uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Siapa nyampah, siapa Nyapu?

 


Siapa nyampah, siapa Nyapu?

Bekerja dalam tim memang sangat butuh koordinasi dan komunikasi. Dua hal ini sangat penting pertama untuk menyampaikan ide, berbagi pengalaman dan sudut pandang. Kedua bertujuan untuk menyamakan persepsi akan suatu hal, baik cara penyelesaian masalah atau rencang sebuah kegiatan.

Maka ide-ide yang muncul dari setiap individu adalah hal yang berharga. Namun hal yang berharga tersebut sangat merepotkan jika tidak disampaikan dalam sebuah diskusi matang. Ide yang muncul hanya menjadi ide berantakan yang terkemas dalam potongan-potongan kata.

Ide yang tadinya berniat untuk memperbaiki keadaan, malah menjadi beban dan tambahan pekerjaan. Beban karena tim besar tidak tahu konsep secara utuh. Dan menambah pekerjaan karena harus mengkonfirmasi berkali-kali hingga mengklarifikasi kesimpang siuran yang terjadi.

Orang yang memiliki ide harus pula bertanggungjawab sampai akhir. Jangan sampai melempar bola ditengah jalan atau bahkan cuci tangan dalam keadaan. Ia harus bertanggungjawab akan ide, dan pelaksanaan. Mengawalnya sampai tuntas. Bukan hanya talk, tapi juga actionnya.

Jadi bertanggungjawab dengan penuh. Jangan sampai pepatah lama muncul “siapa nyampah, siapa nyapu”

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment