uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Cara menyusun teks pidato dengan baik

cara menyusun teks pidato dengan baik

Ada beberapa langkah dalam menyusun sebuah teks pidato. Langkah-langkah ini harus dilakukan dengan baik agar sebuah teks pidato pada disajikan dengan baik dan dapat dengan mudah dipahami oleh pembaca maupun oleh pendengar pidato.

Berikut ini merupakan langkah-langkah dalam penyusunan teks pidato, diantaranya;

Tema

Langkah pertama dalam penulisan pidato adalah menentukan tema atau sub tema. Kita harus menguasai betul atau paham tema/sub tema yang akan kita bahas. Hal ini bertujuan untuk agar kita merasa nyaman saat menulis karena kita telah mengetahui apa yang ingin kita tulis.

 Namun dalam beberapa perlombaan pidato sering kali tema sudah ditetapkan oleh tim dari pelaksana lomba. Namun dalam sebuah tema terdapat sub-sub tema yang harus digunakan dengan baik.

Sub tema adalah bagian-bagian dari tema agar yang bertujuan untuk memudahkan pembaca atau pendengar pidato memahami isi pidato.

Ketika kita sudah menentukan tema besar dan sub-sub tema pidato, pembahasan kita tidak boleh keluar dari tema ataupun sub tema tersebut. Selain untuk mempermudah pembaca atau pendengar memahami isi pidato. Tema dan sub tema bertujuan untuk memberikan batasan-batasan pembahasan bagi penulis agar fokus dan tidak meluas dalam sebuah pembahasan.

Maksud dan tujuan

Langkah selanjutnya adalah menentukan maksud dan tujuan isi pidato. Kita harus memahami bahwasannya pidato itu bukan sebatas tulisan tentang materi yang sesuai dengan tema semata, namun tujuan dari pembuatan pidato adalah mengajak (persuasive) pembaca atau pendengar melakukan sesuatu.

Karena tujuan pidato adalah mengajak untuk melakukan sesuatu, maka dalam penulisannya kita harus menyampaikan pesan positif tersebut. Selain pesan positif dalam pidato kita juga harus menyisipkan keilmuan dan data yang benar.

Agar pembaca atau penulis pidato dapat mengambil manfaat dan mengetahui data-data serta yakin untuk melakukan sesuatu tersebut. Dan yang terpenting adalah teks pidato yang kalian buat tidak sia-sia.

Bahan pidato

Bahan pidato yang dimaksud di sini adalah pemahaman, pengetahuan serta data-data yang dimiliki terkait tema yang dipilih. Bahan pidato bertujuan agar kita lebih lancar dan leluasa mengukapkan gagasan yang dimiliki saat kita menulis teks pidato.

Selain data, daftar bacaan, pengetahuan yang kita miliki. Berita yang aktual serta pendapat para ahli yang telah membahas tema yang kita pilih termasuk dalam bahan pidato.

Bahan pidato juga berguna untuk menjadi penguatan apa yang ingin disampaikan dalam teks pidato. Data-data yang kita sampaikan harus dari sumber yang tepercaya dan dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu pendapat para ahli yang lebih dahulu membahas tema tersebut juga bisa dijadikan bahan pidato untuk memperkuat.

Kerangka Pidato

Tahap selanjutnya adalah menyusun kerangka teks pidato. Setelah bahan-bahan terkumpul saat kita menyusun teks pidato dengan kerangka pidato.

Kerangka pidato bertujuan untuk mempermudah penulisan teks pidato. Dalam membuat kerangka pidato kita harus menentukan bagian awal, inti, dan akhir pidato.  Kita dapat menentukan isi setiap paragraf pada kerangka pidato.

Saat kita membuat kerangka pidato, kita dapat menggunakan ide pokok yang ingin disampaikan dalam setiap paragraf. Hal tersebut berguna agar tidak ada pembahasan yang mengulang atau pembahasan yang tumpang tindih dalam teks pidato dan menyebabkan kebingungan.

Selain menghindari kebingungan kerangka pidato juga berguna untuk menyeleraskan atau menghubungkan antara satu sub tema dengan sub tema lainnya.

Naskah pidato

Setelah kerangka pidato sudah selesai dibuat, maka kita bisa mengembangkannya menjadi sebut naskah pidato. Naskah yang dibuat harus terikat dan sesuai dengan konsep (kerangka pidato). Penting pada saat menuliskan naskah pidato kita memperhatikan kesesuaian kata perkata atau kalimat perkalimat.

Pastikan ketika teks itu dibaca, dapat dibaca dengan nyaman. Bila didengar maka dapat dimengerti dengan mudah. Hindari juga bahasa-bahasa yang kaku dan kurang menarik.

Demikianlah langkah-langkah dalam membuat teks pidato. Jika ada kekurangan dalam artikel ini silakan berikan komentar pada kolom komentar. Jika artikel ini bermanfaat silakan share ke teman-teman yang lain. jangan lupa untuk men subscribe web kami agar kamu update dengan materi-materi baru dari kami. Terimakakasih.

 

Baca Juga :

 



Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment