uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

LK 1: Lembar Kerja Belajar Mandiri Modul Bahasa Indonesia - PGSD



LK 1: Lembar Kerja Belajar Mandiri Modul Bahasa Indonesia - PGSD

  1. Ragam Teks dan Satuan Bahasa Pembentuk Teks
  2. Struktur, Fungsi dan Kaidah Kebahasaan Teks Fiksi
  3. Struktur, Fungsi dan Kaidah Kebahasaan Teks Nonfiksi
  4. Apresiasi dan Kreasi Sastra Anak

       Ragam teks adalah macam atau jenis teks/naskah berupa kata-kata asli pengarang, bahan tertulis untuk dasar memberikan pelajaran, berpidato, dan sebagainya.

 

a.       Teks faktual adalah teks yang berisi suatu kejadian yang bersifat nyata, benar-benar terjadi, tetapi tidak terikat dengan waktu.

1)      Teks deskripsi adalah sebuah teks/wacana yang disampaikan dengan cara meggambarkan secara jelas objek, tempat atau peristiwa yang sedang menjadi topik kepada pembaca, sehingga pembaca seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang diungkapkan dalam teks tersebut

2)      Teks prosedur/arahan merupakan jenis teks yang termasuk genre faktual dan subgenre prosedural

 

b.       Teks tanggapan adalah teks yang berisi sambutan terhadap ucapan (kritik, komentar, dan sebagainya) dan apa yang diterima oleh pancaindra, bayangan dalam angan-angan

1)      Teks eksposisi adalah teks/pernyataan pendapat dan alasan/argumentasi, serta pernyataan ulang pendapat

2)      Teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan tentang proses terjadinya fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan dan budaya

 

c.       Teks cerita adalah teks yang menuturkan bagaimana terjadinya suatu hal, peristiwa,

                        mengisahkan kejadian yang telah ada, perbuatan, pengalaman yang dinamis dalam suatu                                       rangkaian waktu.

1)      Teks cerita ulang

2)      Anekdot dapat diartikan sebagai cerita rekaan yang tidak harus didasarkan pada kenyataan yang terjadi di masyarakat

3)      Eksemplum “Teks ini memiliki tujuan sosial menilai perilaku atau karakter dalam cerita.

4)      Naratif. Dalam teks ini, antara masalah dengan pemecahan masalah tidak menyatu dalam satu struktur teks, terpisah dalam struktur teks yang berbeda.

d. Teks normatif adalah teks yang isinya ditulis berdasarkan sebuah peraturan, norma-norma atau peraturan yang berlaku, baik di lingkungan masyarakat maupun dalam lingkungan kenegaraan yang berkaitan  dengan hukum atau undang-undang.




Jika hal ini bermanfaat silakan share ke yang lain
Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment