uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

CARA MENGEMBANGKAN GROWTH MINDSET

BAGAIMANA CARA MENGEMBANGKAN GROWTH MINDSET?

Ada tujuh hal yang perlu diperhatikan jika ingin mengembangkan growth mindset, yaitu:

Akui dan rangkullah kelemahan Anda.

Pengakuan merupakan langkah awal yang sangat baik karena akan membuka kemungkinan melakukan perbaikan diri. Seberapa hebat diri kita, selalu ada ruang untuk berbenah. Dengan kesediaan belajar dan terus memperbaiki diri, seiringan waktu kita akan dikejutkan bahwa selama ini sudah banyak hal yang sudah kita lakukan. 

Lihat tantangan sebagai peluang! 

Mesti selalu melihat masalah sebagai tantangan. Selama Anda memiliki tujuan yang terarah dengan jelas, kendala itu hanya menjadi sarana untuk menaikkan level kita ke jenjang perjalanan berikutnya. 

Ketahui gaya belajar Anda dan gunakan strategi pembelajaran yang tepat

Zaman sekarang banyak sarana belajar, mulai dari ilmu yang bertebaran di internet, bahkan juga banyak program bimbingan online. Selama ada sasaran yang ingin diraih termasuk dalam tahap pembelajaran yang kita tentukan, maka semua itu tidak akan pernah sia-sia.

Pahami bahwa otak memiliki kemampuan untuk berubah sepanjang hidup

Kita telah memiliki hardware canggih yaitu otak yang kemampuannya tidak terbatas. Setiap informasi dan proses pembelajaran yang kita lakukan, itu seperti membangun relasi syaraf otak dan menjadi jaringan yang semakin berkembang. 

Prioritaskan pembelajaran daripada mencari pengakuan

Sering kali orang dalam berupaya meraih kesuksesan, terlalu terburu-buru terutama pada tahap awal untuk mencari pengakuan. Jangan menghabiskan banyak waktu mencari pujian, dukungan, bahkan sekedar menjadi perhatian orang lain. 

Fokus pada proses bukan hasil akhir

Proses yang baik pasti akan memberikan hasil akhir yang baik. Rahasia membangun keberhasilan dalam hidup adalah karena persiapan dan upaya yang memang sejak awal dilakukan dengan penuh perhitungan dan memberikan fondasi kesuksesannya kemudian hari.

Belajar menerima kritik yang membangun

Kritik dan saran merupakan perspektif untuk melihat diri lebih baik. Kadang ada hal dalam diri yang perlu diperbaiki namun kita tidak bisa melihatnya. Gunakan apa yang mereka lakukan untuk membangun diri Anda lebih baik.

(Artikel ini bersumber dari chat Whatsapp group, dipublikasikan semoga dapat memotivasi kita semua) 

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment