uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Mengenal serta membuat buklet dan embalase - SBDP Kelas 6



Halo Sobat cerdik, apa kabar kalian hari ini ? Semoga semua dalam keadaan sehat. Sobat cerdik pada artikel ini kita akan mempelajari tentang buklet. Kita akan membahas apa itu buklet, fungsi buklet dan cara membuat buklet. Yuk! baca sampai selesai agar kalian memahami dengan utuh materi ini.

Buklet

Buklet adalah salah satu alat yang digunakan untuk promosi. Buklet terdiri dari berlembar-lembar kertas yang digabungkan menjadi satu. Buklet bisa berbentuk kertas yang dijilid seperti buku atau kertas yang dilipat. Bentuk buklet ditentukan pada tujuan pembuatan buklet tersebut.

Misalkan buklet yang digunakan secara terus menerus (lebih dari satu kali) seperti katalog tentu lebih cocok berbentuk jilid atau buku. Namun jika buklet yang digunakan sebagai media promosi satu kali, cukup menggunakan kertas lipatan.

Sifat buklet adalah media promosi atau anjuran kepada masyarakat luas. Pada umumnya buklet digunakan pemilik usaha untuk melakukan promosi produknya. Selain pemiliki usaha, lembaga masyarakat atau pemerintahan juga memanfaatkan buklet sebagai media sosialisasi, himbauan atau penyuluhan kepada masyarakat.

Isi buklet tergantung pada tujuan buklet. Jika buklet itu digunakan untuk promosi produk. Maka isi buklet adalah produk-produk. Misalnya buklet tentang makanan atau buklet tentang property, tentu akan berisi tentang makanan, deskirpsi makanan tersebut. Juga misalkan buklet property, akan mendeskripsikan produk property tersebut.  Hal ini bertujuan agar pembaca tertarik untuk membeli atau menggunakan produk tersebut.

Namun jika buklet bertujuan untuk sosialisasi, imbauan atau penyuluhan. Maka isi buklet akan mendeskripsikan tujuannya. Misalnya buklet tentang cegah COVID 19. Isi buklet tentu akan mendeskripsikan bahaya COVID 19 dan cara pencegahannya.

Fungsi Buket

Berikut ini beberapa fungsi pembuatan buklet;

  • Sebagai media promosi langsung sebuah produk.
  • Sebagai katalog yang berisi tentang berbagai jenis produk.
  • Sebagai company file.
  • Sebagai manual buku (Buku petunjuk).

Langkah-langkah membuat buklet


Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan saat kita ingin membuat buklet sederhana;

  1. Menyiapkan beberapa lembar kertas. Disanrakan untuk menyiapkan kertas HVS dengan ukuran legal atau A4.
  2. Melipat beberapa kertas tersebut dengan rapi dan dengan bentuk serta ukuran yang sama. Lipatlah seperti buku.
  3. Tentukan buklet apa yang akan dibuat. Rancanglah mulai dari bagian depan, isi, dan belakang.
  4. Buatlah bagian depan terlebih dahulu. Bagian depan harus memberikan gambaran umum tentang buklet. Karena bagian depan adalah sampul buklet.
  5. Tulis serta beri gambar yang menarik pada bagian isi. Tulisan harus jelas, lengkap, dan pilihlah gambar yang sesuai dengan tema buklet.
  6. Berikan warna dan hiaslah buklet tersebut agar lebih menarik.

Embalase

Embalase adalah salah satu jenis reklame yang sering kita jumpai. Emblase adalah jenis reklame yang melekat pada produk, berisikan informasi tentang produk tersebut. Embalasi memiliki berbagai jenis bentuk, mengikuti bentuk kemasan produknya. Untuk membuat embalase kita harus mengetahui bentuk jaring kemasan produk.

Tujuan dibuatnya embalase

  1. Beberapa tujuan dalam pembuatan embalase diantaranya;
  2. Melindungi produk agar tidak rusak.
  3. Menarik perhatian pembeli atau media promosi.
  4. Memperindah kemasan produk.
  5. Memberikan informasi tentang produk.

Nah itu dia sobat, ulasan buklet, fungsi buklet dan cara membuat buklet. serta pengertian embalase dan tujuan pembuatan embalase Jika ada kritik, masukan atau saran silakan tulis di kolom komentar. Jika artikel ini bermanfaat silakan share ke teman-teman yang lain. Jangan lupa subscribe website kami agar update dengan pembahasan-pembahasan terbaru dari kami. Terimakasih.

Baca Juga :

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia kelas 6
Rangkuman Materi PLBJ kelas 6
Rangkuman Materi IPA kelas 6
Rangkuman Materi PKN kelas 6
Rangkuman Materi Matematika kelas 6
Artikel menarik lainnya... .

 

***back to menu***

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

2 comments

silakan beri komentar positif, saran yang membangun dan supportnya