uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Tips Mengingat Cepat (Bagian Kedua).


"sumber gambar : https://www.kompasiana.com/vonidamayanti/
59dd01828c46b672f36daff2/kenali-metode-
belajar-untuk-mengingat-lebih-lama"

Halo sobat CERDIK. Kita akan melanjutkan tips mengingat cepat. Karena ini artikel bersambung. Agar kamu bisa menyamakan persepsi dengan ku. Bagi yang belum baca artikel sebelumnya, silakan baca artikel : Tipsmengingat cepat (bagian pertama).

Kita mulai saja pembahasannya.

Banyak diantara kita yang mungkin sudah menerapkan tips mengingat cepat (bagian pertama). Tapi kok belum bisa cepat ingat? Nah coba deh kamu ingat-ingat stepnya. Apakah kamu sudah yakin mencatat dengan efektif. Jangan-jangan kamu hanya menyalin informasi dari buku. Dan informasi yang kamu catat ternyata tidak kamu butuhkan. Atau tidak cukup membantu

Mencatat Efektif

Ingat! Semakin banyak catatan maka semakin lelah juga otak kita mengingat. Maka kita harus mengefektifkan catatan kita. Misalnya jika kamu mencatatan tentang sejarah. Coba catat tokoh penting-penting saja. Tempat penting dan kejadian penting. Point-point yang penting saja.

Dengan mengefektifkan tulisan, maka catatan kita makin ringkas. Dan akan mempermudah otak kita bekerja. Selain itu buatlah catatan tematik seperti mind mapping. Jika kamu membahas tokoh penting maka kamu cukup meringkas. Cukup membagi menjadi tiga bagian. Data diri, perjalanan hidup dan pengaruhnya.

Cobalah menarasikan (menceritakan) kembali dengan menggunakan point-point penting pada catatan kamu. Dan menghubungkannya satu dengan yang lain dengan kata hubung. Ini sebagai upaya memahami catatan kamu. Atau sebagai upaya latihan  mempresentasikan hasil ingatan mu.

Mengubah menjadi lebih ringkas

Ringkas lagi, ringkas lagi. Buat singkatan lucu atau unik agar membuat kamu ingat. Misalnya tanggal berdirinya ASEAN adalah 8 Agustus 1967 kamu udah menjadi 8.8.67 atau "ASEAN lalap enju" itu lebih mudah untuk diingat.

Ini juga sering dilakukan loh, mungkin kita saja yang tidak menyadari, misalnya untuk mempermudah mengingat kasus kriminal tindak pidana korupsi undang-undang memberikan singkatan unik menjadi “TIPIKOR”. Banyak lagi singkatan unik di sekitar kita, seperti GESTAPU, SUPERSEMAR dan lainnya.

Jadi mulai sekarang bagi kalian yang memiliki kesulitan mengingat, coba kalian mulai menyingkat dengan singkatan unik. Entah dengan mengambil bagian depan saja atau campuran. Yang terpenting kamu paham akan singkatan itu.

Karena sekeren apapun singkatan itu jika sulit diingat sungguh tidak berguna. Kita harus kembali ke tujuan yaitu mengingat cepat.

Bantu dengan gambar ilustrasi

Untuk menarik perhatian otak kamu dalam mengingat sesuatu. Bantu ia dengan membuat atau menyematkan gambar atau ilustrasi. Dengan gambar otak tidak menjadi cepat lelah. Faktanya banyak dari kita yang lebih mengingat wajah seseorang dibandingkan namanya.

Jangan lupa warna yang menarik. Jangan monoton, boleh menggunakan warna yang sangat kontras atau "nabrak". Karena tujuan kita adalah menimbulkan keunikan agar otak memprioritaskannya untuk dapat diingat.

Mengubah menjadi nada yang familiar

Ini jurus ampuh untuk kamu yang mengalami masalah sulit mengingat pelajaran. Setelah mencatat dengan ringkas dan unik. Langkah selanjutnya yaitu dengan mengubahnya menjadi nada atau lagu.

Mengubahnnya menjadi lagu, akan membuat kita tidak mudah bosan untuk mengulangnya terus. Dengan demikian peluang kita untuk mengingat menjadi lebih cepat. Selain itu dengan mengubah catatan kita menjadi nada. Kita akan merasa lebih nyaman dan gembira.

Cobalah dengan mengubah catatan yang kamu ringkas menjadi sama seperti nada lagu yang kamu senangi. Atau nada lagu yang sering kamu dengar.

Demikianlah tips dan trik mengingat cepat untuk sobat CERDIK. Sekarang waktunya kamu untuk mengeksplorasi diri. Dari beberapa cara tentu tidak semua efektif. Tapi aku sarankan cobalah terlebih dahulu. Hindari menghafal cobalah memahami. Memahami sesuatu sangat penting, karena ketika kita paham otomatis kita akan mudah mengingat.

Sobat CERDIK, jika informasi ini bermanfaat bisa share ke sobat CERDIK lainnya. Jika ada kekurangan pada artikel ini silakan tinggalkan jejak di kolom komentar ya... terim akasih. Untuk membaca artikel lain silahkan klik tombol Menu/Beranda

Tulisan ini dibuat oleh Suri (Sugeng Riyanto).
Untuk lebih kenal penulis bisa kunjungi di link media sosial di bagian samping kanan.



Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment