uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Asal usul nama jalan dan kampung di Jakarta Timur | PLBJ Kelas 6

Asal usul nama jalan dan kampung di Jakarta Timur | PLBJ Kelas 6

Asal usul nama jalan dan kampung di Jakarta Timur

Halo Sobat CERDIK, apa kabar hari ini? Semoga kita selalu dalam kondisi sehat. Sobat CERDIK, pada artikel ini kita akan mempelajari materi asal usul nama jalan dan kampung yang ada di kota Administrasi Jakarta Timur. Untuk lebih jelasnya Yuk kita baca artikel ini sampai habis.

Cawang

Mendengar nama Cawang tentu tidak asing lagi bagi warga Jakarta, terlebih bagi masyarakat Jakarta Timur. Cawang merupakan salah satu nama kelurahan yang ada di daerah Kecamatan Kramat Jati. Asal usul nama Cawang, diambil dari nama salah satu tokoh masyarakat daerah tersebut.

Nama Cawang berasal dari nama Encik Awang. Encik Awang merupakan seorang Letnan dari suku Melayu yang pada zaman dahulu bekerja kepada pemerintahan Belanda. Penyebutan nama Letnan Encik Awang lambat laun berganti menjadi Cawang. Nama Cawang akhirnya dikenal untuk menyebutkan daerah tempat tinggal.

Kampung Melayu, Kampung Ambon, Kampung Makassar

Kampung Melayu merupakan salah satu nama kelurahan di wilayah Kecamatan Jatinegara. Kampung Ambon berada di wilayah Kecamatan Kampung Pulo. Sementara Kampung Makassar berada di wilayah Kecamatan Kramat Jati.

Menurut sejarah, munculnya perkampungan-perkampungan ini berawal dari masa pemerintahan Hindia Belanda. Ketika itu VOC membutuhkan pasukan tambahan untuk memperkuat angkatan perangnya. Hingga VOC harus mencari pasukan tersebut dari berbagai daerah.

Lalu VOC menempatakna pasukan dari berbagai daerah pada wilayah yang sesuai dengan entisnya (sukunya). Itulah yang menjadi asal usul terbentuknya Kampung Melayu, Kampung Ambon dan Kampung Makassar.

Hingga pada perjalanannya Kampung Melayu dihuni oleh suku yang berasal dari Semenanjung Malaka. Kampung Ambon ditempati oleh suku Ambon. Dan Kampung Makassar didiami oleh suku Makassar.

Jatinegara

Jatinegara merupakan nama salah satu kecamatan yang ada di wilayah Kota Administrasi Jakarta Timur. Nama Jatinegara diambil dari peristiwa yang terjadi pada abad ke 17. Di masa itu daerah Jatinegara merupakan pemukiman bagi pada pangeran Banten.

Nama Jatinegara diambil dari dua kata bahasa Sunda yaitu jatina dan nagara. Dua kata tersebut memiliki arti perlawanan kesultanan Banten terhadap Kolonial Belanda kala itu.

Nah, Itu dia sobat Cerdik faktor-faktor penamaan jalan dan kampung yang ada di kota Administrasi Jakarta Timur. Jika ada kekurangan dalam artikel ini silakan berikan komentar pada kolom komentar. Jika artikel ini bermanfaat silakan share ke teman-teman yang lain. Jangan lupa untuk berlangganan gartis materi pelajaran kami dengan cara mendaftarkan email kalian dalam kolom subscribe agar kamu terus update dengan materi-materi baru dari kami. Terimakakasih. [Adm]

 

Baca juga artikel menarik lainnya:
Rangkuman Materi Bahasa Indonesia kelas 6
Rangkuman Materi PLBJ kelas 6
Rangkuman Materi IPA kelas 6
Rangkuman Materi PKN kelas 6
Rangkuman Materi Matematika kelas 6
Artikel menarik lainnya... .

 

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment