uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Tangga nada dan interval nada tema 7 kelas 6

 

Tangga nada dan interval nada

Tangga nada adalah nada-nada yang disusun secara beraturan dari nada terendah hingga nada tertinggi. Nada-nada yang tersusun inilah yang membentuk istilah tangga nada. Pada sebuah tangga nada, tangga nada dasar adalah 1 (do) atau sama dengan c. => do, re, mi, fa, sol, la, si, do’ atau 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 1’ atau C,D, E, F, G, A, B

Interval nada adalah jarak antaran nada satu dengan nada lainnya. Jarak antara nada satu dengan nada yang lain ada yang bernilai 1 dan ada pula yang bernilai ½ . Interval nada dibagi menjadi tiga jenis. Pertama, Mayor tang terdiri dari second dan terts. Kedua, Minor yang terdiri dari sekt dan septime. Dan ketiga, Perperct yang terdiri dari prime, kwart, kwint, dan oktaf.

Tangga nada diatonis mayor

Tangga nada diatonis mayor memiliki rangkaian tujuh nada. Dengan interval 1 – 1- ½ - 1 – 1 – 1 – ½. Ciri-ciri interval diatonis mayor yaitu lagu bersifat ceria, riang gembira, semangat. Biasanya lagu diawali dengan nada Do.

Untuk memahami interval pada nada, kita dapat menggunakan tanda kromatik. Tanda kromatik adalah tanda yang digunakan untuk menaik atau menurunkan nada. Selain itu tanda kromatik juga berguna untuk mengembalikan nada yang telah dinaikan atau diturunkan. Maka fungsi tanda kromatik adalah menaikan setengah nada dari nada asli.

Contoh dari tanda kromatik adalah kres (#) dan tanda mol (b). Tanda kres berfungsi untuk menaikan nada setengah nada. Tnada mol berfungsi untuk menurunkan setengah nada.

Lagu ibu kita kartini merupakan lagu dengan dasar D = Do. Lagu ini termasuk lagu dengan diatonis mayor. Lagu ini mempunyai tanda dua kres artinya ada dua nada yaitu F dan C yang dinaikan setengah menjadi Fis dan Cis.

Mengindetifikasi lagu dengan tangga nada diatonis mayor

  • Amati nada dasar dan interval
  • Nyanyikan lagu dengan ketukan yang tepat.

Tangga nada diatonis minor

Selain tangga diatonis mayor ada juga nada diatonis minor. Tangga nada diatonis monir adalah sebuah tangga nada yang memiliki ineterval 1 – ½ - 1 – 1 – 1- ½ - 1 – 1. Ciri-ciri nada diatonis minor diantaranya lagu kurang bersemangat, sifat sedih, diawali dengan nada “ la ” (6). Contoh lagu diatonis minor diantaranya Sykur, gugur bunga, Tuhan, Bubuy bulan. Namun ada beberapa lagu nada diatonis minor yang bersemangat diantara Ayam De Lapeh, Bungong Jeumpa.

Tanda tempo lagu

Terdapat delapan tanda tempo lagu yang perlu kita ketahui, diantaranya;

  • Largo                     => lambat sekali.
  •  Lento                     => lebih lambat.
  • Andagio               => lambat.          
  • Andante              => Sedang.
  • Moderato           => sedang agak cepat.
  • Allegro                  => cepat.
  • Vivace                   => Lebih cepat.
  • Presto                   => cepat sekali.



Nah, itu dia materi tentang tangga nada dan interval nada. Materi ini akan terus di update loh, agar kamu tidak ketinggalan silakan ikuti website kami.

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment