berada dipada bagian kanan dan kiri serangga. Stigma memiliki fungsi sebagai jalan keluar dan masuknya udara.

Paru-paru

Alat pernapasan hewan yang selanjutnya adalah paru-paru. Fungsi paru-paru pada beberapa hewan sama dengan fungsi pada manusia. Untuk memahami fungsi paru-paru kalian bisa klik di sini. Hewan yang bernapasa dengan paru-paru diantaranya, kelompok Amphibia (katak) kelompok Reptilia, Kelompok Aves (burung) dan kelompok mamalia.

Ada hal yang istimewa dari kelompok burung. Selain paru-paru kelompok burung memiliki satu alat bantu pernapasan yaitu pundi-pundi udara. Pundi-pundi berfungsi untuk membantu burung bernapas ketika sedang terbang.

Permukaan tubuh

Alat penapasan pada hewan yang terakhir adalah seluruh permukaan tubuh. Contoh hewan yang bernapas menggunakan permukaan seluruh tubuhnya adalah cacing tanah. Oleh karena itu permukaan tubuh cacing selalu dalam keadaan lembah.

Nah itu dia pembahasan kita tentang sistem pernapasan dan alat-alat pernapsaan pada hewan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Jangan lupa subscribe agar tidak tertinggal informasi terbaru dari kami. Sampai juma di artikel selanjutnya.



Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment