uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Teks Laporan Hasil Pengamatan - Kelas 6 SD

Memahami Teks laporan hasil pengamatan | Materi Kelas 6 Bahasa Indonesia

Teks laporan hasil pengamatan

Halo sobat Cerdik, pada artikel ini kita akan membahas tentang Pengertian teks laporan hasil pengamatan, Ide pokok dalam teks laporan, Simpulan dalam Teks laporan, Ide pokok dan simpulan dari teks laporan hasil pengamatan, Membuat peta pikiran berdasarkan ide pokok laporan, Menemukan fakta dan ide pokok dalam teks laporan, Membuat simpulan berdasarkan peta pikiran. Yuk, kita baca sampai selesai, biar gak gagal paham.

Pengertian teks laporan hasil pengamatan .

Teks laporan hasil pengamatan adalah teks yang berisi informasi berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan. Misalnya pengamatan tentang perkembangan tumbuhan, hewan dan kunjungan ke suatu tempat. Secara umum teks laporan hasil pengamatan berisi :

  1. Informasi umum, yaitu informasi yang disajikan secara menyeluruh.
  2. Kumpulan fakta atau peristiwa yang terjadi saat melakukan proses pengamatan.
  3. Simpulan, kesimpulan dari hasil pengamatan yang dilakukan.

Dalam teks laporan hasil pengamatan terdapat ide pokok. Ide pokok merupakan gagasan utama atau masalah pokok yang menjadi fokus pembahasan dalam suatu paragraf. Pada umumnya dalam satu paragraf hanya terdapat satu ide pokok.

Ide pokok dalam teks laporan.

Setiap teks laporan hasil pengamatan memiliki ide pokok. Ide pokok dalam sebuah teks laporan biasanya lebih dari satu. Ide pokok tersebut disajikan dalam beberapa paragraf. Ide pokok juga dapat dijadikan kerangka teks laporan. Cara untuk menentukan ide pokok adalah sebagai berikut :

  1. Membaca teks laporan dengan seksama.
  2. Temukan kalimat utama dan kalimat penjelas.
  3. Tentukan informasi yang terdapat dalam kalimat utama.

Setelah kita menemukan ide pokok pada paragraf, tulis ulang dalam bentuk diagram seperti contoh satu untuk mempermudah.

Contoh satu 
Memahami Teks laporan hasil pengamatan  Materi Kelas 6 Bahasa Indonesia


Simpulan dalam teks laporan.

Selain ide pokok terdapat pula simpulan dalam sebuah teks laporan. Simpulan adalah ikhtisar akhir dari suatu teks. Beberapa langkah yang diperlukan untuk membuat simpulan adalah sebagai berikut :

  1. Baca teks secara keseluruhan.
  2. Temukan informasi penting yang terdapat pada teks.
  3. Hubungkan semua informasi yang didapat, dan rangkailah menjadi sebuah pernyataan akhir.

Ide pokok dan simpulan dari teks laporan hasil pengamatan.

Teks laporan hasil pengamatan memuat informasi umum dan informasi khusus. Informasi tersebut dapat kita ketahui setelah kita membaca secara keseluruhan dan dengan seksama.

Baca Juga : Proses pembangkit dan pendistribusian energi listrik

Baca Juga : Rangkaian Listrik dan fungsi komponen

Ide pokok dalam teks laporan.

Ide pokok adalah gagasan atau masalah utama yang dibahas dalam suatu paragraf. Ide pokok sering juga disebut sebagai pokok pikiran, gagasan utama atau gagasan pokok. Ide pokok biasanya dapat kita jumpai pada kalimat utama.

Jika kamu mendengar laporan secara lisan, dengarkanlah dengan seksama agar kamu dapat menemukan ide pokok dan isi laporan dengan jelas.

Membuat peta pikiran berdasarkan ide pokok laporan.

Berdasarkan ide pokok yang ditemukan dalam sebuah laporan, kita bisa membuat peta pikiran. Peta pikiran (mind mapp) dapat digunakan untuk mempermudah dalam menyampaikan isi laporan yang akan disampaikan.

Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam membuat peta pikiran berdasarkan ide pokok laporan antara lain :

  1. Membaca laporan dengan seksama.
  2. Mencatat setiap kata kunci yang ada pada laporan.
  3. Membuat daftar ide pokok setiap paragraf.

Kita juga dapat menggunakan kata tanya apa, di mana, kapan, bagaimana, siapa, dan mengapa untuk menemukan gagasan pokok dan informasi penting pada laporan.

Menemukan fakta dan ide pokok dalam teks laporan.

Teks laporan memuat informasi penting yang disajikan dalam bentuk fakta atau data. Informasi tersebut dapat ditemukan dengan membaca teks secara utuh. Selain membaca teks dengan utuh kamu juga dapat menggunakan kata tanya untuk memperoleh informasi-informasi yang terdapat pada teks.

Membuat simpulan berdasarkan peta pikiran.

Setelah kita belajar membuat peta pikiran berdasarkan ide pokok laporan. Kita juga dapat mengembangkan peta pikiran tersebut untuk membuat simpulan. Simpulan dapat dibuat dengan menemukan informasi penting dari teks terlebih dahulu. Simpulan disajikan dalam satu kalimat yang berisi pertanyaan yang berasal dari ide pokok dalam teks.

Simpulan pada teks memuat pesan yang ingin disampaikan, intisari tulisan dan tulisan dengan kosa kata baku. Simpulan teks dapat dibuat dalam bentuk peta pikiran seperti gambar berikut. Peta pikiran adalah sebuah cara menyajikan suatu informasi dalam bentuk kata kunci dan diagram.

Nah, demikianlah materi tentang teks laporan hasil pengamatan. Jika ada yang belum dipahami silakan tanyakan di kolom komentar. Jangan lupa juga untuk subscribe web ini dengan mendaftarkan email mu pada kolom subscribe. Berikan komentar positif sebagai bukti dukungan kamu pada web ini. Terimakasih.

Baca Juga

Rangkuman Tema 1 Kelas 6 SD

Cara mudah menentukan kesimpulan

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

2 comments

  1. terimakasih paparannya sebagai referensi saya untuk memberikan pembelajaran kepada peserta didik...ijin mau sy jadikan sumber belajar

    ReplyDelete
silakan beri komentar positif, saran yang membangun dan supportnya