uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Administrasi kelas 6 kurikulum 2013 lengkap

 

Salam pendidikan Ibu Bapak Semua.

Dalam pelaksanaan pembelajaran, kita sebagai guru sangat membutuhkan administrasi pembelajaran (administrasi kelas). Administrasi pembelajaran adalah seperangkat administrasi yang bertujuan untuk menunjang proses pelaksanaan  pembelajaran agar berjalan dengan baik.

Administrasi pembelajaran (administrasi kelas) sangat dibutuhkan oleh guru. Terutama administrasi yang berhubungan dengan perencanaan. Diantaranya administrasi yang berkaitan dengan perencanaan misalnya rencana pelaksaan pembelajaran atau yang sering kita kenal dengan RPP.

Adminstrasi kelas harus lengkap dan disesuaikan dengan keadaan lapangan. Namun dalam pelaksanaan guru sering kali mengalami kebingungan dalam merancang administrasi pembelajaran agar dalam digunakan dengan efektif.

Urutan dalam pembuatan Administrasi pembelajaran (Administrasi kelas)

Dalam membuat administrasi kelas, sering kali saya melihat guru kelimpungan dalam memulai dari mana mereka harus memulai. Kebinggunagn ini sangat wajar. Biasanya guru-guru baru yang baru terjun ke lapangan, langsung akan mengalami kebinggungan karena teori dalam kelas (kuliah) sering sekali berbenturan dengan pelaksaan di lapangan.

Banyak juga dijumpai guru-guru yang sudah uzur mengajar namun lupa bagaimana caranya hingga kadang, bukan malah membimbing guru-guru baru namun malah ikut-ikutan binggung. Ada juga guru-guru mengambil langkah praktis yaitu membeli atau mendownload perangkat pembelajaran yang sudah jadi.

Hal itu menyebabkan kita benar-benar lupa dari mana sebenarnya dan langkah-langkah yang tepat dalam menyusun perangkat atau administrasi kelas.

Nah, Hal yang pertama menjadi rujukan kita dalam menyusun administrasi kelas adalah kurikulum. Lalu kita analisis program tahunan dan program semester. Setelah itu kita menyusun silabus. Dalam silabus terdapat KI, Indikator, serta alanisis sederhana apa saya yang kita butuhkan.

Dalam kurikulum 2013 perangkat tersebut sudah tersedia, guru cukup mengolah dan menyesuaikan dengan keadaan. Setelah itu kita melakukan analisis KD untuk mengetahui Kompetensi dasar yang terdapat dalam tiap tema.

Hal tersebut bertujuan untuk menyesuaikan tingkat kedalam dalam tiap pembahasan. Ketika semua sudah selesai kita kembangkan hal-hal yang tertuang dalam Silabus kedalam sebuah rencana pelaksaan pembelajaran.

Dalam buku guru setiap tema di kurikulum 2013 sebenarnya sudah disediakan namun guru sangat perlu menyesuaikannya dengan keadaan. Buatlah RPP dengan jelas dan gambling. Nah ibu bapak guru hebat berikut ini saya bagika adiminstrasi kelas 6. silakan di download dan dikreasikan

 Jangan lupa di modifikasi sesuai dengan kebutuhan.

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment